Cara Mendapatkan Tanda Centang Verifikasi untuk Akun Resmi di Telegram

Telegram merupakan salah satu platform komunikasi yang memiliki jumlah pengguna amat banyak di seluruh dunia. Menurut Telegram, total pengguna aktifnya sudah lebih dari setengah miliar dan terus bertumbuh dengan cepat.

svg%3E

Yang menarik, melalui Telegram pengguna bisa berinteraksi dengan berbagai akun resmi yang terdapat pada aplikasi tersebut. Itulah mengapa Telegram terus berusaha untuk memastikan pengguna benar-benar berinteraksi dengan akun resmi dalam bentuk saluran, grup publik, atau bot yang terpercaya.

 

Cara paling mudah mengenali sebuah akun resmi adalah melalui tanda centang yang ada di sebelah nama akun. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan tanda centang verifikasi untuk diakui sebagai akun resmi di Telegram? Mudah. Yuk, simak penjelasan singkatnya!

Cara mendapatkan centang akun Telegram

Cara pertama adalah melalui metode verifikasi akun menggunakan minimal dua platform lainnya. Bisa dengan TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, VK, atau Snapchat. Akun resmi wajib menambahkan tautan profil saluran Telegram mereka di dua platform lainnya tersebut, agar tim Telegram dapat memastikan pemiliknya sama.

svg%3E

Setelah itu, pemilik akun perlu menghubungi Telegram @VerifyBot untuk verifikasi. Perlu diketahui bahwa dua platform lain yang digunakan untuk verifikasi akun juga sudah terverifikasi sebagai akun resmi. Tapi bagaimana jika belum memiliki akun terverifikasi di dua platform lainnya?

svg%3E

Untuk yang belum memiliki akun terverifikasi di dua platform lainnya, Telegram dapat memverifikasi akun resminya melalui Wikipedia. Jika pengguna memiliki halaman tidak sedang disanggah di Wikipedia, yang memenuhi Panduan Notabilitas Wikipedia, dan halaman tersebut mencantumkan tautan ke saluran, bot, atau grup publik di Telegram, maka dapat dihitung sebagai salah satu akun terverifikasi dari dua yang diperlukan.

Untuk organisasi, tautan ke saluran Telegram dari situs web resmi organisasi juga dapat dipertimbangkan. Bot akan menawarkan pilihan untuk memasukan data dan komentar tambahan setelah memeriksa tautan media sosial.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Perlu digarisbawahi, badge verifikasi berupa tanda centang baru akan diberikan setelah saluran, grup, atau bot berhasil terverifikasi. Setelah terverifikasi sebagai akun resmi di Telegram, mengubah nama halaman atau tautan pendek tidak bisa lagi dilakukan.

Jika perubahan diperlukan, pemilik akun dapat menghapus status verifikasi terlebih dahulu dengan menghubungi @VerifyBot dan mengirim/membatalkan verifikasi akun dan melakukan verifikasi ulang menggunakan bot seperti di awal.

Verified by MonsterInsights