MediaTek Dimensity 900: Chipset 6nm Kencang dengan Dukungan 5G

MediaTek mengumumkan kehadiran chipset terbarunya yang ditujukan untuk smartphone kelas menengah. Disebut Dimensity 900, chipset 6nm ini menawarkan performa CPU yang lebih kencang dibanding Dimensity 800, dan pastinya dukungan jaringan 5G.

Spesifikasi MediaTek Dimensity 900

svg%3E

Menurut MediaTek, Dimensity 900 dibekali CPU octa-core dengan dua cluster. Yang pertama menggunakan 2-core Cortex-A78 berkecepatan 2.4GHz untuk menunjang performa, dan yang kedua adalah 6-core Cortex-A55 berkecepatan 2GHz yang lebih efisien.

Untuk urusan grafis, MediaTek Dimensity 900 mengandalkan GPU ARM Mali-G68 yang diklaim hemat daya. GPU ini memiliki beberapa fitur yang mirip dengan seri yang lebih tinggi, G88, namun dirancang dengan desain yang tidak boros tenaga agar gamer bisa bermain lebih lama.

Teknologi jaringannya sendiri sudah mendukung Dual 5G, yang artinya memungkinkan ponsel untuk terhubung dengan dua jaringan 5G secara bersamaan. MediaTek tidak lupa menyediakan fitur 5G UltraSave untuk menghemat daya baik ketika menggunakan jaringan 5G Standalone maupun non-Standalone.

svg%3E

Dari sektor kamera, MediaTek Dimensity 900 ideal untuk mendukung sensor hingga resolusi 108 megapixel. Chipset tersebut juga memungkinkan perekaman video hingga resolusi 4K di 30fps. Ada pula dukungan memori LPDDR5 yang super kencang serta storage UFS 3.1.

Fitur menarik lainnya adalah MiraVision HDR Video yang diklaim mampu memberikan tampilan video yang lebih memanjakan mata dari segi warna, tingkat kecerahan, kontras, ketajaman, hingga dynamic range. Fitur ini juga mampu meng-upgrade konten HDR10 menjadi HDR10+ secara real-time.

Jadwal peluncuran MediaTek Dimensity 900

Sayangnya soal jadwal kehadirannya di pasaran, MediaTek belum bisa memberi pengumuman kapan smartphone pertama yang mengadopsi Dimensity 900 akan diluncurkan. Bocoran yang beredar menyebutkan kuartal kedua 2021.

Verified by MonsterInsights