Qualcomm Snapdragon 7c Gen 2: Chipset Generasi Kedua Qualcomm untuk PC Windows dan Chromebook Kelas Entry

PC Windows dengan chipset Qualcomm Snapdragon memang masih belum sepopuler PC dengan prosesor Intel atau AMD. Kendati demikian, Qualcomm kini mengumumkan chipset generasi keduanya untuk PC Windows dan Chromebook kelas entry yakni Snapdragon 7c Gen 2.

svg%3E

 

Fitur Qualcomm Snapdragon 7c Gen 2

Hadir dengan fabrikasi 8nm chipset octa-core ini membawa rancangan yang sama seperti generasi pertamanya. Bedanya, kecepatannya ditingkatkan dari clock speed 2.4 Ghz ke 2.55 Ghz. Dengan begitu performanya akan lebih baik jika dibandingkan Snapdragon 7c yang diluncurkan tahun 2019 lalu.

Chipset ini juga tetap mempertahankan DNA Snapdragon 7c. Termasuk, kosumsi daya yang lebih irit dengan daya tahan baterai yang sangat tahan lama. Chipset ini juga dilengkapi modem Qualcomm Snapdragon X15 LTE untuk konektivitas 4G LTE opsional. Jadi, akan sangat ideal untuk laptop dan tablet PC yang selalu terhubung ke internet. Fitur Qualcomm Snapdragon 7c Gen 2 yang lain sektor grafisnya dipercayakan pada gpu Adreno 618, dilengkapi DSP Hexagon 692, ISP Spectra 255, mendukung WiFi5 dan Blutooth 5.0.

svg%3E

PC Windows dan Chromebook yang ditenagai chipset ini rencananya akan mulai tersedia di pasaran mulai musim panas 2021.

Snapdragon Developer Kit

svg%3E

Kejutan lain dari Qualcomm adalah kehadiran mini PC Windows Snapdragon Developer Kit. Mini PC ini dirancang dari hasil kolaborasi Qualcomm dengan Microsoft. Snapdragon Developer Kit diharapkan bisa menjadi solusi untuk para vendor perangkat lunak dan pengembang aplikasi independen dalam menguji dan mengoptimalkan aplikasi mereka untuk mengembangkan ekosistem perangkat yang didukung oleh platform komputasi Snapdragon.