Sony Airpeak S1: Drone Canggih Kelas Profesional Pertama dari Sony

Sony akhirnya secara resmi mengumumkan drone perdananya yang diberi nama Airpeak S1. Drone kelas profesional ini membawa sederetan teknologi canggih yang akan menjadi standar baru di kelasnya.

svg%3E

Spesifikasi Sony Airpeak S1

Sony Airpeak S1 adalah drone quadcopter dengan empat motor dan baling-baling berukuran 17 inci. Keempat motor dan baling-balingnya ini dikendalikan oleh Electronic Speed Controller (ESC) untuk mengatur kecepatannya.

svg%3E

Menurut Sony, Airpeak S1 sanggup terbang hingga kecepatan 90 Km/jam. Drone ini juga sangat tahan angin. Dari pengujian yang dilakukan Sony, Airpeak S1 bisa menahan angin dengan kecepatan hingga 72 km/jam. Airpeak S1 juga bisa terbang dengan kecepatan sudut masksimum hingga 180 derajat dan sudut kemiringan maksimum 55 derajat. Pengujiannya bisa dilihat pada video berikut:

Sony Airpeak S1 tidak hanya menawarkan kemampuan terbang yang jempolan, sederetan fiturnya juga sangat pintar dan canggih. Drone ini membawa sepasang kamera dengan sensor Sony di bagian depan, belakang, kiri, kanan, dan bawah bodinya.

Fitur Sony Airpeak S1

Dipasangkan dengan prosesor Sony Vision Sensing, drone ini sanggup terbang dengan sangat aman di segala kondisi. Termasuk, di dalam ruangan dengan kondisi tidak terlacak GPS. Sementara, sensor IMU dan tekanan barometrik juga dibawanya untuk membantu mengoptimalkan sistem kendali.

svg%3E

svg%3E

keunggulan paling utamanya drone ini kompatibel dengan semua kamera dan lensa di ekosistem Sony Alpha. Faktanya, Sony Airpeak S1 adalah drone paling kecil di dunia yang sanggup membawa semua kamera dan lensa Sony tersebut. Pengguna bisa memasang kamera mirrorless Sony Alpha 9, 7S, 7R, FX3 atau bahkan Alpha 1 yang sanggup merekam video 8K. Lensa yang kompatibel dari lensa 14mm hingga 85mm.

Sony Airpeak S1 juga mendapat dukungan aplikasi Airpeak Flight. Lewat aplikasinya pengguna bisa mendapatkan informasi baterai, kecepatan, jarak tempuh, melakukan pengaturan dan memilih mode terbang. Seperti drone lain sekelasnya drone ini juga mendukung mode dual-operation. Mode ini memungkinkan Airpeak S1 dikendalikan oleh dua operator pilot. Satu pilot untuk mengendalikan kamera dan gimbal, dan pilot kedua untuk kendali terbang drone.

svg%3E

Selain aplikasi Airpeak Flight di smartphone, hadir juga aplikasi Airpeak Base yang bisa diakses lewat web. Aplikasi ini bisa menampilkan catatan terbang atau flight log dan membuat rencana jalur terbang. Menariknya lagi drone ini bisa diprogram untuk terbang di jalur yang sama secara berulang. Pengaturan Garis lintang, garis bujur, ketinggian, orientasi gimbal, dan pengaturan foto atau video semuanya dapat diprogram dan direproduksi.

Harga Sony Airpeak S1

Membawa sederetan fitur canggih wajar jika Sony Airpeak S1 dijual dengan harga yang tidak murah. Harga Sony Airpeak S1 US$9000 atau sekitar 128 jutaan Rupiah. Paketan ini terdiri dari dari dua set baling-baling, remot kendali, dua baterai dan satu charger baterai. Untuk gimbalnya dijual secara terpisah. Gimbalnya adalah Gemsy Gimbal T3 yang dibuat secara khusus. Belum ada informasi berapa harga jual gimbal tersebut. Kendati demikian, untuk Gemsy Gimbal T3 standar harga jualnya US$1750.