Review OPPO Enco Buds

svg%3E
8

OPPO termasuk salah satu brand yang cukup rajin menghadirkan produk dari kategori TWS (True Wireless Stereo). Jagoan terbarunya, OPPO Enco Buds, hadir sebagai opsi yang terjangkau namun tetap dibekali sederet keunggulan menarik di kelasnya, misalnya latensi yang rendah.

Dalam artikel kali ini, saya ingin membagikan cerita tentang pengalaman menggunakan OPPO Enco Buds selama kurang lebih dua pekan terakhir. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

TWS ringan yang nyaman dipakai

Saya selalu menyukai desain dari TWS garapan OPPO, termasuk Enco Buds. Tampilannya minimalis dan bentuk yang pas dengan kontur telinga. Perangkat ini juga sangat nyaman dipakai dalam durasi yang lama sekalipun. Sama sekali tidak membuat telinga sakit dan bahkan tidak terasa seperti sedang memakai earbud.

svg%3E

Seperti biasa OPPO menyediakan beberapa pasang eartips berbahan silikon dengan ukuran yang berbeda-beda. Kalau untuk telinga saya yang agak besar, ukuran L yang paling ideal. Housing-nya tanpa tangkai, jadi tidak terlihat terlalu mencolok. Selama penggunaan Enco Buds juga terasa fit di telinga, alias tidak mudah lepas.

OPPO Enco Buds menggunakan material plastik. Bobotnya ringan, hanya 4 gram saja untuk masing-masing earbuds. Jika dimasukkan ke dalam casing, total beratnya sekitar 45 gram. Casing-nya sendiri berbentuk oval dengan dimensi yang juga mungil dan ringkas. Intinya, Anda tidak akan repot membawa OPPO Enco Buds baik di dalam tas maupun saku celana.

svg%3E

Sedikit membahas bagian casing-nya, Anda tidak akan menemukan tombol apapun baik di luar maupun dalam. OPPO hanya menyediakan satu lampu LED sebagai indikator baterai, serta sebuah port USB Type-C untuk charging. Untuk mengaktifkannya Anda hanya perlu membuka casing dan Enco Buds langsung menyala dengan sendirinya.

Perlu diketahui bahwa OPPO Enco Buds telah menerapkan fitur touch control. Anda bisa mengetuknya sekali untuk pause, ketuk dua kali untuk mengganti lagu atau menjawab/mengakhiri panggilan, dan ketuk tiga kali untuk mengaktifkan game mode.

Nah, ini yang paling saya suka. Sistem touch control pada OPPO Enco Buds ternyata juga memungkinkan untuk mengatur volume! Ketuk dan tahan pada earbud sebelah kanan untuk menaikkan volume, dan pada earbud kiri untuk menurunkan volume.

svg%3E

Sekadar informasi tambahan, OPPO Enco Buds memiliki rating IP54 yang artinya tahan percikan air maupun keringat, sehingga bisa Anda gunakan saat berolahraga.

Koneksi stabil, latensi rendah

Satu hal yang menurut saya patut dibanggakan dari OPPO Enco Buds adalah penggunaan teknologi Bluetooth 5.2. Secara teori, chip Bluetooth 5.2 mampu menjaga koneksi yang lebih stabil. Terbukti selama penggunaan saya cukup puas dengan tingkat kestabilannya. Belum pernah saya merasakan gangguan koneksi yang terkadang membuat suara sedikit terputus seperti pada kebanyakan TWS murah di pasaran.

Selain itu, OPPO Enco Buds juga mengandalkan sistem transmisi Bluetooth secara bersamaan antara earbud kiri dan kanan. Kalau Anda perhatikan, pada TWS murah biasanya transmisi membutuhkan relay dari earbud kiri ke earbud kanan atau sebaliknya. Jadi salah satu earbud terhubung terlebih dahulu, barulah earbud yang satunya ikut terhubung. Ya, ada jeda.

svg%3E

Berbeda dengan OPPO Enco Buds yang mampu menghubungkan earbud kiri dan kanan sekaligus dalam waktu yang bersamaan ke smartphone. Mungkin inilah kunci dari kestabilan koneksi OPPO Enco Buds. Fitur yang disebut OPPO dengan nama Transmisi Binaural Bluetooth.

Seperti disebutkan di atas, Anda bisa mengaktifkan mode gaming di OPPO Enco Buds dengan cara mengetuk tiga kali. Ketika mode ini aktif, latensinya menjadi hanya 80ms saja. Termasuk rendah dan ideal untuk menonton film maupun bermain games.

Selama menggunakan game mode, saya merasa audio dan video mampu tersinkronisasi dengan cukup baik ketika bermain game. Artinya, tidak ada delay atau jeda yang mengganggu antara gambar dan suara. Cocok untuk yang gemar bermain game-game seperti PUBG Mobile.

svg%3E

Bass oke, asyik untuk berbagai genre musik

OPPO Enco Buds mengandalkan dynamic driver 8 mm lengkap dengan dukungan codec AAC/SBC. Rentang respons frekuensinya antara 20 Hz – 20 kHZ, dengan sensitivitas driver 100,6 dB. OPPO mengklaim, audio yang dihasilkan dari TWS ini mampu menyajikan bass yang bertenaga.

