Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Sigma fp L: Mirrorless Full Frame dengan Sensor 61 Megapixel Paling Ringkas di Dunia

Menyusul sukses Sigma fp yang diluncurkan tahun 2019 lalu, Sigma kini mengumumkan fp L. Kamera mirrorless teranyarnya ini tetap mewariskan predikat kamera mirrorless dengan sensor full frame paling ringkas di dunia.

sigma fp L 1

Spesifikasi Sigma fp L

Sekilas tidak ada pembaruan desain yang dibawa fp L. Desainnya terlihat identik dengan Sigma fp. Tapi, jika dicermati dimensi bodi fp L dirancang lebih ringkas.

sigma fp L 3

Dimensi bodi fp L 112.6 x 69.9 x 45.3 mm. Lebih kecil jika dibandingkan Sigma fp yang dimensi bodinya 113 x 70 x 45 mm. Sementara, bobot fp L sedikit lebih berat di angka 427 gram. Sigma fp bobotnya hanya 370 gram. Ini bisa dimaklumi mengingat fp L membawa peningkatan spesifikasi dan tambahan fitur yang cukup signifikan.

Di sektor spesifikasi Sigma fp L kini membawa sensor BSI-CMOS yang resolusinya 61 megapixel. Menggantikan sensor 24.2 megapixel di Sigma fp. Dengan sensor full frame 61 megapixel menjadikannya cukup bersaing ketat dengan Sony a7R IV. Kamera ini juga bisa diandalkan untuk merekam video resolusi tinggi di resolusi 4K 30p dan Full HD di 120p. fp L juga mendukung format MOV H.264 dan CinemaDNG 8-bit, 10-bit, dan 12-bit langsung ke kamera.

Fitur paling menarik dari fp L adalah hadirnya fitur Crop Zoom. Memanfaatkan sensor 61 megapixelnya tersebut fp L bisa melakukan zoom di modus foto atau video. Di modus video kemampuan zoomnya bisa hingga maksimum 5x di resolusi Full HD. Cara kerja Crop Zoom juga sangat menarik. Menurut Sigma, fitur ini tidak mengandalkan zoom digital, tetapi murni langsung di crop dari gambar. Dengan begitu dijamin hasil gambar tidak akan menurun kualitasnya.

sigma fp L 2

Untuk fitur lain di fp L kini telah didukung sistem autofocus hibrid dengan kemampuan pelacakan subyek yang lebih cepat dan presisi di modus foto dan video. Kamera ini juga bisa digunakan sebagai webcam untuk konferensi video atau siaran langsung.

Sebagai tambahan Sigma juga menyediakan aksesoris jendela bidik elektronik yang bisa terpasang di samping bodinya lewat port USB dan HDMI. Jendela bidik elektroniknya ini telah dilengkapi soket untuk memasang headphone.

Harga Sigma fp L

Sigma fp L akan mulai tersedia di pasaran pertengahan April 2021. Harga Sigma fp L US$2499 untuk bodi saja dan US$2999 sepaket dengan aksesoris jendela bidik elekroniknya.

Artikel terkait

Back to top button