[Tips] Cara Memindahkan Data Game dari PS4 ke PS5

Anda gamer PlayStation 4 yang baru saja membeli PlayStation 5? Sekadar informasi, konsol paling anyar dari Sony tersebut mendukung backward compatibility yang artinya mampu menjalankan hampir semua game PS4 di PS5. Bahkan, tidak sedikit game PS4 yang bisa dimainkan dengan visual yang lebih memukau di PS5, contohnya Ghost of Tsushima, The Last of Us 2, Days Gone, dan masih sebagainya.

svg%3E

Nah, jika Anda memiliki koleksi game digital yang tersimpan di PS4 dan ingin kembali dimainkan di PS5, Anda tidak perlu repot mengunduh ulang game tersebut. Cukup memindahkan data game beserta save file langsung dari PS4 ke PS5. Berikut cara mudahnya:

1. Persiapan di PS4

Langkah pertama adalah menyiapkan PS4 Anda sebelum memindahkan data-datanya ke PS5. Pastikan Anda login dengan akun yang sama baik di PS4 maupun PS5. Setelah itu, update software PS4 ke versi paling baru, dan lakukan sinkronisasi trophy dengan menekan tombol Options di DualShock 4 ketika sedang melihat Trophies, lalu pilih Sync with PlayStation Network.

2. Pilihan koneksi

Anda bisa memindahkan data dari PS4 ke PS5 dengan beberapa pilihan koneksi. Kami sangat menyarakan menggunakan kabel LAN karena cukup cepat. Kalau tidak punya, Anda bisa mengandalkan opsi nirkabel dengan cara menghubungkan PS4 dan PS5 ke jaringan WiFi yang sama di rumah.

svg%3E

3. Transfer data dari PS4 ke PS5

Setelah semuanya siap, barulah kita masuk ke tahap pemindahan data dari PS4 ke PS5. Yuk, langsung saja ikuti langkah-langkahnya:

svg%3E
  • Hidupkan konsol PS4 dan PS5 Anda, serta pastikan terhubung dengan jaringan WiFi yang sama. Kalau punya kabel LAN (cukup satu saja), gunakan kabel tersebut untuk menghubungkan port LAN/Ethernet di PS4 dan port LAN/Ethernet di PS5.

svg%3E

  • Di konsol PS5, masuk ke Settings -> System -> System Software -> Data Transfer -> Continue.
  • PS5 akan menemukan konsol PS4 Anda lalu menampilkan pesan Prepare for Data Transfer. Selama durasi waktu yang diberikan, tekan tombol Power di PS4 selama kurang lebih 1 detik sampai terdengar bunyi ‘bip’.

svg%3E

  • Pilih data yang ingin Anda transfer. Bisa data game maupun save file sehingga Anda tidak perlu mengulang dari awal game PS4 yang sedang dimainkan.
  • Pilih Start Transfer
  • Tunggu prosesnya selesai. Konsol PS5 secara otomatis akan restart. Setelah itu, game PS4 Anda sudah bisa dimainkan di PS5.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Semoga artikel ini bermanfaat!