Mengenal Microlens, Fitur Mirip Mikroskop Pada Kamera OPPO Find X3 Pro

Sektor kamera merupakan salah satu nilai jual utama dari OPPO Find X3 Pro. Sebagai ponsel flagship, wajar jika OPPO membenamkan konfigurasi kelas atas dengan fitur yang inovatif dan jarang ditemukan pada perangkat lain. Contohnya adalah Microlens, fitur untuk memotret detail layaknya mikroskop.

Pembesaran hingga 60 kali lipat

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Kamis (6/5), OPPO menjelaskan bahwa Microlens memungkinkan pengguna melihat dunia yang tak terlihat dengan lensa biasa. Microlens mampu memperbesar tampilan 30 kali lipat dengan optical zoom, dan 60 kali lipat hybrid zoom yang menghasilkan fotografi mikroskopis.

Menurut OPPO, kemampuan ini melampaui kamera makro smartphone pada umumnya yang hanya memperbesar sekitar dua kali lipat. Dengan Microlens, kamera OPPO Find X3 Pro dapat memberikan perspektif yang baru dan berbeda.

“Warna, bentuk, ukuran, skala, semuanya terlihat berbeda. Melihat sebuah benda dalam ukuran mikroskopis dapat mengajarkan kita tentang dunia yang kita tinggali saat ini, tentang alam yang biasa kita sepelekan, dan tentang teknologi yang kita gunakan setiap hari,” ujar Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia.

Yang menarik, OPPO menjelaskan bahwa menciptakan kamera dengan lensa mikroskopis dengan pembesara hingga 60 kali lipat pada smartphone bukanlah sesuatu yang mudah. Lensa dengan kemampuan pembesaran tinggi sangat sensitif terhadap bintik putih dan partikel debu.

Partikel kecil tersebut dapat menurunkan kualitas foto karena pada saat mengambil gambar dengan pembesaran tinggi, partikel akan terlihat besar pula. Menghadapi tantangan ini, OPPO belajar dari produsen kaca safir, produsen light guide, dan produsen kamera untuk memanfaatkan larutan pembersih khusus sehingga lensa Microlens 10 kali lebih tahan terhadap bintik-bintik kecil dan partikel debu.

Microlens OPPO Find X3 Pro (4)

Metode pemasangan lensa yang berbeda

Terobosan lainnya ada pada metode pemasangan lensa yang berbeda ketika proses pembuatan smartphone. Menurut OPPO, modul mikroskop dipasang pada cover belakang smartphone, bukan pada motherboard. Untuk menerangi bagian lensa mikroskop, OPPO Find X3 Pro dilengkapi dengan lensa safir dan ring light sebagai komponen eksterior kamera Microlens.

Tantangannya, ada banyak pertimbangan dalam mendesain modul Microlens. Ketika tampilan eksterior smartphone berwarna hitam, termasuk ring light guide dengan tingkat opasitas tinggi, maka akan memengaruhi kemampuan lensa saat mengambil gambar pada jarak sangat dekat dengan tingkat pembesaran tinggi.

Microlens OPPO Find X3 Pro (3)

Microlens OPPO Find X3 Pro (1)

Dengan mengintegrasikan lensa besar dan light guide ganda tersembunyi, teknisi OPPO mampu mengatasi hambatan tersebut dengan tetap menyeimbangkan tampilan estetika. Rahasianya adalah tinta semi-transparan yang digunakan pada light guide kamera sehingga perangkat tetap terlihat hitam dan kemampuan fotografinya tetap baik.

Ring light dan light guide sangat penting untuk Microlens pada OPPO Find X3 Pro karena kameranya memiliki jarak fokus sekitar 3mm. Pada jarak fokus yang sangat rendah seperti ini, lensa akan menampung ambient light dalam jumlah besar yang kemudian diimbangi dengan light guide dan fill light. Sementara ring light membantu agar cahaya merata sehingga keseimbangan warnanya akurat.

Microlens OPPO Find X3 Pro (2)

Siap hadir di Indonesia

Menarik untuk menantikan dan mencoba langsung seperti apa kemampuan Microlens pada kamera OPPO Find X3 Pro. OPPO sendiri sudah memastikan bahwa smartphone ini akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. FindX X3 Pro juga bakal dipamerkan di OPPO Gallery yang berlokasi di lantai dua Plaza Indonesia, Jakarta.

Your email address will not be published. Required fields are marked *