Review OPPO A54

Reader Rating0 Votes
0
7.6
Cek Harga

Tidak semua pengguna butuh smartphone untuk main game. Sebagian besar pengguna lebih membutuhkan smartphone sebagai alat komunikasi dan penunjang aktivitas, mulai dari bekerja, belajar dan hiburan.

Dan untuk mereka, OPPO menghadirkan A54 sebagai pengganti OPPO A31. Sebuah smartphone yang mudah digunakan dengan desain menarik dan harga yang relatif terjangkau. Berikut ulasannya.

Desain OPPO A54

Walaupun dijual resmi di harga 2,7 juta rupiah, desain OPPO A54 terlihat lebih mahal dari harganya.  Terutama untuk varian Starry Blue berikut yang lebih kentara gradasi warnanya.

Bodi A54 akan bisa berubah warna dan menampilkan bias gradasi warna yang halus jika disoroti cahaya dari berbagai sudut. Ini yang membuat desainnya terlihat mewah dan menyamai ponsel yang lebih mahal harganya.

Jika digunakan tanpa case, bekas sidik jari akan mudah menempel tapi tidak terlalu parah seperti ponsel dengan finishing glossy.

Desain OPPO A54 juga nyaman saat digunakan. Tidak hanya itu, OPPO A54 juga dirancang untuk tahan air. Ponsel ini telah meraih sertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan terhadap semburan air dari berbagai arah seperti cipratan air dari kolam renang atau siraman air hujan yang tidak terlalu deras.

Ini merupakan fitur yang cukup jarang ditemukan di ponsel di kelas harganya.

Layarnya yang besar membuat ponsel ini cocok bagi pengguna usia lanjut yang membutuhkan tampilan berukuran besar. Kualitas layarnya juga cukup baik, walaupun resolusi layarnya masih HD+. Bagi sebagian besar pengguna, resolusi layar ini sudah memadai dan tidak akan mengurangi kenyamaan penggunaan.

Kemudahan penggunaan juga diperhatikan oleh OPPO melalui ColorOS 7.2 yang mudah dimengerti oleh pengguna baru. Bahkan pengguna yang belum pernah memakai ponsel OPPO akan dapat beradaptasi dengan cepat.

Performa OPPO A54

Dengan chipset Mediatek Helio P35, performa OPPO A54 termasuk memadai jika digunakan untuk ngobrol, main sosial media, nonton video streaming serta browsing.

Untuk main game santai seperti Chess atau Candy Crush, OPPO A54 masih bisa diandalkan. Tapi untuk  memainkan game serius yang lebih berat seperti Genshin Impact, OPPO A54 jelas kurang cocok. Kami sarankan Anda beralih ke tipe di atasnya seperti OPPO Reno5F atau Reno5.

OPPO A54 hadir dengan satu kamera utama di belakang dan dua kamera bantuan yaitu kamera makro dan kamera pengukur kedalaman untuk portrait.

Kualitas hasil foto OPPO A54 termasuk baik untuk harganya. Hasil foto terlihat tajam dengan warna cemerlang saat memotret dalam kondisi cahaya ideal seperti terlihat di contoh foto berikut.

IMG20210408112608

Black & White
Black and White

Portrait
portrait

Macro
macro mode

IMG20210408111029

IMG20210408171135

close up

VID20210408170920

Tapi beralih ke kondisi cahaya agak temaram dan malam hari, kualitas fotonya langsung menurun drastis.
Walaupun sudah ada Night Mode, menghasilkan foto malam hari yang tajam dengan OPPO A54 bukanlah hal yang mudah.

Salah satu solusinya adalah menggunakan tripod dan Expert Mode untuk hasil foto malam hari lebih baik. Hasil foto selfie juga sama, bagus di kondisi cahaya terang dan menurun drastis dalam kondisi minim cahaya.

Kualitas video OPPO A54 cukup oke. Sekali lagi jika dalam kondisi cahaya ideal dan langsung menurun drastis dalam cahaya temaram. Berikut hasil rekaman video OPPO A54.

VID20210408111956

VID20210408170920

Daya tahan baterai menjadi salah satu keunggulan OPPO A54.

Dengan pola penggunaan menonton video dan mendengarkan musik cukup sering, serta mengakses sosial media dan ngobrol amat sering, OPPO A54 akan mampu bertahan hingga 16 jam.

Pengisian dayanya juga cukup cepat, dengan fast charging 18W yang dapat mengisi baterai hingga penuh dalam waktu kurang dari 2 jam.

Smartphone Mewah Harga Murah

Jika ditilik dari spesifikasinya, ada beberapa ponsel lain yang memiliki spesifikasi di atas OPPO A54 dengan harga yang sama.

Namun masih jarang ponsel di kelas harganya yang memiliki desain semewah OPPO A54 serta sertifikasi IPX4 untuk ketahanan air.

Dipadukan dengan fitur pintar seperti optimalisasi pengisi baterai saat malam hari, OPPO A54 cocok digunakan bagi pengguna yang menginginkan perangkat komunikasi yang mudah digunakan, berdesain keren dan memiliki harga relatif terjangkau.

Kelebihan OPPO A54

  • Desain mewah dan terlihat lebih mahal dibanding harganya
  • Layar lega
  • Mudah digunakan
  • Hasil foto dan video memadai di kondisi cahaya ideal
  • Baterai tahan lama

Kekurangan OPPO A54

  • Hasil foto dan video malam hari kurang baik
  • Layar masih HD
  • Chipset tidak sekencang pesaingnya

Bagi orang tua

Dengan layar yang lega dan penggunaan yang mudah, OPPO A54 cocok digunakan pengguna lansia. Mengatur ukuran huruf menjadi lebih besar sehingga lebih mudah dilihat juga dapat dilakukan dengan mudah.

Bagi pengguna yang ingin tampil gaya

Desainnya yang mewah juga membuatnya tampil lebih mahal dari harganya. Jika tidak keberatan dengan hasil foto dan spesifikasi yang biasa-biasa, OPPO A54 layak jadi pilihan.

Bagi pengguna yang suka main game

OPPO A54 tidak cocok bagi para gamer hard-core yang ingin memainkan game terbaru dan berat. Tapi jika hanya sesekali main game, ponsel ini masih cukup memadai.

Bagi pengguna yang gemar fotografi

Kamera OPPO A54 cukup baik jika digunakan di kondisi cahaya ideal. Bagi yang suka memotret di malam hari atau kondisi minim cahaya, OPPO Reno5 akan jadi pilihan yang lebih tepat.

 

 

Desain
9
Fitur & Performa
7
Hasil Foto
7
Harga
7.5
Reader Rating0 Votes
0
7.6
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur & Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Artikel lain