Berbasis Android 11, Inilah Sederet Fitur Baru OneUI 3.1 di Samsung Galaxy S21 Series 5G

Samsung belum lama ini mengumumkan update OneUI 3.1 berbasis Android 11 dalam ajang Galaxy Unpacked 2021. Sistem operasi ini lebih dulu hadir bersama smartphone flagship terbaru mereka, Galaxy S21 Series 5G, selain tentunya juga akan tersedia untuk seri yang lainnya seperti Galaxy Note20.

Samsung OneUI 3.1 membawa banyak sekali fitur baru yang amat menarik, termasuk pada sektor kamera untuk memproduksi foto dan video yang lebih baik. Nah, untuk Anda yang sudah memiliki Samsung Galaxy S21 Series 5G, yuk, kenali lebih jauh fitur-fitur baru apa saja yang hadir bersama OneUI 3.1 berbasis Android 11:

1. Integrasi dengan Google Duo

Samsung mengintegrasikan fungsi panggilan video dari Google Duo dengan aplikasi telepon. Pengguna bisa memilih Google Duo sebagai aplikasi video call utamanya. Asyiknya lagi, Google Duo memiliki fitur auto-framing yang secara otomatis memposisikan pengguna berada di tengah frame selama melakukan panggilan video.

2. Efek background baru untuk panggilan video

Bisa diakses melalui Advanced Features di Settings, OneUI 3.1 menawarkan berbagai efek background baru yang bisa digunakan saat video call, seperti Blur, Color, dan Image.

 

3. Google Discover

OneUI 3.1 memungkinkan pengguna melakukan kostumisasi pada halaman Home untuk menampilkan fungsi Google Discover.

4. Google Home Device Controls

Google Home Device Controls merupakan kombinasi dari Quick Settings di OneUI 3.1. Lewat fitur ini, pengguna bisa menambahkan akses untuk mengendalikan perangkat kategori Smart Home.

5. Object Eraser

Sesuai namanya, Object Eraser pada Samsung OneUI 3.1 memungkinkan pengguna menghapus orang lain di background yang tidak sengaja tertangkap kamera. Cara pemakaiannya juga mudah. Cukup tap pada orang yang ingin dihapus, dan serahkan pekerjaannya kepada AI.

6. Private Share

Private Share hadir sebagai solusi Samsung untuk melindungi privasi penggunanya. Dengan fitur ini, pengguna perangkat Samsung dapat menghapus data lokasi dari foto yang diambil sebelum membagikannya.

7. Eye Comfort Shield

Versi upgrade dari fitur filter Blue Light ini dapat melindungi pengguna dari emisi cahaya biru yang kurang baik untuk kesehatan.

8. Melanjutkan membuka aplikasi di perangkat lain

Fitur yang satu ini cukup menarik. OneUI 3.1 memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi di Galaxy S21 Series 5G, lalu melanjutkannya di perangkat Samsung lainnya dengan akun Samsung yang sama. Syaratnya, kedua perangkat harus mengaktifkan Bluetooth dan terhubung dengan jaringan WiFi yang sama.

9. Single Take 2.0

Dari sektor kamera, fitur Single Take andalan Samsung telah ditingkatkan menjadi versi 2.0. Selain mampu menangkat frame lebih banyak setiap detiknya, Single Take 2.0 kini juga dapat merekam video slow-mo. Pengguna dapat mengetuk icon panah baru di pojok kanan atas dan memilih 6 fungsi seperti Filtered videos, Filtered photos, Speed effect clips, Portraits, Wide/cropped shots, dan Highlight video.

10. Focus Enhancer

Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki fitur baru bernama Focus Enhancer yang akan muncul ketika memotret menggunakan kamera utama 108 MP. Fitur ini memungkinkan foto mendapatkan area fokus yang lebih luas, jadi tidak hanya fokus di satu titik saja sementara bagian lainnya blur.

11. Vlogger View

Sesuai namanya fitur ini cocok untuk membuat video vlogging. Dengan Vlogger View, pengguna bisa merekam dengan kamera belakang dan depan secara bersamaan.

12. Director’s View

Director’s View memungkinkan pengguna merekam video dengan semua kamera yang ada pada Galaxy S21 Series 5G secara bersamaan, dan semuanya ditampilkan pada layar. Layaknya seorang sutradara, pengguna bisa beralih dari satu kamera ke kamera lainnya dengan praktis.

13. Auto Switch

Fitur Auto Switch sangat berguna bagi pemilik Galaxy Buds Pro, Buds Live, dan Buds+. Fitur ini memungkinkan audio mengikuti si pengguna ketika beralih ke perangkat Galaxy lainnya.

14. Autofocus dan Autoexposure controller

Samsung OneUI 3.1 menawarkan peningkatan pada pengendalian autofocus dan autoexposure. Dengan hanya swipe ke kiri atau ke kanan di layar, pengguna bisa mengatur tingkat kecerahan sebelum memotret.

15. Multi Mic Recording

Pada mode Pro Video, fitur Multi Mic Recording memungkinkan pengguna merekam audio melalui Galaxy S21 Series serta perangkat berbasis Bluetooth yang terkoneksi dengannya, seperti Galaxy Buds Pro, Buds Live, dan Buds+. Sangat bermanfaat untuk memastikan audio tertangkap dengan baik meskipun subyek berada jauh dari kamera.

Itulah 15 fitur baru yang bisa ditemukan pada sistem operasi OneUI 3.1 berbasis Android 11 di Samsung Galaxy S21 Series 5G. Bagaimana dengan Anda? Sudah mencoba beberapa fitur tersebut untuk meningkatkan pengalaman penggunaan sehari-hari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain