Huawei Rilis HarmonyOS 2.0, Inilah Sederet Fitur Unggulannya

Huawei resmi meluncurkan sistem operasi HarmonyOS 2.0. Siap hadir untuk sekitar 100 perangkat Huawei baik smartphone maupun tablet, HarmonyOS 2.0 akan menggantikan sistem operasi garapan Google, Android.

Fitur HarmonyOS 2.0

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Kamis (3/6), Huawei mengklaim HarmonyOS 2.0 akan menghadirkan pengalaman interaktif yang baru. Sistem operasi ini dijanjikan lebih mudah digunakan dan pastinya cerdas.

Yang menarik, HarmonyOS dapat memaksimalkan interaksi antara perangkat sehingga pengguna dapat mengendalikan beberapa perangkat dari satu perangkat saja. Hal ini didukung oleh Control Panel baru yang sederhana dengan fitur drag and integrate, agar pengguna dapat menghubungkan perangkat sesuai dengan skenario yang dibutuhkan.

Contohnya, ketika pengguna menyaksikan film di rumah pada malam hari, yang harus dilakukan hanya membuka Control Panel dan mengarahkan ikon smart screen menuju ikon phone, dan film akan secara langsung berpindah dari layar handphone ke TV. Jika memiliki HUAWEI FreeBuds 4. pengguna bisa menarik ikon earphone menuju ikon phone, lalu saat film dimulai di smart screen, audio secara otomatis akan diarahkan ke FreeBuds.

Asyiknya lagi, Task Center dari HarmonyOS 2 menjadikan aplikasi dapat berpindah antar perangkat tanpa harus di-install satu persatu. Pengguna pun dapat memantau aktivitas yang berjalan di perangkat lainnya.

svg%3E

svg%3E

Dari segi user interface, halaman Beranda dari HarmonyOS 2.0 didesain lebih ramping dan lebih terorganisir. Huawei menggunakan font HarmonyOS Sans dan Gravitational Animations untuk menambah estetika.

Pengguna dapat menggeser ke atas pada aplikasi untuk mengeluarkan Widget Service yang memberikan tampilan secara real-time tanpa harus membuka aplikasinya. HUAWEI HiLink juga telah ditingkatkan di HarmonyOS Connect untuk memudahkan perangkat terhubung ke lebih banyak perangkat non-Huawei lainnya.

Contoh skenario penggunaannya, pengguna dapat terhubung dengan oven Midea yang mendukung HarmonyOS Connect dan memiilih resep untuk mulai menyiapkan makanan secara instan. Setelah itu, simpan sisa makanan lebih lama dengan lemari es Haier yang secara otomatis menyesuaikan suhunya berdasarkan jenis makanan yang disimpan.

Peningkatan kinerja dan keamanan

svg%3E

Selain soal fitur, Huawei mengklaim HarmonyOS 2.0 memiliki kinerja yang lebih gesit dibanding EMUI generasi terakhir. Bahkan, ponsel dengan HarmonyOS 2 dapat mempertahankan kecepatan baca/tulis yang serupa dengan ponsel baru setelah 36 bulan penggunaan, sekalipun memori penyimpanan yang tersedia tinggal sedikit.

Soal keamanan, HarmonyOS 2.0 memastikan bahwa hanya orang yang tepat yang dapat mengakses data di perangkat, memastikan keamanan setiap akses ke setiap perangkat, serta keamanan setiap tindakan penyimpanan, transmisi, dan penggunaan data di semua skenario. Untuk urusan konsumsi daya, HarmonyOS 2.0 dijanjikan dapat memberikan ketahanan baterai lebih lama.

Perangkat yang siap mendapatkan HarmonyOS 2.0

Huawei menjelaskan, hampir 100 perangkat Huawei di China telah dirancang untuk menerima peningkatan menuju HarmonyOS 2. Beberapa di antaranya adalah HUAWEI Mate 40 series, Mate 30 series, P40 series, Mate X2, nova 8 series, dan MatePad Pro series. Pengguna yang ingin mencoba HarmonyOS terbaru dapat mengirim permintaan pada Huawei Club atau aplikasi My Huawei, atau mendaftarkan diri untuk HarmonyOS Experience.