Review Nokia 5.4

Menyusul sukses Nokia 5.3 yang meluncur di tahun lalu, HMD Global kini menghadirkan penerusnya yakni Nokia 5.4. Ada beberapa pembaruan yang dibawanya. Dari sektor kamera hingga desain yang lebih segar. Apakah smartphone ini sanggup unjuk gigi di segmen harga 3 jutaan Rupiah? Simak ulasannya sebagai berikut.

svg%3E

Desain Nokia 5.4

Di sektor desain Nokia 5.4 terlihat cukup cantik dan premium. Ini bisa terlihat di bagian panel belakang bodinya yang mengadopsi tema Nordic. Untuk pilihan warna bodinya ada dua yaitu Polar Night yang berwarna biru gradasi hitam dan Dusk dengan warna gradasi ungu hitam

Pilihan warna dan gaya desainnya ini memang tidak pasaran. Cukup berhasil membawa angin segar di segmen smartphone kelas menengah harga 3 jutaan. Sayangnya, panel belakang bodinya ini cukup mudah kotor dengan jejak sidik jari. Jadi, wajib rajin dibersihkan agar tampilannya selalu paripurna.

svg%3E

Sama seperti Nokia 5.3 di bagian belakang bodinya bisa ditemukan kamera belakang dengan frame bulat. Membuatnya berbeda dengan smarpthone kebanyakan yang umumnya menggunakan frame kotak. Tepat di bagian bawah modul kamera bisa ditemukan juga sensor sidik jari.

Bagi sebagai orang mungkin ini terlihat agak kuno. Cukup wajar mengingat saat ini smarpthone kelas 3 jutaan pun sudah banyak yang mengadopsi sensor sidik yang tertanam di layar. Kendati demikian, setidaknya sensor sidik jari tersebut saat kami uji cukup responsif membuka kunci layar dan mampu diandalkan sebagai pengaman.

Beralih ke sisi kanan bodi terdapat tombol power dan tombol volume. Sementara, di sisi kiri bisa ditemukan 3 slot yang terdiri dari dua slot kartu SIM dan satu slot microSD. Jadi, tidak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM untuk memasang microSD. Di bagian bawah terdapat port USB-C untuk isi ulang baterai dan lubang jack audio.

Layar Nokia 5.4

Di sektor layar Nokia 5.4 datang dengan panel layar IPS yang berukuran 6.39 inci. Cukup disayangkan memang panel layarnya belum menggunakan panel AMOLED yang sedang tren di kelas harganya. Resolusi layarnya juga hanya HD+ 720 x 1560 pixel. Belum Full HD+ seperti kebanyakan smartphone lain sekelasnya.

svg%3E

Kendati demikian, untunglah panel layarnya ini tidak terlalu mengecewakan. Tampilan gambarnya masih tergolong tajam dengan warna yang cukup cemerlang. Cukup memadai untuk beragam kebutuhan dari bermain game, browsing hingga menikmati konten video.

Satu hal yang terlihat berbeda dengan Nokia 5.3, panel layarnya terebut terlihat lebih kekinian. Panel layarnya mengusung gaya punch hole dengan kamera depan 16 megapixel. Menggantikan layar poni bergaya tetesan air di Nokia 5.3. Layarnya ini juga telah dilapisi kaca 2.5D curved dengan tingkat kecerahan 400 nits.

Mengusung rasio aspek layar 19.5:9 menjadikannya tampak lebih ramping meski membawa bentang layar yang besar. Imbasnya, secara keseluruhan smartphone ini sangat pas dan nyaman digenggam tangan. Bobotnya juga relatif ringan.

Fitur Nokia 5.4


Nokia 5.4 masih tetap ambil bagian di program Android One. Jadi, smartphone ini akan sangat cocok untuk pengguna yang suka dengan antarmuka Android murni yang minimalis dari Google. Anda juga tidak akan disuguhkan banyak bloatware atau aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak ada guna. Seluruhnya hanya murni aplikasi dan fitur bawaan dari Google seperti misalnya Dark Mode dll.

svg%3E

Untuk sistem operasi Nokia 5.4 menjalankan OS Android versi 10.0. Smartphone ini juga dipastikan akan mendapat update ke Android 11 kedepannya bahkan hingga 2 tahun ke depan. Smartphone ini juga akan mendapat 3 tahun pembaruan keamanan. Ini memang menjadi salah satu keunggulan dari Android One. Selain itu, hadir fitur NFC yang cukup berguna untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Kamera Nokia 5.4

Nokia 5.4 membawa konfigurasi quad-camera. Kameranya terdiri dari kamera utama 48 megapixel, kamera wide-angle 5 megapixel, kamera 2 megapixel makro, dan depth sensor 2 megapixel.

svg%3E

Kamera utamanya ini meningkat cukup signifikan jika dibandingkan Nokia 5.3 yang menggunakan sensor 13 megapixel. Dari pengujian kamera, kamera Nokia 5.4 cukup bisa diandalkan di kondisi pencahayaan yang cukup. Hasil foto cukup tajam dan detil. Kontras dan dynamic range-nya pun cukup oke. Warna yang dihasilkan cenderung natural. Cukup baik tanpa saturasi warna yang terlalu berlebihan.

IMG_20210410_083243_HDR

IMG_20210410_083710_HDR

IMG_20210410_083627_HDR

svg%3E

IMG_20210410_113319_HDR

IMG_20210410_083042_HDR

IMG_20210410_083801_HDR

Hanya saja kendali meteringnya agak kurang konsisten. Di beberapa hasil foto kami mendapatkan area terang yang terlalu berlebih. Kamera wide angle dan kamera makro yang dibawanya juga cukup lumayan. Memang hasilnya tidak sebagus kamera utamanya. Tapi, masih bisa diandalkan untuk sekedar mengasah kreativitas.

