Review Canon EOS M50 Mark II

Kamera Mirrorless Pemula yang Ringkas untuk Konten Kreasi

8.5

Di tahun 2018 lalu Canon resmi meluncurkan kamera mirrorless EOS M50. Ini adalah mirrorless pertama Canon yang sanggup merekam video di resolusi 4K. Nah, di tahun ini EOS M50 resmi diperbarui dengan hadirnya M50 Mark II. Apakah EOS M50 Mark II bisa mengulang sukses seperti generasi pertamanya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Canon EOS M50 Mark II

Di sektor desain Canon EOS M50 Mark II terlihat sangat identik dengan generasi pertamanya. Memang tidak ada pembaruan desain yang dibawanya. Kamera ini tetap mempertahankan rancangan bodi ala DSLR yang sangat ringkas dengan grip berukuran besar. Menjadikannya sangat nyaman digenggam, sekalipun dengan satu tangan.

Kamera ini juga telah membawa jendela bidik elektronik OLED. Sangat membantu untuk memotret, apalagi di kondisi pencahayaan yang sangat terang. Selain itu, hadir juga layar LCD 3 inci yang bisa dilipat dan diputar 180 derajat. Jadi, sangat optimal untuk pengambilan swafoto atau digunakan vlogging. Untuk navigasi yang lebih mudah layarnya juga telah mendukung fitur sentuhan.

Untuk mengetahui lebih detil ulasan desain Canon EOS M50 Mark II bisa dilihat di review Canon EOS M50 berikut ini.

Fitur Canon EOS M50 Mark II

Lalu apa yang membedakan EOS M50 Mark II dengan versi orisinilnya? Satu hal yang membedakan ada di fitur yang dibawanya. Meski desain dan spesifikasinya masih sama, lewat pembaruan fiturnya kami merasakan pengalaman penggunaan yang cukup berbeda.

Paling terasa berbeda ada di sektor autofocus. Menurut kami, pembaruan teknologi Dual Pixel Autofocus di EOS M50 Mark II ini membawa dampak yang sangat positif. Selain tetap andal di beragam kondisi pencahayaan, sistem autofocus EOS M50 Mark II kini juga hadir dengan dukungan pelacakan berdasarkan mata atau Eye Detection AF yang telah ditingkatkan.

Saat kami uji kemampuan pelacakan mata EOS M50 Mark II terasa semakin responsif. Cepat dan lebih presisi mengunci mata subyek, sekalipun dari jarak yang agak jauh. Keunggulannya yang lain, kemampuan pelacakan berdasarkan mata subyek ini juga bisa dinikmati di modus foto dan video. Selain Eye Detection AF, kamera ini juga mendukung fitur TAP AF yang bisa digunakan untuk memilih area fokus langsung dengan tap di layar sentuhnya.

Pembaruan fitur kedua ada di modus video. Canon EOS M50 Mark II kini mendukung perekaman video di posisi vertikal. Ideal untuk membuat konten IGTV atau Tiktok yang sedang tren. Bagi pengguna yang ingin membuat konten siaran langsung, EOS M50 Mark II juga mendukung siarang langsung ke platform Youtube.

Performa Canon EOS M50 Mark II

Mewarisi spesifikasi generasi pertamanya, EOS M50 Mark II hadir dengan sensor APS-C yang resolusinya 24 megapixel dan disokong kinerja prosesor Canon DIGIC 8. Di pengujian kali ini kami menggunakan lensa standarnya EF-M 15-45mm IS STM.

IMG_0498

IMG_0532

IMG_0537

IMG_0540

Di pengujian untuk foto, seperti generasi pertamanya EOS M50 Mark II tetap mampu menghasilkan jepretan foto yang jempolan. Kondisi terang ataupun minim cahaya hasil fotonya terlihat tajam, dengan warna dan kontras yang amat baik. Kendali ISO di noise tinggi juga sangat memuaskan. Tingkat ketajaman dan noise masih terkendali dengan sangat baik di pengaturan ISO hingga 6400. Jika mendesak, penggunaan ISO 12800 juga masih bisa diandalkan. Walau noise mulai nampak, tapi tidak mengurangi warna dan ketajaman foto secara keseluruhan. Masih layak untuk dicetak ukuran kecil.

