Tips dari OPPO untuk Mencegah Smartphone Agar Tidak Terlalu Panas

Seiring dengan semakin intensnya penggunaan smartphone, besar kemungkinan terjadinya peningkatan suhu yang berpotensi membuat overheat. Apalagi saat diajak menjalankan game dengan kebutuhan grafis tinggi.

Kalau sudah terlalu panas, umumnya performa smartphone akan terganggu dan tentunya tidak nyaman untuk digunakan. Lalu, bagaimana cara untuk mencegah terjadinya overheating? Berikut beberapa tips dan trik sederhana yang bisa Anda terapkan:

1. Jangan memakai kamera secara berlebihan

Hindari mengoperasikan smartphone secara terus-menerus tanpa henti. Biarkan perangkat beristirahat dengan kondisi layar mati, karena cara ini efektif untuk mendinginkan suhu. Menggunakan kamera secara berlebihan untuk memotret atau merekam video merupakan salah satu penyebab utama ponsel cepat panas. Selain itu, baterai pun akan lebih cepat habis.

2. Hindari tempat yang panas

Jangan meletakkan di bawah sinar matahari langsung pada siang hari. Mengoperasikan pekerjaan yang berat seperti gaming dan merekam video dengan durasi lama pun kurang ideal jika dilakukan di cuaca yang panas. Smartphone rentan terhadap cuaca dan akan mati secara otomatis setelah suhu internal mencapai titik tertentu.

3. Turunkan tingkat kecerahan layar

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar dan konsumsi daya baterainya, maka ponsel juga lebih panas. Turunkan tingkat kecerahan layar ketika suhu ponsel terasa meningkat.

4. Tutup aplikasi game

Membuka aplikasi mobile game menuntut kinerja tinggi pada chipset dan menguras lebih banyak daya baterai. Jika aktivitas ini dilakukan dalam waktu lama maka mungkin saja menyebabkan chipset menjadi panas. Kalau sudah demikian, langsung saja tutup game yang sedang dimainkan.

5. Gunakan ponsel dengan sistem pendingin yang baik

Teknologi sistem pendingin pada smartphone Android semakin berkembang. Dengan begitu, ponsel lebih mampu untuk menangani hawa panas agar tidak mengganggu kinerjanya. Salah satu smartphone yang dibekali sistem pendingin modern adalah OPPO Reno5 F.

Menurut OPPO, Reno5 F didukung Multi-Cooling System yang mampu meningkatkan efisiensi pembuangan panas sebesar 30 persen akibat penggunaan aplikasi berat dalam waktu lama. Paduan aluminium dengan konduktivitas termal tinggi memiliki kapasitas pembuangan panas 21,9 persen lebih efisien. Disipasi panas saat menelusuri aplikasi video pun telah ditingkatkan sebesar 55,3 persen, dan efek pembuangan panas aplikasi kamera telah meningkat sebesar 11,4 persen.

Dari segi software, teknologi sistem pendingin pada Reno5 F juga mampu membaca dan menganalisis data dari sensor suhu yang terletak pada bagian dalam, lalu menggunakannya untuk memperkirakan suhu penutup belakang ponsel hingga 1,5 derajat Celcius.

Sekadar informasi, OPPO Reno5 F merupakan smartphone dengan chipset Helio P95 yang ditemani RAM 8 GB dan storage 128 GB. Ponsel berlayar AMOLED yang ringan ini didukung fitur 30W VOOC Flash Charge 4.0 yang diklaim mampu mengisi daya 100 persen dalam waktu 56 menit saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain