[Computex 2021] AMD Umumkan Pesaing DLSS, FidelityFX Super Resolution

AMD punya pengumuman yang amat menarik di ajang Computex 2021. Bukan cuma seri Radeon RX 6000M, AMD resmi memperkenalkan fitur canggih bernama FidelityFX Super Resolution yang disebut-sebut akan menjadi saingan utama Nvidia DLSS (Deep Learning Super Sampling). Seperti apa?

Tingkatkan kualitas grafis game

svg%3E

Mirip seperti DLSS garapan Nvidia, AMD FidelityFX Super Resolution atau FSR dirancang untuk memungkinkan teknik upscaling yang akan menghasilkan visual dengan resolusi lebih tinggi dari gambar resolusi rendah.

Itu artinya, gamer tetap bisa menikmati kualitas visual yang tajam meski menjalankan game di resolusi 1440p pada monitor 4K. Selain itu, karena sumbernya merupakan resolusi yang lebih rendah, gamer diyakini bisa bermain dengan frame rate yang lebih tinggi.

svg%3E

Singkatnya AMD FSR bertujuan untuk meningkatkan performa gaming secara signifikan, tanpa harus menuntut gamer membeli atau upgrade ke kartu grafis keluaran terbaru. Yang lebih menarik, AMD mengklaim dapat meningkatkan performa hingga 2,5 kali lipat di resolusi 4K menggunakan mode Performance.

svg%3E

svg%3E

Selain Performance, AMD FSR memiliki tiga preset lainnya yang bisa dipilih, antara lain Ultra Quality, Quality, dan Balanced. Dalam sebuah demo memainkan game Godfall menggunakan AMD Radeon RX 6800 XT, FSR mampu memberikan rata-rata 78fps di mode Ultra Quality dari yang sebelumnya hanya 49fps saja tanpa FSR. Setting grafisnya tetap sama, 4K Epic ditambah Ray Tracing. Peningkatan yang amat menggiurkan.

svg%3E

Bisa berjalan dengan GTX 1060

AMD menjelaskan bahwa FSR kompatibel dengan RX 6000 Series, RX 5000 Series, RX 500 Series, RX Vega Series, bahkan semua kartu grafis yang terintegrasi pada AMD Ryzen. Tidak seperti DLSS, FSR tidak membutuhkan hardware khusus karena tidak ada komponen machine learning yang terlibat.

svg%3E

Ini yang tidak kalah menarik. AMD sempat menyajikan demo FSR yang ternyata bisa dijalankan dengan kartu grafis Nvidia GTX 1060 ketika memainkan game Godfall. Peningkatan performanya pun cukup oke. Dengan resolusi 1440p dan setting grafis Epic, frame rate yang didapat meningkat hingga 38fps (mode Quality) dari sebelumnya hanya 27fps.

Meluncur 22 Juni 2021

Ya, para gamer yang mungkin sudah sangat penasaran dengan AMD FSR tidak perlu menunggu terlalu lama. AMD mengumumkan bahwa FSR akan hadir pada 22 Juni 2021 mendatang. Sayangnya, AMD belum menampilkan daftar game mana saja yang sudah mendukung fitur FSR.

Verified by MonsterInsights