Mobile GadgetNewsSmartphone

Kid Space: Fitur di Ponsel OPPO untuk Cegah Anak Beli Item Game Secara Berlebihan

Bermain game di smartphone sudah menjadi hiburan yang amat disukai oleh anak-anak masa kini. Walaupun bermain game dapat memberikan beberapa manfaat positif seperti melatih problem solving, logika, hingga kemampuan motorik, kalau durasinya tidak dibatasi tentunya akan menimbulkan dampak yang kurang baik.

OPPO A74 Gaming

Orang tua pun terkadang tidak selalu bisa untuk mengawasi anak bermain game sepanjang waktu. Ketika lengah, mungkin saja mereka bermain terlalu lama atau bahkan melakukan pembelian item seperti diamond dari game yang sedang mereka mainkan.

Itulah mengapa orang tua butuh bantuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Solusinya adalah Kid Space, fitur ColorOS 11 yang ada di smartphone OPPO. Apa saja manfaat fitur tersebut dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak penjelasan singkatnya!

Fitur Kid Space di OPPO A74

Kid Space sendiri sesungguhnya sudah lama menjadi fitur unggulan smartphone OPPO. Pada seri OPPO A74 yang berbasis ColorOS 11, fitur ini sudah lebih ditingkatkan lagi. Ketika diaktifkan, anak hanya bisa mengakses aplikasi atau fitur yang diizinkan saja.

Ilustrasi anak smartphone
Ilustrasi (sumber: DigitalTrends.com)

Yang perlu digarisbawahi, Kid Space bukan sekadar untuk membatasi durasi bermain game saja. Dengan fitur ini orang tua dapat mencegah anak melakukan aktivitas digital yang tidak aman, mengunci pengaturan ponsel, meng-install atau menghapus aplikasi, hingga membatasi kuota internet.

Menariknya lagi, Kid Space dapat mencegah aplikasi gaming dari konfirmasi biaya SMS. Dengan begitu smartphone tidak akan memberi izin ketika anak ingin melakukan pembelian item dari dalam game maupun aplikasi lainnya.

Cara mengaktifkan Kid Space di OPPO A74

Untuk Anda para pengguna OPPO A74 yang ingin mencoba Kid Space, berikut langkah-langkah mudah untuk mengaktifkannya:

  • Masuk ke Settings lalu pilih Privacy.
  • Pilih Kid Space.

Kid Space Feature 2

  • Anda bisa langsung mengatur durasi penggunaan smartphone ketika fitur ini diaktifkan, mulai dari 15 menit, 30 menit, hingga 3 jam.

Kid Space Feature 3

  • Pilih aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak ketika Kid Space aktif.
  • Anda pun diberikan opsi untuk mematikan mobile network.
  • Pilih Enter Kid Space.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Anda tidak perlu khawatir anak mencari cara untuk keluar dari mode Kid Space. Pasalnya, untuk menonaktifkan fitur ini dibutuhkan password.

Kid Space memang merupakan salah satu fitur canggih yang dimiliki oleh OPPO A74. Meski begitu, fitur ini juga dapat Anda temukan di berbagai seri ponsel OPPO terbaru lainnya yang sudah mengadopsi ColorOS 11.

Back to top button