Opera GX Mobile: Browser untuk Gamer, Hadir di Android dan iOS

Opera baru-baru ini memperkenalkan browser terbarunya yang diberi nama Opera GX Mobile. Satu hal yang menarik, aplikasi browser yang ditujukan untuk perangkat mobile tersebut dirancang khusus untuk para gamer. Apa bedanya?

Fitur Opera GX Mobile

svg%3E

Opera GX sendiri sesungguhnya bukan nama yang benar-benar baru. Opera sudah lebih dulu meluncurkan versi desktop-nya sekitar tahun 2019 lalu. Versi mobile-nya sendiri masih berbasis versi desktop, yang artinya dibekali sederet fitur andalan seperti Opera Flow, GX Corner, dan masih banyak lagi.

Bagi yang belum tahu, Flow merupakan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi antara perangkat mobile dan desktop, memudahkan saling berbagi walkthrough, tutorial, dan cara membangun karakter dari game.

svg%3E

Sementara GX Corner berlokasi di bawah bar pencarian (search) dan speed dial. Fungsinya untuk mempercepat akses ke berbagai berita terbaru seputar gaming, promo diskon game menarik, hingga kalender berisi jadwal peluncuran game teranyar.

svg%3E

Sama seperti versi dekstop-nya, Opera GX Mobile juga masih mengusung desain unik yang terinspirasi dari perangkat gaming. Pengguna diberikan dua opsi navigasi, yaitu Fast Action Button (FAB) atau navigasi standar. Ada pula fitur tambahan lainnya yang cukup bermanfaat seperti ad-blocker hingga proteksi terhadap crypto mining.

Meluncur untuk Android dan iOS

Saat ini Opera GX Mobile sudah tersedia dalam versi beta dan bisa bisa diunduh oleh gamer yang memiliki perangkat berbasis Android atau iOS. Peluncuran versi final-nya diprediksi akan terjadi dalam waktu dekat. Untuk pengguna Android, klik tautan berikut ini jika ingin mencoba versi beta-nya.