Quantcast
OperatorTelkomselTips

4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mencoba Jaringan 5G Telkomsel

Telkomsel telah resmi meluncurkan layanan 5G secara komersial di Indonesia. Itu artinya, masyarakat sudah bisa mencicipi jaringan 5G. Tapi perlu digarisbawahi, pada tahap awal 5G Telkomsel baru tersedia di enam area residensial di DKI Jakarta serta beberapa titik di kota-kota lainnya.

Peluncuran Telkomsel 5G 3

Cara mencoba 5G Telkomsel

Nah, untuk Anda yang sudah terlanjur penasaran ingin mencoba jaringan 5G dari Telkomsel, simak langkah-langkah di bawah ini:

1. Gunakan uSIM 4G

Pastikan Anda telah menggunakan kartu bertipe uSIM (Kartu SIM 4G) dari Telkomsel. Untuk saat ini, Telkomsel memastikan pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM baru untuk mencoba 5G. Asalkan sudah 4G, tidak ada masalah.

2. Berada di lokasi yang sudah ter-cover jaringan Telkomsel 5G

Tentunya untuk bisa mendapatkan sinyal 5G, Anda perlu berada di lokasi yang memang sudah ter-cover layanan 5G Telkomsel, antara lain Telkomsel Smart Office (Jakarta), enam area residensial di DKI Jakarta (Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera), dan GraPARI Bandara Soekarno Hatta.

Untuk kota lainnya, area yang ter-cover 5G Telkomsel antara lain GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Peluncuran Telkomsel 5G 4

3. Gunakan smartphone yang mendukung jaringan 5G Telkomsel

Perlu diketahui bahwa Telkomsel menggunakan frekuensi 2300 MHz untuk menggelar 5G di tahap awal ini. Smartphone yang dipakai harus didukung teknologi 5G NSA (Non-Standalone) pada frekuensi tersebut, misalnya Oppo Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Telkomsel akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung. Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G. Prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.

4. Pastikan nomor ponsel telah aktif fitur 5G

Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Pelanggan juga dapat mengunjungi www.telkomsel.com/5G untuk mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya, dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

Telkomsel Orbit 5G

Seperti layanan broadband 3G dan 4G, layanan 5G untuk saat ini dapat dinikmati menggunakan paket kuota data yang dimiliki. Telkomsel juga menghadirkan layanan Internet Rumah Orbit 5G melalui perangkat Orbit Ultra dengan harga promo Rp6.299.000, yang sudah dilengkapi ekstra kuota data 200GB untuk 30 hari dan bonus akses layanan Disney+ Hotstar selama 12 bulan.

Ke depannya, Telkomsel akan menghadirkan paket data khusus layanan 5G, yang akan dikembangkan secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan gaya hidup dan aktivitas digital pelanggan.

Back to top button