Siap Hadir di Indonesia, OPPO Enco X Tawarkan Kualitas Suara Racikan Dynaudio

OPPO Indonesia akhirnya siap menghadirkan TWS kelas premium terbarunya yang pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2020 lalu. Perangkat bernama OPPO Enco X ini merupakan hasil kolaborasi OPPO dengan brand Hi-Fi global ternama, Dynaudio.

Janjikan audio berkualitas tinggi

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Selasa (23/3), OPPO menjelaskan bahwa pihaknya sudah mulai bekerja sama dengan Dynaudio secara intensif sejak tahun 2019 lalu, untuk secara khususnya mengembangkan Enco X.

Patrick Owen selaku Chief Creative Office OPPO Indonesia menjelaskan, OPPO telah mengeksplorasi 30 jenis material berbeda dan 152 komponen, serta melalui 120 modifikasi struktural sebelum akhirnya memutuskan struktur akustik final yang unik untuk OPPO Enco X. Hasilnya adalah kombinasi driver membran yang seimbang dengan driver dinamis yang dibuat dengan struktur koaksial khusus. Menurut Patrick, rancangan seperti ini memungkinkan pengiriman detail audio yang kaya dan canggih.

Dynaudio sendiri adalah brand asal Denmark yang sudah dikenal sejak tahun 1977. Dynaudio diklaim selalu mengedepankan teknologi inovatif, manufaktur presisi, dan cermat dalam menyempurnakan setiap detail untuk menghadirkan produk audio premium terbaik. Konsumen utama Dynaudio adalah mereka yang berkecimpungan di dunia audio dan pengguna Hi-Fi, dengan proporsi pengguna generasi muda cenderung kecil.

Desain dan pengaturan OPPO Enco X dilakukan oleh tim ahli akustik Dynaudio, yang dipimpin oleh kepala ahli akustik Daniel Emonts dengan pengalaman profesional selama 30 tahun di industri audio. Perpaduan penelitian akustik, keahlian, dan ratusan kalibrasi ulang selama bertahun-tahun telah memastikan Enco X dapat mengungkapkan audio terbaiknya.

Segera meluncur di Indonesia

OPPO Enco X didukung sistem akustik eksklusif DBEE 3.0 dengan desain struktur yang inovatif. Perangkat ini diklaim mampu mereproduksi tekstur musik yang kaya dan presisi dengan kualitas Hi-Fi sambil menghadirkan suara yang seimbang dan alami. Sementara konektivitasnya mengandalkan Bluetooth 5.2 yang mendukung codec LHDC, AAC, dan SBC.

Selain itu, fungsi peredam bising earphone berfungsi di semua skenario dan dilengkapi peredam bising aktif ganda ANC, manajemen pengurangan bising bertingkat, dan komunikasi natural dengan mode transparansi. OPPO Enco X juga mendukung pembatalan kebisingan panggilan dengan tiga mikrofon.

Yang lebih menarik, OPPO Enco X memilki latency rendah sehingga ideal untuk berbagai skenario penggunaa. Baterainya pun cukup oke, tahan sekitar 5,5 jam tanpa ANC dan 4 jam ketika ANC aktif. Sementara jika digabungkan dengan baterai pada casing-nya, total daya tahan baterainya mencapai 24 jam. TWS ini juga sudah dibekali teknologi pengisian nirkabel (wireless charging).

Bagi yang berminat, OPPO Enco X dipastikan akan meluncur di Indonesia pada 31 Maret 2021 pukul 19.00 di channel Youtube resmi OPPO Indonesia. Sayangnya OPPO belum memberi bocoran berapa harga jualnya nanti. Kita tunggu saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain