Review OPPO A15s

Smartphone 2 Jutaan dengan desain menawan

7.3

Dengan harga yang terpaut sekitar 300 ribu rupiah, OPPO menghadirkan A15s sebagai opsi yang lebih menggiurkan dari A15 karena memiliki memori yang lebih besar. Itu artinya, Anda sebagai pengguna bisa lebih leluasa melakukan multitasking, menyimpan file, atau meng-install lebih banyak aplikasi.

Tapi bagaimana dengan kemampuan di sektor lainnya seperti layar, kamera, dan baterai? Dalam artikel review kali ini, saya ingin mengulas apa saja hal menarik yang bisa Anda nikmati di OPPO A15s sebagai smartphone terjangkau dengan harga 2,2 jutaan rupiah. Penasaran? Yuk, langsung saja simak.

Tampil mewah dengan warna Mystery Blue yang menawan

Pembahasan pertama kita fokuskan pada bagian eksterior. OPPO A15s mengadopsi bahasa desain yang sama persis dengan saudaranya, A15. Tampilannya masih terlihat elegan dan khas ponsel masa kini. Dari segi kualitas rancang bangun pun amat baik dan sama sekali tidak terlihat sebagai produk murah.

Anda masih akan menemukan cover belakang yang dihiasi dengan housing kamera berbentuk persegi di pojok kiri atas, serta sensor sidik jari di tengah. Walaupun dari segi fungsi sebenarnya sama, jujur saya pribadi lebih menyukai penempatan fingerprint sensor di samping yang menyatu dengan tombol power. Alasannya sederhana, agar back cover terlihat lebih polos.

Salah satu perbedaan utama dari desain OPPO A15s adalah opsi warnanya. Jika A15 tersedia dalam varian Dynamic Black dan Fancy White, OPPO menawarkan warna baru bernama Mystery Blue yang menurut saya tampil amat menawan dan tidak pasaran.

Finishing glossy pada back cover turut memberikan kesan mewah apalagi saat berkilau ketika terpapar cahaya. Bekas jari memang masih bisa menempel, tapi tergolong minim dan tidak mudah membuatnya terlihat kotor. Meski begitu, menurut saya bodinya sedikit licin.

Sensasi genggaman OPPO A15s lumayan asyik. Dimensi dan bobotnya (175 gram) terasa pas di tangan saya yang berukuran agak besar. Selain itu, ponsel ini juga terbilang tipis karena memiliki ketebalan hanya 7,9mm saja.

Sama seperti kebanyakan ponsel masa kini, OPPO A15s mempunyai housing kamera yang agak menonjol ke luar. Untungnya tonjolannya tidak terlalu berlebihan dan akan mudah terlindungi jika Anda memasang casing bawaan yang sudah termasuk dalam paket penjualan.

Soal port, satu hal yang menurut saya agak disayangkan adalah OPPO A15s masih menggunakan port microUSB. Akan lebih baik jika sudah USB Type-C agar lebih kekinian. Ada pula port audio jack 3.5mm yang posisinya ada tepat di sebelah port microUSB.

Lubang speaker hanya ada satu dan terletak di bagian bawah juga. Sementara untuk ketersediaan slot, Anda bisa memasang dua SIM-card sekaligus dan tidak perlu mengorbankan salah satunyanya jika ingin memasang microSD sebagai storage tambahan.

Layar terang, sajian warna oke

OPPO A15s mengusung layar IPS berukuran 6,52 inci dengan resolusi yang masih HD+ saja. Cukup wajar untuk mengimbangi chipset bawaannya walaupun mungkin agar tertinggal karena beberapa brand pesaing sudah memberikan layar Full HD+ di kisaran harga setara.

Yang pasti layar ini terlihat cukup terang bahkan untuk penggunaan outdoor di bawah sinar matahari sekalipun. Sajian warnanya juga oke. Saya merasa layar OPPO A15s masih amat ideal untuk menunjang berbagai kebutuhan seperti browsing, menonton video, hingga bermain games.

Perlu diketahui pula bahwa OPPO sudah langsung memasang lapisan anti gores di layar A15s. Itu artinya, Anda tidak perlu membeli lagi secara terpisah. Selain itu, sayangnya layar OPPO A15s belum memiliki sertifikasi Widevine L1 untuk memutar konten dari aplikasi streaming seperti Netflix di resolusi HD.

Bisa diandalkan untuk memotret di beberapa kondisi

OPPO A15s dibekali sensor utama 13 megapixel yang diklaim mampu menghasilkan foto yang tajam dan cerah. Dua kamera lainnya antara lain sensor 2 megapixel dengan lensa makro dan depth sensor 2 megapixel untuk menciptakan foto dengan efek bokeh. Yang menarik, efek bokeh ini bisa dipercantik dengan 6 filter portrait yang unik.

Fitur lain yang dibenamkan OPPO pada kamera A15 adalah Dazzle Color, AI Scene Recognition, 15 filter foto, dan 10 filter perekaman video. Yang terbaru, pengguna disuguhkan fitur baru AI Scene Enhancement yang membuat kamera dapat lebih pintar mengenali objek dengan melakukan optimasi pada 21 adegan berbeda.

Kamera utama OPPO A15s (4)

Kamera utama OPPO A15s (6)

Kamera utama OPPO A15s (13)

Kamera utama OPPO A15s (9)

Kamera utama OPPO A15s (17)

Secara keseluruhan saya lumayan puas dengan kemampuan kamera OPPO A15s. Meski termasuk dalam kategori ponsel murah, ternyata foto yang dihasilkan tetap tampak bagus di beberapa skenario pemotretan yang kami lakukan.

Indoor OPPO A15s (4)

Kamera utama OPPO A15s (18)

Dynamic Range OPPO A15s

Detail yang ditangkap terlihat cukup baik ketika cahaya memadai. Reproduksi warnanya cenderung ke arah natural dengan saturasi dan kontras yang tidak diangkat berlebihan. Kalau ingin warna yang lebih mencolok, Anda bisa mengaktifkan Dazzle Color.

Night Mode OPPO A15s (1)

Night Mode OPPO A15s (2)

Memotret di malam hari wajib menggunakan Night Mode. Hasil fotonya masih layak untuk Anda pamerkan di media sosial. Nuansa malam tetap terjaga walaupun detail menurun sebagai konsekuensi peredaman noise.

Video Full HD OPPO A15s (1)

Video Full HD OPPO A15s (2)

Performa mulus untuk pemakaian sehari-hari

OPPO A15s dipersenjatai chipset MediaTek Helio P35 sebagai hardware penunjang performa. Chipset tersebut ditemani RAM sebesar 4 GB LPDDR4X dan storage internal 64 GB, lengkap dengan slot microSD hingga 256 GB.

Kombinasi yang tentunya bukan yang terbaik di kelasnya. Masih ada beberapa ponsel pesaing yang menawarkan chipset lebih bertenaga dan pastinya lebih menyenangkan jika digunakan untuk bermain games.

Namun sepertinya bukan itu yang ingin dikedepankan OPPO lewat A15s. OPPO mungkin ingin menghadirkan smartphone dengan kemampuan yang lebih seimbang di semua sektor, bukan hanya soal kinerja kencang saja.

Helio P35 sendiri menurut saya masih ideal untuk menunjang pemakaian sehari-hari. Kinerjanya optimal. Membuka aplikasi dan menelusuri halaman demi halaman pun terasa cukup gegas. Karena memiliki RAM yang lebih besar, saya juga tidak perlu terlalu khawatir ketika melakukan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Untuk gaming sebenarnya tidak istimewa. Kalau untuk menjalankan game-game kasual yang tidak membutuhkan kinerja grafis tinggi jelas tidak ada masalah. Mobile Legends misalnya, bisa dimainkan dengan lancar di setting grafis High. PUBG Mobile juga oke asalkan Anda bermain di Smooth-Medium.

Bagaimana dengan baterai? Berbekal kapasitas 4.230 mAh, OPPO A15s bisa saya gunakan seharian penuh dengan gaya pemakaian normal. Wajar karena beberapa hardware yang terbenam di dalam ponsel ini memang tidak rakus daya.

Satu kekurangan adalah OPPO A15s belum didukung teknologi fast charging yang mumpuni. Hanya 10W saja dan butuh waktu lama agar baterai bisa terisi penuh hingga 100 persen, yakni sekitar 2 jam 55 menit.

Ideal untuk sekolah online dan penggunaan kasual lainnya

OPPO A15s tidak memposisikan diri sebagai smartphone yang keunggulan pada sektor tertentu saja. Seperti yang saya sebutkan di atas, ini adalah perangkat dengan kemampuan yang seimbang sehingga bisa mengakomodir kebutuhan berbagai kalangan pengguna, misalnya untuk belajar online atau yang gemar foto-foto dan mengakses media sosial.

Bagi yang berminat, OPPO A15s dengan RAM 4 GB dan storage internal 64 GB dijual dengan harga Rp2.299.000.

OPPO A15s cocok untuk:

  • Pelajar dan mahasiswa: OPPO A15s cocok untuk anak sekolah maupun mahasiswa yang membutuhkan perangkat untuk belajar online. Ukuran layarnya besar, baterainya awet, dan masih oke untuk main game ringan seperti Mobile Legends.
  • Ibu rumah tangga: Para ibu rumah tangga bisa menjadikan OPPO A15s sebagai daily driver. Kameranya yang cukup bagus bisa membantu Anda memotret momen seru sehari-hari bersama anak.
  • Pengguna yang aktif di media sosial: Kalau Anda termasuk orang yang lebih sering menggunakan smartphone untuk mengakses media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan sebagainya, maka OPPO A15s merupakan opsi yang menarik untuk Anda.
  • Karyawan: Meeting online menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan di masa pandemi. Dengan layar yang lebar, kamera depan oke, dan baterai yang awet, OPPO A15s cocok untuk Anda yang membutuhkan perangkat untuk WFH.
  • Pedagang online: Keunggulan pada sektor kamera dan daya tahan baterai merupakan kombinasi yang tepat untuk Anda yang memiliki toko online baik di e-commerce maupun Instagram. Dengan OPPO A15s, Anda bisa menjalankan bisnis dengan nyaman dan kameranya bisa Anda manfaatkan untuk memotret dagangan Anda lalu mengunggahnya ke etalase.

Kelebihan OPPO A15s:

  • Desain bagus dan ramping
  • Layar cerah dengan sajian warna yang sedap dipandang
  • Kamera utama oke untuk memotret di siang hari
  • Ada Night Mode
  • Baterai awet
  • Memori lebih besar dari A15
  • Masih ideal untuk gaming kasual
  • Sensor sidik jari cepat dan akurat
  • Banyak fitur bawaan yang menarik seperti Game Space, Quick Return Bubble, dan sebagainya

Kekurangan OPPO A15s:

  • Performa masih di bawah para pesaingnya
  • Belum Widevine L1
  • Port masih microUSB
  • Charging lambat
OPPO A15s
OPPO A15s adalah perangkat dengan kemampuan yang seimbang sehingga bisa mengakomodir kebutuhan berbagai kalangan pengguna
7.3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Artikel lain