Kelebihan dan Kekurangan OPPO A15s

OPPO A15s dijual di Indonesia sebagai varian yang lebih menggiurkan dari A15 sebelumnya, karena memiliki memori yang lebih besar. Selain itu, OPPO A15s juga menawarkan pilihan warna yang berbeda yaitu Mystery Blue. Sekadar informasi bagi yang belum tahu, smartphone ini dijual dengan harga 2,2 jutaan rupiah.

Nah, kalau Anda tertarik meminang OPPO A15s dalam waktu dekat, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan OPPO A15s

1. Desain bagus dan ramping

OPPO A15s mengadopsi bahasa desain yang sama persis dengan saudaranya, A15. Tampilannya masih terlihat elegan dan khas ponsel masa kini. Dari segi kualitas rancang bangun pun amat baik dan sama sekali tidak terlihat sebagai produk murah. OPPO juga menawarkan warna baru bernama Mystery Blue yang tampil amat menawan dan tidak pasaran.

2. Layar memanjakan mata

OPPO A15s mengusung layar IPS berukuran 6,52 inci dengan resolusi yang masih HD+ saja. Yang pasti layar ini terlihat cukup terang bahkan untuk penggunaan outdoor di bawah sinar matahari sekalipun. Sajian warnanya juga oke. Saya merasa layar OPPO A15s masih amat ideal untuk menunjang berbagai kebutuhan seperti browsing, menonton video, hingga bermain games.

3. Kamera utama oke untuk memotret di kondisi tertentu

OPPO A15s dibekali sensor utama 13 megapixel yang diklaim mampu menghasilkan foto yang tajam dan cerah. Dua kamera lainnya antara lain sensor 2 megapixel dengan lensa makro dan depth sensor 2 megapixel untuk menciptakan foto dengan efek bokeh. Yang menarik, efek bokeh ini bisa dipercantik dengan 6 filter portrait yang unik.

Kamera utama OPPO A15s (6)

Kamera utama OPPO A15s (14)

Kamera utama OPPO A15s (20)

Fitur lain yang dibenamkan OPPO pada kamera A15 adalah Dazzle Color, AI Scene Recognition, 15 filter foto, dan 10 filter perekaman video. Yang terbaru, pengguna disuguhkan fitur baru AI Scene Enhancement yang membuat kamera dapat lebih pintar mengenali objek dengan melakukan optimasi pada 21 adegan berbeda.

Secara keseluruhan kemampuan kamera OPPO A15s cukup memuaskan. Meski termasuk dalam kategori ponsel murah, ternyata foto yang dihasilkan tetap tampak bagus di beberapa skenario pemotretan yang kami lakukan.

4. Baterai cukup awet

Berbekal kapasitas 4.230 mAh, OPPO A15s bisa saya gunakan seharian penuh dengan gaya pemakaian normal. Wajar karena beberapa hardware yang terbenam di dalam ponsel ini memang tidak rakus daya.

5. Performa ideal untuk menunjang kebutuhan sehari-hari dan gaming ringan

OPPO membenamkan chipset MediaTek Helio P35 yang ditemani RAM 4 GB dan storage internal 64 GB. Kinerjanya optimal. Membuka aplikasi dan menelusuri halaman demi halaman pun terasa cukup gegas. Karena memiliki RAM yang lebih besar, saya juga tidak perlu terlalu khawatir ketika melakukan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus.

6. Sensor sidik jari cepat dan akurat

Sensor sidik jari sudah tersedia di OPPO A15s. Kinerjanya pun amat responsif dan mampu mengenali jari dengan cepat serta akurat.

Kekurangan OPPO A15s

1. Performa tidak sekencang pesaingnya

Beberapa ponsel pesaing OPPO A15s sudah dibekali chipset yang lebih kencang seperti Helio G85, Snapdragon 662, dan sebagainya. Itu artinya, performa A15s masih berada di bawahnya.

2. Layar belum Widevine L1

Tanpa sertifikasi Widevine L1, OPPO A15s belum bisa memutar konten dari platform streaming seperti Netflix dengan resolusi HD.

3. Port masih microUSB

Ketika beberapa ponsel entry-level sudah mulai menggunakan port USB Type-C yang lebih modern, sayangnya OPPO A15s masih mengusung port microUSB.

4. Charging kurang cepat

OPPO A15s tidak dibekali kemampuan fast charging yang mumpuni. Karena itu, untuk mengisi daya dari 5 persen hingga 100 persen, waktu yang dibutuhkan bisa mencapai hampir 3 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain