Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9T

Xiaomi menghadirkan Redmi 9T sebagai jagoan terbaru mereka untuk memanaskan persaingan di segmen entry-level. Mengusung spesifikasi yang menggiurkan dan di atas rata-rata para pesaingnya, menurut kami Redmi 9T merupakan salah satu opsi paling menarik untuk Anda yang menginginkan ponsel murah berkualitas.

Nah, jika Anda sudah berencana untuk meminang Redmi 9T dalam waktu dekat, ada baiknya Anda memahami lebih jauh apa saja kelebihan dan kekurangan smartphone 1 jutaan rupiah tersebut. Yuk, langsung saja simak!

Kelebihan Redmi 9T

1. Desain oke, ringan, dan tidak mudah kotor

Xiaomi Redmi 9T hadir dengan tiga pilihan warna, Carbon Gray, Twilight Blue, dan Ocean Green. Tekstur pada back cover dibuat agak kasar sehingga terasa mantap saat dipegang dan bebas sidik jari. Agak kaget karena ternyata bobotnya masih ringan meski baterainya jumbo.

2. Performa mulus, asyik untuk gaming

Berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 662, otomatis Redmi 9T menjadi salah satu ponsel dengan performa kencang di kelasnya. Anda juga dapat memilih antara dua varian memori, yakni 4/64 GB atau 6/128 GB. Dengan kombinasi seperti ini, Redmi 9T cukup mumpuni untuk mengemban tugas sehari-hari. Perpindahan antar aplikasi terbilang mulus dan responsif. Bermain games pun tidak ada kendala berarti, kecuali pada game-game super berat seperti Genshin Impact.

3. Layar Full HD+ dan Widevine L1

Redmi 9T mengandalkan panel IPS 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ lengkap dengan poni minimalis bergaya Dot Drop. Patut diapresiasi karena beberapa ponsel pesaing di kelas harga yang sama sebagian besar masih mengandalkan layar HD+ saja. Asyiknya lagi, Redmi 9T sudah memiliki sertifikasi Widevine L1 sehingga bisa memutar konten Netflix hingga resolusi tinggi.

4. Dual-Speakers

Redmi 9T dibekali dual-speakers yang mampu mengeluarkan suara stereo. Cukup menyenangkan untuk menemani bermain games atau menonton film.

5. Baterai jumbo dan charger 22.5W

Baterai juga wajib diacungi jempol. Kapasitas 6.000 mAh dan dukungan fast charging 18W sudah cukup memuaskan. Daya tahannya mantap untuk pemakaian seharian penuh. Sementara untuk mengisi daya butuh waktu sekitar 2 jam agar dapat penuh 100 persen.

Menariknya lagi, Xiaomi langsung menyediakan charger 22.5W dalam paket penjualan Redmi 9T. Memang kemampuan maksimal dari ponselnya sendiri hanya sampai 18W saja. Tapi dengan memiliki charger 22.5W, Xiaomi berharap para pengguna bisa memanfaatkannya juga untuk mengisi daya perangkat lain.

6. Kamera cukup bagus asalkan cahaya ideal

Xiaomi Redmi 9T memiliki kamera utama 48 MP, kamera makro 2 MP, kamera depth 2 MP, dan satu lagi kamera ekstra dengan lensa sudut lebar 120 derajat 8 megapixel yang sekaligus menjadi pembeda dengan POCO M3. Untuk selfie, Xiaomi kembali membenamkan sensor 8 megapixel.

Kamera utama Redmi 9T (9)

Kamera utama Redmi 9T (5)

Kamera utama Redmi 9T (1)

Ketika pencahayaan ideal, gambar yang ditangkap terlihat tajam dan reproduksi warnanya pun tergolong baik di kelasnya. Kamera ini juga didukung mode Pro. Bukan cuma untuk foto, mode Pro bisa Anda gunakan untuk merekam video. Jadi Anda bisa mengatur secara manual lensa mana yang ingin dipakai, berapa ISO-nya, exposure, focus, shutter speed, dan white balance sesuai kebutuhan.

7. Side-fingerprint sensor

Ya, Redmi 9T memiliki sensor sidik jari yang cukup responsif, dan posisinya berada di samping alias menjadi satu dengan tombol power.

Kekurangan Redmi 9T

1. Hasil foto kamera ultra-wide harus ditingkatkan lagi

Tidak seperti kamera utama, hasil foto menggunakan kamera ultra-wide kurang memuaskan. Detail jauh menurun dan dari segi warna pun kurang oke. Apalagi kalau Anda menggunakan kamera ultra-wide untuk memotret di malam hari dengan Night Mode sekalipun.

2. Kamera depan kurang bagus untuk video

Dynamic range pada kamera depan kurang baik. Anda yang gemar membuat video vlogging mungkin akan sedikit kurang puas dengan hasilnya, khususnya ketika berada di lokasi dengan backlight yang kuat.

3. Akan lebih menarik jika ada stabilization

Mungkin agak berlebihan jika kita menginginkan smartphone 1 jutaan rupiah punya fitur stabilization pada kameranya. Tapi tidak ada salahnya berharap. Bisa jadi di masa depan Xiaomi bakal menghadirkan EIS di ponsel-ponsel kelas entry-level.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Redmi 9T. Bagi yang berminat, Xiaomi Redmi 9T bisa dibeli dengan harga Rp1.899.000 (SRP Rp1.999.000) untuk varian 4/64 GB, dan Rp2.299.000 (SRP Rp2.399.000) untuk varian 6/128 GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain