[Tips] Menggunakan Fitur SmartThings Find di Samsung Galaxy S21 Series 5G

Dengan sederet hardware kelas atas yang dimilikinya, tidak perlu diragukan bahwa Samsung Galaxy S21 Series 5G memenuhi berbagai kriteria dari sebuah ponsel flagship. Performa super kencang, kamera yang bisa diandalkan di beragam kondisi, hingga desain yang mewah.

Meski begitu, ada sebuah fitur menarik lainnya yang mungkin akan sangat bermanfaat dalam penggunaan sehari-hari, tapi belum banyak dieksplorasi karena memang tergolong masih baru. Fitur yang dimaksud adalah SmartThings Find. Meluncur pada Oktober 2020, SmartThings Find dapat membantu pengguna menemukan semua perangkat Galaxy mereka.

Sekadar informasi, sebelumnya Samsung sudah memiliki fitur Find My Mobile. Yang membuat SmartThings Find berbeda adalah kemampuannya untuk mendeteksi lokasi dari berbagai perangkat Galaxy, dan tidak terbatas pada pencarian smartphone saja.

SmartThings Find memanfaatkan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan Ultra-wideband (UWB). Lewat aplikasinya, pengguna bisa mencai berbagai perangkat Galaxy yang hilang antara lain smartphone, tablet, smartwatch, earbuds, hingga Smart Tag.

Cara menggunakan SmartThings Find

Nah, kalau Anda termasuk pengguna Samsung Galaxy S21 Series 5G, yuk, mulai maksimal fitur SmartThings Find. Berikut langkah-langkah mudahnya:

  1. Buka aplikasi SmartThings Find
  2. Masuk ke akun Samsung Member atau daftar ulang.
  3. SmartThings Find akan secara otomatis menunjukkan setiap perangkat Galaxy yang Anda miliki
  4. Pilih perangkat yang sedang Anda cari
  5. Pada interface tersebut Anda dapat memilih tombol “navigate” dan SmartThings Find akan secara otomatis menampilkan lokasi perangkat
  6. Anda juga dapat memilih tombol “Search Nearby” untuk mengaktifkan fungsi pencarian berbasis AR, atau “Ring” untuk membuat perangkat berdering untuk membantu pengguna menemukan perangkat mereka dengan mudah

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Yang lebih menarik, Anda juga dapat menaruh Galaxy Smart Tag pada benda-benda non-Galaxy seperti kunci, sepeda, tas, dompet, dan lain-lain untuk semakin memudahkan Anda menemukan semua benda tersebut ketika lupa menaruh atau hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain