Quantcast
Home GadgetHome ApplianceReview

Review Philips UV-C Disinfection Box

Kotak pembersih dengan teknologi UV-C ada cukup banyak di pasaran. Salah satunya produk dari Signify yang bernama Philips UV-C Disinfection Box. Seperti apa kehebatan kotak pembersih ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Philps UV-C Disinfection Box

Philps UV-C Disinfection Box bukanlah kotak pembersih yang dirancang portabel untuk dibawa berpergian. Kotak pembersih ini untuk penggunaan rumahan.

Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna ada tiga pilihan kapasitas yang tersedia yaitu 10L, 30L dan 48L. Model yang kami review berikut adalah yang kapasitas 10L.

philips UV C disinfection box 5

Dimensi kapasitas yang 10L ini relatif ringkas. Bobotnya juga ringan dan mudah dipindahkan. Meski seluruh bodinya terbuat dari plastik rancangannya termasuk kokoh. Sementara, interior di dalamnya menggunakan material baja tahan karat.

 

Di bagian atas bodinya bisa ditemukan panel penunjuk waktu dan empat mode penggunaan. Kemudian, ada lubang kecil untuk melihat kondisi lampu UV-C menyala atau tidak.

Fitur Philps UV-C Disinfection Box

Sebagai kotak pembersih dengan teknologi UV-C, Philps UV-C Disinfection Box membawa teknologi UV-C terdepan dari Signify. Lampu UV-C yang dibawanya mampu memancarkan puncak radiasi pada 254nm. Menurut Signify, paparan sinar UV-C ini secara efektif mampu memecah DNA atau RNA mikro-organisme, termasuk virus dan bakteri menjadi tidak berbahaya.

Pada uji laboratorium, sinar UV-C dapat mengurangi tingkat infektivitas SARS-Cov-2 (virus penyebab COVID-19) di permukaan hingga tingkat di bawah yang dapat terdeteksi hanya dalam waktu 9 detik.

 

Philips UV C Disinfection Box 2

Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna Philps UV-C Disinfection Box membawa empat mode penggunaan. Keempat mode tersebut adalah mode disinfeksi untuk pembersihan, mode penyimpanan, mode pengering, dan mode disinfeksi-pengering.

Faktor keamanan juga turut mendapat perhatian. Terbukti dengan hadirnya dukungan fitur mati otomatis. Philips UV-C Disinfection Box akan otomatis mati saat tutupnya dibuka dan sedang beroperasi. Jadi, sangat aman dan mudah digunakan sehari-hari.

Performa Philips UV-C Disinfection Box

Dari pengujian kami, kapasitas 10L meski paling kecil cukup untuk membersihkan semua barang yang sering dibawa sehari-hari. Seperti misalnya dompet, ponsel, kunci dan kacamata sekaligus. Barang-barang pribadi lain seperti sikat gigi, sisir, mainan anak dan aksesoris juga bisa dibersihkan. Daya yang diperlukan perangkat ini sekitar 135 watt.

Untuk operasionalnya pun tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan barang-barang yang ingin dibersihkan, tutup, dan pilih mode yang diinginkan.

 

philips uv c

Misalnya Anda ingin memilih mode disinfeksi. Cukup tekan sekali hingga muncul tampilan durasi waktu di samping kiri. Tunggu beberapa saat hingga penunjuk waktu berkedip dan terdengar bunyi beep. Setelah itu pembersihan akan berlangsung. Untuk menghentikan pembersihan Anda bisa tekan tombolnya sekali lagi.

Untuk mode disinfeksi durasi pembersihan 10 menit, 15 menit dan 20 menit. Tekan tombol dua kali untuk memilih durasi pembersihan. Pengoperasiannya ini sama untuk semua mode.

Di mode pengeringan durasi waktu yang bisa dipilih 30 menit dan 50 menti. Sementara, di mode pengeringan dan disinfeksi durasinya 40 menit dan 60 menit. Mode pengeringan dan disinfeksi ini cukup berguna untuk membersihkan barang-barang peralatan bayi seperti botol dan dot.

Satu kekurangan yang kami jumpai alat ini tidak dilengkapi dengan tombol on/off. Jadi, akan terus aktif selama disambungkan ke listrik.  Dalam keadaan tidak digunakan atau setelah digunakan Philips UV-C Disinfection Box akan masuk ke mode Storage.

Kesimpulan

Dengan fitur yang dibawanya Philips UV-C Disinfection Box bisa menjadi solusi untuk membersihkan barang sehari-hari yang berukuran tidak terlalu besar. Kapasitas 10L mungkin akan kurang besar untuk sebagaian orang. Tapi, untunglah tersedia dua pilihan lain dengan kapasitas yang lebih besar.

Philips UV-C Disinfection Box juga multifungsi dengan hadirnya fitur pengering dan bisa dijadikan kotak penyimpanan di mode storage. Paling menarik kotak pembersih ini dirancang dengan mengedepankan kemudahan pemakaian dan fitur keamanan yang sangat diperhatikan. Penting dan ideal untuk penggunaan rumahan.

Philips UV-C Disinfection Box kami rekomendasikan untuk siapa saja yang membutuhkan kotak pembersih dengan teknologi UV-C yang serba guna dan mudah digunakan.

Kelebihan Philips UV-C Disinfection Box

+ Pilihan kapasitas variatif
+ Mudah dan aman digunakan
+ Tersedia mode pengering
+ Bobot relatif ringan

Kekurangan Philips UV-C Disinfection Box

– Tidak ada tombol on/off
– Hanya 1 pilihan warna

Philips UV-C Disinfection Box kami rekomendasikan untuk siapa saja yang membutuhkan kotak pembersih dengan teknologi UV-C yang serba guna dan mudah digunakan.
8.3

Artikel terkait

Back to top button