Review Lenovo ThinkPad X1 Nano



Sejak kemunculan ThinkPad X1 Carbon, Lenovo berhasil menaikkan standar laptop bisnis. Tidak hanya sangat tipis dan ringan, laptop ini juga sangat tangguh. Sekali lagi kebolehan Lenovo merancang laptop bisnis kembali dibuktikan lewat ThinkPad X1 Nano. Penasaran dengan kebolehan laptop ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Lenovo ThinkPad X1 Nano

Desain minimalis serba hitam ciri khas ThinkPad klasik masih tetap menjadi andalannya. Bedanya, ThinkPad X1 Nano kini tampil lebih ramping dan ringan. Bahkan dimensinya berhasil menyalip saudaranya sendiri ThinkPad X1 Carbon.

Secara total bobot ThinkPad X1 Nano hanya sekitar 0,9 Kg. Paling ringan diantara semua laptop bisnis ThinkPad. Sangat ideal untuk para pebisnis yang mobilitasnya tinggi dan sering bekerja di luar ruangan. Dimensinya yang ringkas juga akan sangat hemat di dalam tas. Sebagai laptop bisnis rancangannya juga tangguh sesuai standar militer.

Port konektivitas yang dibawanya hanya ada dua. Sama seperti laptop tipis dan ringan kebanyakan. Di sisi kiri bodi bisa ditemukan port USB-C dengan Thunderbolt 4 yang ditemani jack audio 3.5mm. Port ini bisa digunakan untuk isi ulang baterai dan Display Port 1.4a untuk terhubung ke monitor eksternal. Di paket penjualannya Lenovo juga menyertakan port adapter untuk konektivitas tambahan.

Secara keseluruhan rancangan bodinya memang nyaris sempurna dengan memadukan material serat karbon di bagian atas bodinya dan magnesium. Terasa sangat solid dan kokoh. Kekurangan yang kami jumpai hanyalah bagian permukaan atas bodinya yang rawan kotor dengan jejak jari. Jadi, wajib sering dijaga kebersihannya.

Layar Lenovo ThinkPad X1 Nano

Lenovo ThinkPad X1 Nano hadir dengan panel layar IPS 13 inci yang resolusinya 2K 2160 x 1350 pixel. Mendukung standar warna sRGB 100%, panel layarnya ini sangat memanjakan dengan tingkat ketajaman dan warna yang sangat cemerlang. Sangat ideal untuk mendukung produktivitas atau menikmati konten multimedia. Dengan tingkat kecerahan layar 400 nits panel layarnya juga tidak pantang di kondisi pencahayaan yang sangat terang. Engsel layarnya juga dirancang bisa dibuka penuh hingga 180 derajat rata dengan meja. Jadi cukup efektif untuk menimalkan resiko engsel layar patah saat tidak sengaja dibuka secara penuh.

Keyboard Lenovo ThinkPad X1 Nano

Bergeser ke area keyboard ThinkPad X1 Nano membawa keyboard bergaya chicklet dan dot merah khas ThinkPad. Memang ukurannya lebih ringkas untuk menyesuaikan dimensi bodinya.

Untunglah pengalaman mengetik dengan keyboardnya tetap sangat nyaman. Walau perlu sedikit penyesuaian mengingat jarak antar tombol lebih berdekatan. Kami tetap bisa mengetik dengan cepat dan jari jemari tidak mudah pegal. Keyboard backlit juga tersedia untuk mendukung penggunaan di kondisi temaram.

Di area touchpad mouse, tombol kiri dan kanan mousenya juga masih sama seperti ThinkPad lain. Sangat nyaman ditekan. Ukuran touchpad cukup besar dan responnya dengan sentuhan jari juga amat baik.

Fitur Lenovo ThinkPad X1 Nano

Sebagai laptop bisnis sederetan fitur yang mengedepankan keamanan dan privasi juga ditemukan di laptop ini. Sebut saja seperti sensor sidik jari, Lenovo ThinkShutter untuk melindungi privasi saat webcam tidak digunakan dan IR Camera dengan dukungan Windows Hello yang memungkinkan Anda untuk login dengan deteksi wajah. Kinerja IR cameranya juga sangat responsif. Deteksi wajah bisa dilakukan sangat singkat untuk membuka kunci pengaman.

Fitur privasi Lenovo ThinkPad X1 Nano turut didukung dengan kecerdasan buatan yang bisa diakses lewat aplikasi Glance by Mirametrix. Untuk perlindungan privasi di Glance tersedia fitur Privacy Guard dan Privacy Alert.

Privacy Guard akan otomatis menjadikan tampilan layar menjadi buram atau blur saat kamera inframerah pintarnya mendeteksi keberadaan orang lain yang mengintip layar. Kemudian, Privacy Alert akan langsung memberitahu pengguna saat layar sedang diintip.

