Quantcast
OperatorNewsTelkomsel

Telkomsel 5G Kini Hadir di Balikpapan, Medan, dan Surakarta

Sebagai operator pertama yang meluncurkan layanan 5G secara komersial di Indonesia, Telkomsel terus berupaya memperluas jangkauan layanan terbarunya itu. Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Jumat (4/6), Telkomsel 5G kini tersedia di tiga kota lainnya yaitu Balikpapan, Medan, dan Surakarta.

Perluasan cakupan 5G secara bertahap

Layanan Telkomsel 5G 5

Peluncuran Telkomsel 5G dilakukan secara serentak di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan. Langkah ini merupakan bagian dari upaya bertahap yang dilakukan Telkomsel dalam melakukan percepatan pengembangan teknologi jaringan 5G dan menghadirkan berbagai produk, layanan, serta solusi digital yang lebih inovatif dan customer-centric.

“Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat, serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri untuk dapat meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak,” kata Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam.

Pada fase awal, layanan Telkomsel 5G di ketiga kota tersebut tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara di kota Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sedangkan di kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Menariknya lagi, masyarakat setempat juga bisa mencoba dan merasakan secara langsung pengalaman menggunakan layanan digital terkini yang didukung dengan jaringan 5G dari Telkomsel di area GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Surakarta, dan GraPARI Balikpapan.

Layanan Telkomsel 5G 1

Di GraPARI tersebut juga turut ditampilkan berbagai demo yang kedepannya dapat dimanfaatkan oleh segmen pelanggan umum dalam mendukung aktivitas keseharian, seperti seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Cara menikmati jaringan Telkomsel 5G

Untuk bisa menikmati jaringan Telkomsel 5G, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh pelanggan. Yang pertama adalah menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G). Kedua, pelanggan wajib berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G.

Pelanggan pun tentunya harus menggunakan smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G, dan pastikan fitur 5G-nya sudah aktif. Perangkatnya harus didukung teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, seperti Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Layanan Telkomsel 5G 2

Terakhir, pastikan nomor Telkomsel Anda telah aktif fitur 5G-nya. Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Pelanggan juga dapat mengunjungi telkomsel.com/5G dan mengisi form registrasi dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

Back to top button