Kelebihan dan Kekurangan Huawei Watch Fit Elegant Edition

Huawei baru-baru ini meluncurkan Watch Fit Elegant Edition sebagai penawarannya di ranah smarwatch 1 jutaan rupiah. Hadir sebagai opsi yang lebih elegan dibanding Watch Fit standar, jam tangan pintar tersebut tetap mengusung sederet fitur menarik untuk menunjang gaya hidup sehat.

Nah, kalau Anda berminat untuk meminang Huawei Watch Fit Elegant Edition dalam waktu, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Huawei Watch Fit Elegant Edition

1. Desain mewah dan nyaman dipakai

Huawei Watch Fit Elegant tampil mewah dengan menggunakan frame berbahan stainless steel dalam dua pilihan warna, yaitu Frosty White dengan strap putih serta frame beraksen emas, dan Midnight Black dengan strap hitam serta frame silver.

Satu hal lainnya yang membedakan Watch Fit Elegant dengan versi sebelumnya adalah keberadaan strap berbahan fluoroelastomer. Apa bedanya dengan silikon standar? Material ini lebih tahan panas, tidak lembab, tidak mudah menempel minyak, dan tidak mudah renggang. Fluoroelastomer juga diyakini lebih aman untuk kulit karena tidak akan menimbulkan reaksi alergi.

2. Layar AMOLED dengan Always-On Display

Jam tangan ringan dengan bobot hanya 34 gram ini hadir dengan layar AMOLED berukuran 1.64 inci dan memiliki resolusi 280 x 456 pixel 326 ppi. Tingkat kecerahannya cukup baik dan konten bisa terlihat lumayan jelas meski saya berada di bawah sinar matahari yang terik.

Watch face? Melimpah! Anda bisa mengganti watch face sesuai selera dengan beragam pilihan yang sudah tersedia secara built-in, atau bisa juga mengunduh opsi lainnya melalui aplikasi Huawei Health. Anda pun dapat mengaktifkan Always-On Display meski pilihan tampilannya tidak terlalu banyak.

3. Sensor detak jantung 24 jam

Watch Fit Elegant Edition memiliki fitur heart rate monitoring dengan teknologi Huawei TruSeen 4.0 yang akan mendeteksi detak jantung Anda secara berkala selama 24 jam. Data-data lengkapnya juga bisa Anda lihat di aplikasi Huawei Health.

 

4. Continuous SpO2 monitoring

Salah satu fitur yang mungkin cukup dibutuhkan di masa pandemi seperti sekarang ini adalah Continuous SpO2 untuk memantau saturasi oksigen di dalam darah. Bersifat continuous yang artinya akan terus memantau SpO2 sepanjang hari, bukan hanya ketika Anda menekan tombol seperti pada kebanyakan smartwatch murah.

5. Mode olahraga dengan panduan animasi

Untuk yang gemar berolahraga, Huawei Watch Fit bisa jadi partner yang menarik. Ada 12 animasi panduan olahraga seperti Burn Fat Fast, Full-Body Streatch, Neck & Shoulder Relaxation, Exercise at Work, dan sebagainya. Total ada 96 pilihan mode olahraga.

6. 5ATM: cocok diajak berenang

Perlu diketahui bahwa Huawei Watch Fit Elegant Edition punya rating 5ATM yang artinya tahan air hingga kedalaman 50 meter. Jam tangan pintar ini adalah perangkat yang ideal untuk diajak berenang.

7. Baterai awet

Baterai? Awet! 180 mAh bisa bertahan hingga 10-12 hari tergantung pemakaian. Waktu charging-nya pun tergolong cepat. Ketika baterai tersisa 10 persen, hanya butuh waktu kurang dari 1 jam untuk dapat terisi penuh

Kekurangan Huawei Watch Fit Elegant Edition

1. Dimensi bodi kurang ideal untuk pengguna dengan pergelangan tangan kecil

Karena bodinya yang agak memanjang, menurut kami Huawei Watch Fit Elegant Edition akan kurang cocok dipakai oleh Anda yang memiliki pergelangan tangan mungil.

2. Tidak ada opsi untuk mengangkat telepon

Pesan WhatsApp bisa ditampilkan, tapi tidak ada notifikasi untuk panggilan telepon yang masuk melalui WhatsApp (hanya notifikasi missed call). Untuk panggilan telepon biasa akan muncul notifikasi di layar Watch Fit, namun sayangnya, hanya ada tombol untuk menolak panggilan dan tidak ada opsi untuk menjawab telepon.

3. Magnetic pin untuk charger mudah lepas

Huawei mengandalkan semacam pin magnet untuk menghubungkan jam tangan dengan kabel charger. Sayangnya, magnetnya agak kurang kuat sehingga kabel charger mudah lepas apalagi kalau tersentuh.

4. Strap terbatas

Strap pada Watch Fit Elegant Edition tidak universal. Kalau ingin menggantinya, Anda harus mencari strap yang memang didesain untuk jam tangan tersebut. Sayangnya untuk saat ini Huawei belum menyediakan strap pengganti untuk dibeli terpisah.

5. Tidak bisa menyimpan lagu di storage internal

Huawei Watch Fit Elegant juga bisa Anda gunakan untuk mengontrol musik. Syaratnya adalah harus terhubung ke smartphone dan tidak bisa menyimpan musik di dalam jam tangan. Cukup disayangkan padahal kapasitas storage-nya lumayan besar, 4 GB.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Huawei Watch Fit Elegant Edition. Bagi yang berminat, Huawei Watch FIt Elegant Edition dijual dengan harga Rp1.699.000. Ada dua piliah warna, Frosty White dan Midnight Black.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain