Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang OPPO Find X3 Pro

OPPO telah secara resmi mengumumkan kehadiran Find X3 Pro sebagai ponsel flagship terbarunya yang sekaligus menjadi penerus Find X2 Pro. Ada satu hal menarik yang selalu digembar-gemborkan oleh OPPO untuk menggambarkan Find X3 Pro sejak sebelum dirilis hingga akhirnya diperkenalkan secara global. Ya, apalagi kalau bukan smartphone pertama dengan satu miliar warna.

Awalnya kami agak bingung dengan maksud dari satu miliar warna. Karena itu, dalam artikel kali ini kami ingin mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh OPPO Find X3 Pro dengan satu miliar warnanya, termasuk semua hal lainnya yang perlu Anda ketahui sebelum memasukkan ponsel ini dalam daftar belanja selanjutnya. Yuk, langsung saja simak!

[Artikel ini akan terus di-update jika nantinya ada informasi terbaru terkait hardware atau fitur dari OPPO Find X3 Pro]

Full-Path 10-bit Color Management System dan True Billion Color Display

Dua teknologi ini disebut OPPO mampu menyajikan hingga satu miliar warna. OPPO mengklaim dengan warna yang begitu kaya, layar Find X3 Pro dapat memberikan tampilan visual yang memukau dan realistis. Tentunya akan sulit untuk membuktikan klaim tersebut jika tidak melihat layarnya secara langsung.

Yang pasti, layar OPPO Find X3 Pro mengadopsi panel LTPO AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi QHD+. Layar ini dibekali fitur adaptive refresh rate antara 5Hz hingga 120Hz. Itu artinya, layar otomatis menaikkan refresh rate ketika dibutuhkan untuk menampilkan gambar yang lebih halus, dan turun otomatis ke angka yang rendah ketika menampilkan konten yang tidak membutuhkan refresh rate tinggi, sekaligus menghemat daya.

Layar ini memiliki tingkat kecerahan hingga 1300 nits dengan rasio kontras 5.000.000:1. Dua konfigurasi layar yang menurut kami amat menarik dan bikin penasaran. Bahkan, OPPO juga mengklaim layar Find X3 Pro punya tingkat akurasi warna 0,4 JNCD dan sertifikasi A+ dari DisplayMate.

Space Age Design

Kami yakin sebagian besar dari Anda akan menganggap desain OPPO Find X3 Pro unik ketika pertama kali melihatnya. OPPO menyebutnya dengan nama Space Age Design. Di bagian belakang, ada satu lapisan kaca yang menyatu secara menyeluruh hingga ke bagian housing kamera dengan lebih dari 2000 titik control, sehingga diklaim OPPO mampu memberikan kesan futuristik.

Ketebalannya 8,26mm dengan bobot 193 gram. Smartphone ini juga sudah mempunyai sertifikasi IP68 yang artinya tahan air dan debu. Varian Blue Matte sesuai namanya mengadopsi lapisan matte dengan tingkat opasitas 85 persen dan finishing Dual-Tone. Sementara Gloss Black lebih mengedepankan nuansa klasik dan anggun dengan sentuhan akhir yang menyerupai keramik.

Dua kamera Sony IMX766 50 megapixel

OPPO Find X3 Pro menawarkan kamera dengan sensor Sony IMX766 50 megapixel. Yang perlu digarisbawahi, ada dua lensa yang menggunakan sensor ini, yaitu wide-angle f/1.8 dan ultra-wide f/2.2. Keduanya, menurut OPPO, mampu menghasilkan foto dan video dengan satu miliar warna.

Kamera tersebut juga telah didukung OIS, EIS, dan All Pixel PDAF dengan kemampuan penguncian fokus yang cepat di berbagai kondisi cahaya. Dua fitur lainnya yang diunggulkan adalah perekaman video Billion Color 4K 10-bit dan log capture, yang menurut OPPO, cocok digunakan oleh para kreator konten termasuk pembuat film maupun influencer media sosial.

Kamera Microlens dengan pembesaran 60x

Mungkin yang ini terbilang unik. Kalau kebanyakan smartphone masa kini memberikan kamera macro biasa, OPPO Find X3 Pro menghadirkan kamera dengan Microlens yang mampu melakukan pembesaran hingga 60x. Ya, fungsinya kurang lebih mirip dengan mikroskop sehingga Anda bisa menangkap detail yang kecil pada permukaan obyek. Asyiknya lagi, kamera ini dapat merekam video 1080p.

Kamera telephoto dan kamera selfie 32 MP

Selain ketiga kamera di atas, ada pula satu kamera lainnya dengan resolusi 13 megapixel dan kemampuan telephoto 5x hybrid zoom (focal length 52mm). Sementara untuk Anda yang gemar selfie, OPPO Find X3 Pro menyediakan kamera 32 megapixel di depan, yang tersimpan pada lubang kecil di pojok kiri atas layar.

Snapdragon 888 5G

Beralih ke sektor performa, OPPO Find X3 Pro dipersenjatai chipset kelas atas terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888. Sekadar informasi, Snapdragon 888 menggunakan CPU berkecepatan hingga 2.84GHz dan kinerjanya dijanjikan 25 persen lebih kencang dari generasi sebelumnya. Sedangkan GPU Adreno 660 menawarkan performa rendering 35 persen lebih baik.

OPPO Find X3 Pro juga memiliki sistem pendingin vapor chamber ultra-tipis untuk menjaga suhu tetap ideal. Selain itu, chipset Snapdragon 888 sendiri telah dibekali modem dengan Dual-Mode 5G, dan mendukung jaringan NSA serta SA 5G.

Hanya ada satu varian memori

Untuk saat ini, OPPO hanya menyediakan Find X3 Pro dalam satu opsi memori saja, yakni RAM 12 GB LPDDR5 dengan storage 256 GB UFS 3.1. Tidak menutup kemungkinan di masa depan OPPO akan meluncurkan varian yang berbeda jika ada permintaan dari konsumen.

Speaker stereo dengan Dolby Atmos

Dari sektor audio, OPPO Find X3 Pro punya speaker stereo lengkap dengan teknologi Dolby Atmos untuk memberikan kualitas audio yang lebih memanjakan telinga. Ada pula Ambient Sound Detection yang diklaim mampu menciptakan pengalaman layaknya menonton bioskop.

Kapasitas baterai dan teknologi SuperVOOC 2.0

OPPO Find X3 Pro mengandalkan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang dijanjikan dapat menemani aktivitas sepanjang hari. Soal teknologi pengisian dayanya, ponsel ini mengusung SuperVOOC 2.0 60W yang dapat melakukan charging hingga 40 persen hanya dalam waktu 10 menit.

Yang lebih menggiurkan, Anda juga disuguhkan teknologi AirVOOC 30W yang bisa mengisi daya 100 persen dalam waktu 80 menit. Bagi yang belum tahu, AirVOOC adalah fitur pengisian daya nirkabel alias wireless charging.

Sistem operasi ColorOS 11.2

Soal sistem operasi, Find X3 Pro mengadopsi ColorOS 11.2 terbaru berbasis Android 11. OS ini masih membawa fitur-fitur khas masa kini seperti Dark Mode, serta Quick Launch untuk membuka aplikasi favorit dengan cepat. Pengguna juga bisa swipe ke arah kanan untuk membuka menu Sidebar untuk opsi yang lebih banyak dan dapat disesuaikan.

Dengan fitur privasi terbaru Android 11 dan ColorOS 11.2, OPPO Find X3 Pro memungkinkan Anda untuk lebih mengendalikan informasi pribadi. Anda pun dapat menggunakan System Cloner untuk menciptakan dua ruang dalam satu smartphone yang berguna untuk memisahkan dua kehidupan yang berbeda. Game Space? Ada, dan telah dibekali fitur pemantau suhu smartphone.

Color Vision Enhancement

Menurut OPPO, sekitar 1 dari 12 pria dan 1 dari 200 wanita mengidap Deuteranopia atau kekurangan penglihatan warna. Dengan Color Vision Enhancement sebagai bagian dari ColorOS 11.2 di Find X3 Pro, OPPO menciptakan Munsell 100 Hue Test yang lebih komprehensif, menghasilkan satu dari 765 kalibrasi layar dengan koreksi warna optimal yang sesuai untuk setiap mata pengguna.

Kolaborasi dengan Hans Zimmer

Yang satu ini menurut kami tidak kalah unik. OPPO berkolaborasi dengan composer musik ternama, Hans Zimmer, untuk menciptakan nada dering dan notifikasi eksklusif di Find X3 Pro. Hans Zimmer telah terlibat dalam 200 proyek aransemen musik yang berbeda dan memperoleh sejumlah penghargaan termasuk Academy Award, dua Golden Globes, tiga Grammys, American Music Award, dan Tony Award. Kalau Anda menyukai musik di film Batman v Superman: Dawn of Justice, itu contoh karya Hans Zimmer.

Intergrasi dengan OPPO Watch

OPPO juga mengumumkan software terbaru versi 1.6 untuk OPPO Watch yang juga meningkatkan sinergi dengan Find X3 Pro. Ada dua watch face baru yang mencerminkan desain dari Find X3 Pro. Selain itu, OPPO Watch juga dapat dijadikan shutter kamera ponsel tersebut.

Siap hadir di Indonesia

Ya, seperti yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya, OPPO memastikan akan memboyong Find X3 Pro ke Indonesia dalam waktu dekat. Meski begitu, hingga saat ini OPPO masih menutup rapat informasi terkait jadwal peluncurannya di Tanah Air, termasuk bocoran soal harga. Kita tunggu saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain