Qualcomm Umumkan Snapdragon 778G 5G, Chipset 6nm dengan Performa 40 Persen Lebih Kencang

Qualcomm mengumumkan kehadiran chipset terbarunya yang diberi nama Snapdragon 778G 5G. Sesuai namanya, SoC untuk ponsel kelas menengah ke atas ini sudah mendukung jaringan 5G dengan Snapdragon X53 modem-RF system. Namun yang lebih menarik adalah Qualcomm menjanjikan peningkatan performa hingga 40 persen dibanding generasi sebelumnya.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 778G 5G

svg%3E

Dalam acara Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2021, Qualcomm menjelaskan bahwa Snapdragon 778G 5G merupakan chipset dengan teknologi 6nm dengan CPU Kryo 670 dengan arsitektur baru yang dapat memberikan performa 40 persen lebih kencang.

Bukan cuma itu, GPU Adreno 642L yang dibenamkan juga dirancang untuk menyuguhkan kinerja rendering grafis 40 persen lebih baik dari pendahulunya. Kombinasi yang amat menggiurkan untuk pengguna yang gemar bermain game dengan kebutuhan grafis tinggi.

Beberapa fitur dari Snapdragon Elite gaming seperti Variable Rate Shading (VRS) dan Qualcomm Game Quick Touch juga tersedia. Fitur yang disebut belakangan mampu menghadirkan respon input 20 persen lebih cepat ketika bermain game.

svg%3E

“Snapdragon 778G menghadirkan banyak teknologi premium terbaru dan fitur tier-tinggi untuk mendukung generasi berikutnya mendapatkan pengalaman dan akses yang lebih luas lagi,” ungkap Kedar Kondap,
Vice President of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Canggihnya lagi, untuk urusan dukungan kamera Snapdragon 778G dibekali Triple ISP yang memungkinkan mengambil tiga foto atau video secara bersamaan, termasuk wide, ultra-wide, dan zoom, dengan tiga lensa yang berbeda sekaligus. Ada pula dukungan 4K HDR10+ untuk menangkap dengan warna yang lebih kaya.

svg%3E

Soal kecerdasan buatan, Snapdragon 778G mengandalkan Qualcomm AI Engine generasi ke-6 terbaru dengan prosesor Qualcomm Hexagon 770 yang diklaim dapat memberikan performa hingga 12 TOPs, atau dua kali lipat dibanding generasi sebelumnya.

Jadwal peluncuran Snapdragon 778G 5G

Perangkat dengan Snapdragon 778G diharapkan tersedia secara komersial pada kuartal kedua tahun 2021. Brand seperti OPPO, Honor, iQOO, Motorola, Realme, hingga Xiaomi kabarnya tengah menyiapkan produk berbekal chipset anyar tersebut.