Qualcomm Snapdragon Sound: Janjikan Wireless Audio Berkualitas Tinggi dengan Latency Rendah

Perangkat audio nirkabel semakin diminati oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Meski begitu, performa yang dihadirkan saat ini bisa dibilang umumnya belum terlalu optimal. Contohnya dalam hal kualitas audio dan latency. Solusi dari masalah inilah yang coba ditawarkan oleh Qualcomm Snapdragon Sound.

svg%3E

Menurut Qualcomm, Snapdragon Sound merupakan teknologi untuk mengoptimalkan performa audio ketika dinikmati secara nirkabel. Rangkaian inovasi ini dirancang untuk memberikan audio yang mulus dan imersif di seluruh perangkat termasuk smartphone, earbud nirkabel, dan headset.

“Telinga manusia sangat sensitif terhadap gangguan, latensi, dan tantangan lain yang biasanya terjadi saat streaming musik, konferensi video, atau bermain game melalui koneksi nirkabel. Kami ingin memberikan inovasi untuk menyelesaikan masalah konsumen umum di hampir semua titik interaksi audio,” kata James Chapman, vice president and general manager, Voice, Music and Wearables, Qualcomm.

svg%3E

Audio resolusi tinggi 24-bit 96kHz

Yang paling menarik, Qualcomm menyebutkan bahwa Snapdragon Sound dengan Qualcomm aptX Adaptive mendukung audio resolusi tinggi 24-bit 96kHz dengan latensi yang juga dijanjikan sangat rendah. Selain itu Snapdragon Sound juga mengklaim mampu menghadirkan pairing yang lebih baik antar perangkat.

Lebih lanjut dijelaskan, Snapdragon Sound dapat mendukung latensi Bluetooth 89ms atau 45 persen lebih rendah dibanding pesaingnya. Cocok untuk menunjang penggunaan dengan skenario seperti bermain games dan menonton video atau film.

Nantinya, perangkat audio seperti headset atau earbud dengan label Snapdragon Sound akan dipersenjatai SoC Bluetooth Audio dari seri QCC514x, QCC515x, dan QCC3056. Sementara pada ponsel akan dibenamkan FastConnect 6900 mobile connectivity system.

Xiaomi dan Audio-Technica

Xiaomi dan Audio-Technica menjadi dua nama besar yang termasuk dalam jajaran brand pertama yang mengadopsi teknologi Snapdragon Sound. Sayangnya belum ada informasi produk seri mana dari kedua brand tersebut yang akan dirilis dengan label Snadragon Sound. Kita tunggu saja.