Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Xiaomi Siap Hadirkan Smartphone dengan Snapdragon 888 di Indonesia

Xiaomi bersama Qualcomm hari ini, Senin (6/3), menggelar acara untuk memperkenalkan lebih jauh tentang chipset kelas atas terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888. Dalam acara yang sama, Xiaomi sekaligus memastikan akan memboyong smartphone dengan chipset tersebut ke Indonesia.

Chipset dengan kemampuan grafis super kencang

Snapdragon 888

Sebagai chipset yang ditujukan untuk ponsel flagship, Snapdragon 888 menawarkan banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya, terutama soal kemampuan grafis. GPU Adreno pada Snapdragon 888 mampu menjalankan game di 144 fps (Frame Per Second) dan mendukung update GPU Driver.

Kenaikan performa dan efisiensi daya dapat mencapai 25 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Chipset dengan fabrikasi 5nm ini menawarkan pengalaman bermain dan kamera yang jauh lebih canggih, begitu pula algoritma kecerdasan buatan lebih kompleks.

ISP Spectra pada Snapdragon 888 dijanjikan 35 persen lebih kencang dibanding generasi sebelumnya. Itu artinya, ISP ini dapat menangkap data foto dan video pada 2,7 gigapixel per detik, atau sekitar 120 foto pada resolusi 12 megapixel.

Peningkatan lainnya ada pada Qualcomm AI Engine generasi keenam dengan prosesor Hexagon yang kini punya kinerja 26 TOPS. Sebagai perbandingan, kinerja pada Snapdragon 865 masih di kisaran 15 TOPS sementara Apple M1 ada di 11 TOPS.

Snapdragon 888 juga dibekali Qualcomm Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga, yang memungkinkan kompatibilitas global dengan menawarkan mmWave dan sub-6 pada seluruh pita-pita besar di dunia, termasuk mendukung 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing. Soal konektivitas lainnya, Snapdragon 888 mengusung WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

Siap jadi yang pertama

Head of PR Xiaomi Indonesia, Stephanie Sicilia, memastikan bahwa Xiaomi akan menjadi yang pertama menghadirkan smartphone dengan Snapdragon 888 di Indonesia. Meski tidak menyebutkan seri mana yang dimaksud, besar kemungkinan ponsel itu adalah Mi 11 Ultra. Apalagi, Xiaomi belum lama ini kedapatan telah mengantongi sertifikasi TKDN untuk model M2102K1G yang disinyalir merupakan Mi 11 Ultra.

Sebelumnya Xiaomi telah mencapai momen “pertama” seperti Redmi Note 8 Pro yang menjadi smartphone pertama dengan kamera 64MP dan chipset Helio G90T di Indonesia, serta seri Mi Note 10 sebagai smartphone dengan kamera 108 MP pertama di Indonesia.

Artikel terkait

Back to top button