Kenyataannya memang demikian. Cukup ‘nendang’ walaupun saya pribadi sebenarnya lebih suka setting yang balanced. Untungnya, bass yang kuat ini tidak sampai menutup mid dan high, sehingga vokal maupun instrumen lainnya tetap terdengar jelas.

svg%3E

 

Seperti biasa, saya mencoba mendengarkan lagu dari The Script berjudul For the First Time sebagai acuan pertama. Hasilnya semua instrumen terdengar jernih meskipun staging-nya tidak luas dan suara beberapa instrumen terkesan agak menumpuk. Vokal Danny O’Donoghue terdengar warm dengan posisi yang agak ke depan, hentakan kick drum Glen Power mantap, dan gitar Mark Sheehan pun terasa detil.

Lagu selanjutnya yang sama coba adalah Daft Punk – Get Lucky. Lagi-lagi bass terasa mantap bahkan cenderung dominan. Kalau Anda memang penyuka bass, saya yakin Anda akan cukup puas dengan OPPO Enco Buds. Tapi kembali saya menemukan ada penumpukan suara dari masing-masing instrumen. Harus diakui ini masih merupakan hal yang wajar, mengingat Enco Buds tergolong TWS terjangkau.

Saya juga mencoba lagu rock yang agak keras seperti Slipknot – Before I Forget. Masih oke dan cukup menyenangkan dengan hentakan bass yang kuat dan high yang tidak menusuk telinga. Tapi perlu digarisbawahi, ketika mendengarkan lagu-lagu yang bertenaga seperti ini dengan volume di atas 70 persen, distorsi suara mulai terasa.

Peredam noise untuk mengoptimalkan komunikasi

OPPO Enco Buds memang tidak dibekali Active Noise Cancellation (ANC), fitur yang umumnya lebih sering ditemukan pada TWS dengan harga lebih mahal. Kalau untuk mendengarkan musik, eartip yang fit di telinga masih membantu untuk meminimalisir gangguan suara dari luar.

svg%3E

Selain itu, bagi Anda yang butuh TWS untuk keperluan seperti meeting online atau berkomunikasi di tempat umum, OPPO menyediakan fitur Call Noise Cancellation dengan algoritma cerdas berbasis model DNN untuk mengekstrasi kebisingan dari luar. Fitur tersebut mampu mengoptimalkan komunikasi sehingga obrolan tetap terdengar jelas saat Anda berada di tempat ramai.

Baterai tahan 24 jam

Pembahasan terakhir adalah soal baterai. OPPO Enco Buds mampu menemani Anda mendengarkan musik hingga 6 jam tanpa henti. Jika ditambahkan dengan baterai dalam casing, total durasi penggunaannya mencapai 24 jam. Tapi perlu diketahui, dalam paket penjualannya OPPO tidak menyediakan kabel USB Type-C.

TWS murah yang bisa diandalkan

Kesimpulannya OPPO Enco Buds merupakan TWS yang bisa diandalkan untuk berbagai keperluan tanpa ada kendala berarti, baik untuk mendengarkan musik, menonton film, bermain games, hingga meeting online dan panggilan suara.

svg%3E

Kalau harus dicap sempurna mungkin agak berlebihan, karena memang masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Tapi pastinya, OPPO Enco Buds adalah salah satu opsi yang wajib saya rekomendasikan di kelas harganya.

Bagi yang berminat, OPPO Enco Buds dijual dengan harga Rp599.000. Ada dua varian warna yang bisa dipilih, yakni Putih dan Biru.

OPPO Enco Buds cocok untuk:

  • Penyuka bass: Anda yang gemar mendengarkan beragam genre musik dan sedang mencari TWS terjangkau dengan keluaran bass bertenaga wajib memasukkan OPPO Enco Buds dalam daftar belanja.
  • Penggemar Netflix/drakor: Dengan latensi yang rendah dan koneksi stabil, OPPO Enco Buds cukup ideal untuk menemani Anda menonton film atau series favorit.
  • Gamer: Mode gaming pada Enco Buds memungkinkan Anda bermain game tanpa merasakan delay yang mengganggu antara video dan audio. Cocok untuk gamer yang butuh TWS murah.
  • Karyawan yang WFH/mobile: Komunikasi melalui panggilan suara atau ketika meeting online terdengar jernih dan minim noise. Cocok untuk Anda yang sedang WFH maupun yang sering mobile dan berada di tempat yang agak ramai.

Kelebihan OPPO Enco Buds:

  • Ringan dan sangat nyaman di telinga
  • Pengoperasian yang super mudah
  • Sudah didukung Bluetooth 5.2, koneksi stabil
  • Latensi rendah dengan mode game
  • Kualitas audio tergolong baik dengan bass bertenaga
  • Kontrol sentuh responsif, bisa untuk mengatur volume
  • Baterai awet
  • Rating IP54

Kekurangan OPPO Enco Buds:

  • Tidak ada sensor yang mendeteksi otomatis ketika earbud dilepas/dipakai
  • Paket penjualan tidak dilengkapi kabel charger
  • Kualitas audio akan lebih maksimal jika masing-masing instrumen tidak terkesan menumpuk
  • Belum didukung ANC
svg%3E
OPPO Enco Buds
OPPO Enco Buds merupakan TWS terjangkau yang ideal untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mendengarkan musik, menonton film, hingga bermain games
8