Glance juga menyediakan fitur Snap Windows dan Smart Pointer. Fitur ini berguna untuk memindahkan posisi jendela aplikasi yang dijalankan dan kursor mouse dari layar laptop ke monitor eksternal hanya dengan menengok. Ideal untuk pengguna yang sering bekerja dengan monitor eksternal. Kemudian, fitur Smart Display akan otomatis memburamkan layar saat pengguna tidak menghadap ke layar.

Kemudian, lewat Digital Wellness Anda juga bisa melihat screen time atau waktu menggunakan laptop ini. Tersedia juga opsi Posture Warning yang akan mengirimkan pemberitahuan ke pengguna jika postur tubuh tidak benar saat menggunakan laptop. Fitur-fiturnya ini cukup penting untuk mendukung gaya hidup bekerja dari rumah yang saat ini sedang tren.

Performa Lenovo ThinkPad X1 Nano

Lenovo ThinkPad X1 Nano yang kami terima hadir dengan prosesor Intel Core Generasi Ke-11, Intel Core i7-1160G7, RAM 16GB dan ruang penyimpanan dengan SSD M.2 2280 PCIe 3.0x 4 NVMe yang kapasitasnya sangat lapang yakni 1TB. Spesifikasinya ini sudah sesuai dengan standar Intel EVO. Namun, tidak ada opsi uprgade untuk spesifikasinya. Bisa kami maklumi mengingat rancangan bodinya sangat tipis dan ringan. Untuk hasil benchmark laptop ini sebagai berikut.

Untuk pengujian sehari-hari spesifikasinya ini terasa sangat kencang. Menjalankan aplikasi produktivitas seperti Office dan browsing jelas lebih dari cukup. Multitasking menjalankan beberapa aplikasi sambil melakukan konferensi video pun sangat lancar dan tanpa lag. Manajemen thermalnya juga tergolong baik. Meski rancangannya sangat tipis laptop ini tidak cepat panas untuk penggunaan dalam jangka waku lama.

Di sektor grafisnya Lenovo ThinkPad X1 Nano didukung dengan chip grafis Intel Xe. Sektor grafisnya ini memang cukup bertenaga. Untuk penyuntingan foto dan video di resolusi tinggi masih mumpuni. Bahkan untuk bermain game juga masih bisa. Kendati demikian, perlu dicatat ThinkPad X1 Nano sejatinya adalah laptop bisnis dan bukan untuk konten kreasi ataupun gaming.

Baterai Lenovo ThinkPad X1 Nano

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? ThinkPad X1 Nano adalah salah satu laptop yang telah berhasil masuk standar Intel EVO. Jadi, untuk ketahanan baterainya tidak perlu diragukan. Dari pengujian kami, untuk penggunaan standar mengetik dan browssing dengan tingkat kecerahan layar 50% persen, terhubung ke WiFi, mengaktifkan mode power saver, menonaktifkan fitur location, bluetooth dan tanpa lampu bakclit aktif baterainya bisa bertahan hingga nyaris 11 jam. Lebih dari cukup untuk menemani aktivitas bekerja sehari-hari tanpa perlu repot membawa charger.

Kesimpulan Lenovo ThinkPad X1 Nano

Membawa semua keunggulan ThinkPad dalam wujud yang lebih ringkas dan ringan, ThinkPad X1 Nano sangat wajib untuk dilirik oleh para pebisnis. Fitur bisnis yang dibawanya tergolong lengkap, termasuk dengan sederetan fitur pengaman kelas bisnis yang sangat cerdas berbasis AI. Dengan begitu ThinkPad X1 Nano menawarkan pengalaman penggunaan yang lebih maksimal diantara laptop bisnis lain sekelasnya. Performanya yang bertenaga dan daya tahan baterai yang sangat tahan lama juga menjadi keunggulannya. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran mulai dari Rp27.249.000, ThinkPad X1 Nano sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang mengincar laptop bisnis ringkas dengan fitur pengaman komplit dan baterai tahan lama untuk produktivitas kapan dan di mana saja.

Lenovo ThinkPad X1 Nano cocok untuk

Pebisnis dan Profesional: Rancangan yang sangat ringkas dan performa bertenaga menjadikannya pilihan ideal untuk para pebisnis dan profesional yang mobilitasnya tinggi.

Penggemar ThinkPad: Tetap mempertahankan desain klasik ThinkPad, X1 Nano wajib dilirik untuk para fans ThinkPad yang ingin beralih ke model tipis dan ringan.

Kelebihan Lenovo ThinkPad X1 Nano

– Desain sangat tipis dan ringan
– Bodi tangguh sesuai standar militer
– Keyboard nyaman digunakan
– Baterai tahan lama
– Performa bertenaga
– Layar menawan
– Fitur pengaman lengkap

Kekurangan Lenovo ThinkPad X1 Nano

– Permukaan bagian atas bodi rawan kotor
– Speaker kurang bertenaga
– Port konektivitas minim

Laptop ini sangat kami rekomendasikan untuk para pebisnis dan profesional yang mobilitasnya tinggi.
9.5

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score