IMG_20210410_083654

IMG_20210410_084135

Kameranya ini turut mendapat dukungan mode portrait. Hasil foto di mode portrait dengan kamera depan atau belakangnya cukup memuaskan. Efek bokeh terlihat cukup rapih di belakang subyek. Sementara, untuk memotret di kondisi temaram smartphone ini telah dilengkapi dengan mode Malam.

Satu fitur menarik dari kameranya adalah hadirnya mode Cinema. Di mode ini Anda dimungkinkan untuk mengambil video dengan format sinematik 21:9 lengkap dengan dukungan H-Log Format.

svg%3E

Di mode H-Log dynamic range pada perekaman video bisa lebih luas. Kemampuan rekam videonya mendukung hingga resolusi 4K/30 fps. Modus videonya turut didukung dengan perekaman audio spatial dengan teknologi OZO Audio. Sayangnya, kemampuan rekam videonya tidak sebaiknya kemampuannya memotret. Perekaman video dengan kamera depan atau belakangnya juga belum didukung dengan fitur stabilisasi. Untuk hasil videonya sebagai berikut dengan mode H-Log yang tanpa proses penyuntingan.

VID_20210411_111157

Performa Nokia 5.4

Lalu bagaimana dengan performanya? Smartphone ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 662 dengan RAM 6GB. Memori internal 64 GB. Relatif kecil untuk ukuran smartphone Android saat ini mengingat di kelas harganya pun sudah mulai digunakan memori internal dengan kapasitas 128 GB. Untunglah masih ada slot microSD untuk memperluas ruang penyimpanannya tersebut yang bisa mendukung microSD hingga kapasitas 512GB.

Untuk smartphone kelas menengah spesifikasinya ini memang tergolong standar. Cukup dan masih diandalkan untuk penggunaan sehari-hari dari browsing, chat, hingga bermain game. Kinerjanya secara keseluruhan terasa sangat gegas. Saat bermain game pun terasa cukup lancar. Beberapa judul game seperti Call of Duty dan PUBG Mobile bisa dimainkan dengan mulus meski tidak menggunakan pengturan grafis paling optimal. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut.

Baterai Nokia 5.4

Nokia 5.4 membawa baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Tidak terlalu besar memang tapi cukup untuk menemani aktivitas kami nyaris 1,5 hari untuk penggunaan yang cukup moderat seperti chat, bermain game, menonton Youtube dan mendengarkan musik. Daya tahan baterainya memang tergolong memuaskan.

Untuk isi ulang daya, smartphone ini mendukung isi ulang dengan kemampuan charging 10W. Untuk mengisi baterainya dari habis hingga penuh 100% diperlukan waktu nyaris 3 jam. Andai saja didukung dengan kemampuan fast charging yang lebih cepat tentu akan menjadi nilai tambah.

Kesimpulan

Di kisaran 3 jutaan Nokia 5.4 memang akan bersaing ketat dengan smartphone pabrikan lain yang membawa sederetan fitur lebih komplit atau dengan performa lebih bertenaga. Patut diakui secara fitur Nokia 5.4 memang bukan yang terbaik di kelasnya. Tapi, dengan Android One yang menjanjikan dukungan update Android hingga 2 tahun ke depan dan update sistem keamanan hingga 3 tahun ke depan jelas menjadikan smartphone ini paling unggul di kelas harganya tersebut. Jika tidak mementingkan fitur dan hanya membutuhkan smartphone dengan baterai tahan lama serta dukungan update software Android di masa yang akan datang, Nokia 5.4 sangat wajib untuk dipertimbangkan.

Nokia 5.4 cocok untuk

:
Penggemar OS Android murni dengan dana terbatas: Dengan harga jual 3 jutaan Anda bisa menikmati pengalaman menggunakan sistem operasi Android murni seperti yang ditawarkan lini Google Pixel yang lebih mahal.

Pengguna smartphone yang tidak ingin repot ganti smartphone Android dalam waktu lama: Menjadi bagian Android One smartphone ini cocok untuk pengguna yang tidak ingin repot ganti smartphone Android dan mencicipi OS Android terbaru. Di kelas harganya tersebut Nokia 5.4 setidaknya akan mendapatkan pembaruan OS Android hingga 2 tahun ke depan.

Pengguna yang butuh NFC: NFC saat ini sangat berguna untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Seperti misalnya bisa dipermudah mengecek dan mengisi ulang saldo e-Money.

Pengguna yang sering bermobilitas: Dengan baterainya yang tahan lama Anda tidak perlu lagi direpotkan membawa powerbank saat berpergian. Kendati demikian Anda tetap wajib bersabar dengan pengisian baterainya yang memang agak lama.

Kelebihan Nokia 5.4

+ Android One
+ Desain tidak pasaran
+ NFC
+ Performa lumayan untuk beragam kebutuhan
+ Baterai tahan lama
+ Kamera utama cukup bagus di kondisi pencahayaan ideal
+ Tersedia mode Cinema
+ Mendukung perekaman spatial Audio dari OZO

Kekurangan Nokia 5.4
– Layar belum Full HD
– Perekaman video belum dilengkapi fitur penstabil
– Baterai belum dilengkapi fitur isi ulang cepat

Jika tidak mementingkan fitur dan hanya membutuhkan smartphone dengan baterai tahan lama serta dukungan update software Android di masa yang akan datang, Nokia 5.4 sangat wajib untuk dipertimbangkan.
7.2
Verified by MonsterInsights