ISO 6400
IMG_0549

ISO 12800
IMG_0551

Hasil foto dari Canon EOS M50 Mark II yang lain tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com berikut ini.

Beralih ke pengujian video, Canon EOS M50 Mark II tetap punya kemampuan rekam video di resolusi 4K dan merekam video gerakan lambat 120p. Hasil rekam video dan audionya juga memuaskan, terutama di resolusi Full HD.

Satu hal yang cukup disayangkan memang masih seperti generasi pertamanya perekaman video 4K mengalami crop 1.5x. Tapi, inipun bukan masalah yang berarti. Kembali ke pengguna masing-masing, bagi kami perekaman video di resolusi Full HD tetap masih sangat cukup untuk sekedar membuat konten.

Seperti yang sudah kami infokan sebelumnya kini perekaman video mendukung autofocus berdasarkan mata subyek atau Eye Detection AF. Fitur ini belum didukung oleh EOS M50 sebelumnya. Keuntungannya sangat terasa saat merekam video secara mandiri seperti saat membuat vlog. Eye Detection AF mampu memastikan Anda tetap fokus sekalipun sedang bergerak.

Kemampuan rekam videonya juga didukung dengan fitur penstabil Movie Digital IS. Sangat berguna untuk membantu mengurangi guncangan agar perekaman video lebih stabil.

Untuk hasil videonya sebagai berikut:
MVI_0473

video vertikal
EOS M50 Mark II Video test-1

Kesimpulan

Tren penciptaan konten mendorong para pabrikan terus berlomba-lomba menghadirkan kamera dengan kemampuan foto dan video yang semakin baik. Andai saja EOS M50 Mark II membawa pembaruan kemampuan rekam video 4K tanpa crop, kamera ini rasanya akan unggul di kelas mirrorles pemula. Jika keterbatasannya tersebut tidak menjadi masalah, dengan harga jual yang mulai 10 jutaan untuk bodi saja dan semua fitur yang dibawanya Canon EOS M50 Mark II tetap sangat wajib untuk dilirik. Terutama, untuk para pemula yang membutuhkan kamera mirrorless dengan kemampuan foto dan video untuk penciptaan konten seperti vlog dan siaran langsung.

Canon EOS M50 Mark II cocok untuk:

Konten kreator pemula: Bagi pengguna yang ingin memulai debut menjadi konten kreator dan tidak mementingkan perekaman video di resolusi 4K, kamera ini sudah sangat mencukupi untuk membuat konten foto dan video yang berkualitas.

Vlogger: Membawa layar sentuh yang bisa dilipat 180 derajat EOS M50 Mark II akan sangat mempermudah untuk membuat konten vlog. Dukungan Eye detection AF juga bisa memastikan Anda tetap fokus saat pengambilan video vlog secara mandiri.

Traveller: Dengan dimensi bodi yang ringkas kamera ini juga sangat ideal bagi pengguna yang sering travelling.

Pemula fotografi: Mudah digunakan dan harga yang relatif murah menjadikannya sangat cocok untuk siapa saja dari pelajar hingga ibu-ibu rumah tangga yang baru mulai ingin belajar fotografi dan membeli kamera mirrorless pertama.

Kelebihan Canon EOS M50 Mark II:
+ Hasil foto dan video memuaskan
+ Mendukung video vertikal
+ Bisa siaran langsung ke Youtube
+ Mikrofon internal bisa merekam audio cukup baik
+ Dimensi sangat ringkas
+ Mudah dan nyaman digunakan
+ Dilengkapi fitur penstabil
+ Mendukung Eye Detection AF di foto dan video

Kekurangan Canon EOS M50 Mark II:
– 4K mengalami crop
– Belum mendukung pengisian baterai melalui port USB

Dengan harga jual yang mulai 10 jutaan untuk bodi saja dan semua fitur yang dibawanya Canon EOS M50 Mark II tetap sangat wajib untuk dilirik. Terutama, untuk para pemula yang membutuhkan kamera mirrorless dengan kemampuan foto dan video untuk penciptaan konten seperti vlog dan siaran langsung.
8.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Artikel lain