Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21+ 5G

Samsung Galaxy S21+ 5G menjadi opsi yang menarik bagi pengguna yang merasa seri Ultra terlalu besar dan berat. Meski fiturnya kalah canggih dibanding saudaranya itu, smartphone ini tetap terbilang amat mumpuni untuk bersaing di ranah flagship.

Nah, untuk Anda yang berminat meminang Galaxy S21+ dalam waktu dekat, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy S21+ 5G

1. Desain premium, nyaman digenggam dan anti air

svg%3E

Galaxy S21+ tampil stylish dan premium. Dimensinya juga cukup nyaman digenggam, meski tetap kurang ideal untuk pengoperasian sepenuhnya dengan satu tangan. Yang jadi pembeda, Galaxy S21+ mempunyai housing kamera yang disebut Samsung dengan nama contour cut. Selain itu Samsung juga meracik ponsel ini agar tahan air dengan sertifikasi IP68.

2. Layar memanjakan mata

svg%3E

Galaxy S21+ memiliki layar berpanel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,7 inci Full HD+ dengan refresh rate 120Hz (48-120Hz adaptive). Tingkat kecerahannya tergolong amat baik, yakni hingga 1300 nits. Penggunaan di bawah sinar matahari yang terik tetap nyaman karena konten bisa terlihat dengan jelas. Selain itu, layar Galaxy S21+ juga sudah mendukung HDR10+. Saturasi dan kontras warnanya amat memanjakan mata.

3. Kamera utama bisa diandalkan di berbagai kondisi

Samsung Galaxy S21+ mengandalkan tiga kamera di belakang yang terdiri dari wide-angle 12MP Dual Pixel f/1.8 OIS, 12MP ultra-wide f/2.2, serta telephoto 64MP PDAF dengan 3x Hybrid Optic (30x Space Zoom) dan OIS. Untuk yang gemar selfie ada kamera 10MP f/2.2 di depan.

Indoor portrait Galaxy S21+ (1)

Low Light Galaxy S21+ (2)

Kualitas fotonya menurut kami merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Foto di siang hari dengan cahaya matahari yang melimpah terlihat tajam dengan warna yang lebih hidup. Saturasinya juga tidak berlebihan dan dynamic range-nya luas sekali. Mode-mode bawaan kamera khas Samsung seperti Single Take masih tersedia. Untuk low-light pun oke.

4. Kualitas kamera ultra-wide cukup baik dan didukung Night Mode

Yang tidak kalah penting, kualitas kamera ultra-wide ternyata juga tidak kalah baik dari kamera utama. Hasil fotonya tajam dengan reproduksi warna yang juga cukup akurat. Pada kondisi minim cahaya, Anda pun dapat mengaktifkan Night Mode.

ultra-wide Galaxy S21+

5. Video 8K dan Director’s View

Samsung kembali menghadirkan kemampuan untuk merekam video hingga resolusi 8K. Selain itu ada pula fitur Super Steady untuk hasil perekaman yang amat stabil di kondisi bergerak. Tapi perlu diketahui, mode 8K dan Super Steady tidak bisa digunakan bersamaan.

Fitur yang terbaru adalah Director’s View. Sesuai namanya, mode ini memungkinkan Anda punya kendali seperti seorang sutradara. Anda dapat melihat, beralih, dan memilih bidikan kamera secara cepat sesuai kebutuhan, mulai dari sudut normal, vlogger mode, tele, wide, hingga ultra wide.

svg%3E

svg%3E6. Tersedia mode Pro Video dengan pengaturan manual

Ada pula mode Pro Video yang menawarkan pengaturan secara manual sesuai kebutuhan. Jika Anda punya Galaxy Buds Pro, Anda dapat merekam suara sekitar dan suara sendiri secara bersamaan menggunakan Multiple Mic Recording. Dibantu tripod, Anda dapat menjauh dari kamera dan merekam suara ucapan, gerakan, serta latar belakang dengan kualitas yang tetap terjaga.

svg%3E

7. Performa kencang

 

Perangkat yang mengadopsi sistem operasi Android 11 ini dipersenjatai chipset Exynos 2100 5nm octa-core, dengan RAM 8 GB LPDDR5 dan pilihan storage 128 GB atau 256 GB dengan teknologi UFS 3.1. Dengan kombinasi seperti itu, Anda tidak perlu meragukan performa dari Galaxy S21+.

8. Baterai lumayan awet untuk ukuran ponsel flagship

Galaxy S21+ dibekali baterai sebesar 4.800 mAh. Tergolong besar dan ternyata lumayan awet untuk ukuran ponsel flagship.

9. 5G ready

Ya, Galaxy S21+ sudah 5G ready. Tinggal tunggu kapan jaringan 5G tersedia di Indonesia.

svg%3E

Kekurangan Samsung Galaxy S21+ 5G

1. Paket penjualan minim

Dengan harga yang relatif tinggi, ternyata paket penjualan Samsung Galaxy S21+ amat minim. Anda tidak akan mendapatkan kepala charger, headset, maupun casing.

2. Teknologi fast charging belum sekencang pesaingnya

Smartphone ini didukung teknologi fast charging 25W. Bukan berarti lambat, hanya saja masih agak tertinggal dibanding beberapa pesaingnya di kelas flagship.

3. Throttling saat menjalankan aplikasi berat dengan durasi yang lama

Ketika digunakan untuk pekerjaan berat seperti bermain game dengan tuntutan grafis tinggi dalam durasi yang terlalu lama, Galaxy S21+ terkadang mengalami throttling yang membuat performa menjadi kurang mulus. Bisa jadi karena panas.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy S21+ 5G. Bagi yang berminat, Samsung Galaxy S21+ 8/128 GB dijual dengan harga Rp15.999.000. Sementara untuk varian dengan memori 8/256 GB bisa ditebus dengan dana Rp16.999.000.

Verified by MonsterInsights