Review Samsung Space Monitor

7.9
Unik !

Monitor komputer kini menjadi perangkat yang penting di masa pandemi. Dengan monitor yang berukuran besar, aktivitas belajar, bekerja dan hiburan akan berlangsung dengan lebih nyaman.

Tapi tentunya tidak semua rumah memiliki ruangan atau meja yang cukup besar untuk memuat monitor berukuran besar. Untungnya, ada inovasi desain monitor terbaru dari Samsung.

Desain Samsung Space Monitor

Jadi apa yang membedakan Space Monitor ini dari monitor biasa? Perbedaan terbesar adalah absennya stand sebagai penyangga monitor.

Untuk menempatkan monitor di meja, Space Monitor menggunakan clamp atau jepitan. Lalu apa manfaatnya? Dibandingkan monitor berdesain konvensional pada umumnya, Space Monitor akan lebih hemat tempat karena tidak memiliki stand yang menyita ruang di meja. Desainnya juga amat relevan bagi pengguna yang punya meja berukuran pas-pasan atau gemar menaruh banyak barang di meja.

Jepitan Space monitor ini juga fleksibel. Jadi Anda bisa mengatur sudut jepitan hingga 90 derajat, mulai dari tegak lurus, hingga monitor menyentuh meja. Yang perlu diperhatikan, pastikan meja yang akan dipasangi Space Monitor cukup tebal dan kuat agar jepitan tidak mudah terlepas.

Menu dan fitur

Kelengkapan port termasuk minimalis dan kurang lengkap. Tercatat Space Monitor dilengkapi port USB TYpe A, serta input Mini DisplayPort 1.2 dan HDMI 2.0. Semua port diletakkan di belakang sehingga agak susah diraih jika Anda menempatkan monitor terlalu dekat dengan dinding.

Tatanan menu untuk mengatur fungsi Space Monitor ini cukup praktis dan sederhana.

Untuk mengakses menu, kamu bisa menggunakan satu tombol navigasi multifungsi yang berada di bagian belakang. Selain fungsi standar seperti pengaturan kecerahan, ketajaman, serta warna, ada beberapa fitur menarik lainnya.

Salah satunya adalah Eye Saver Mode. Jika aktif, mode ini akan mengurangi cahaya biru atau blue light sehingga mata kita akan lebih nyaman saat berlama-lama memandangi monitor ini. Sedangkan untuk menghemat daya, monitor ini juga punya fitur Eco Saving Plus.

Kemudian ada Game Mode. Walaupn memang tidak dirancang untuk keperluan gaming yang serius, Game Mode pada SPace Monitor ini membantu memaksimalkan kualitas visual saat bermain game kasual.

Selanjutnya, ada fitur PIP (Picture in Picture) dan PBP (Picture By Picture). Fitur ini berguna saat kamu ingin menggunakan dua perangkat sekaligus dengan satu Space monitor. Jadi nanti tampilan di layar akan terbagi dua.

Syaratnya, kedua perangkat tersebut harus terkoneksi dengan input HDMI dan Displayport.  Satu hal yang mudah diatasi dengan adapter yang mudah ditemukan di toko online.

Spesifikasi Space Monitor

Dari sisi spesifikasi, Samsung 32″ SR75 ini cukup menarik. Monitor dengan ukuran 31,5 inci ini memiliki resolusi 4K UHD atau 3840 piksel x 2160 piksel yang tajam.

Dilihat dari fitur spesifikasinya, Space Monitor ini memang lebih cocok untuk kerja serius dan multimedia.

Bahkan Samsung Space Monitor telah mendukung cakupan warna 100% sRGB. Keunggulan ini kami rasakan langsung saat menggunakan monitor ini untuk menyunting foto dan video. Apalagi jika aplikasi diatur untuk menggunakan color gamut sRGB.

Untuk keperluan multimedia seperti menonton video 4K, pengalaman menontonnya juga mengasyikkan. Memang belum ada fitur HDR, tapi tidak terlalu mengganggu sebagian besar pengguna juga mengingat konten HDR yang masih minim tersedia.

Samsung Space Monitor memiliki refresh rate 60Hz dengan response time 4ms. Di atas kertas, spesifikasinya ini kurang memadai untuk main game dengan aksi cepat.  Meskipun begitu, kami tetap mencoba memainkan game di layarnya.

Tampilannya tetap nyaman untuk gaming, selama ekspektasinya tidak terlalu berlebihan. Untuk game dengan aksi cepat seperti Valorant, Apex Legends, PUBG, monitor ini memang kurang nyaman. Tapi untuk game yang lebih santai seperti Civilization VI, Space Monitor masih amat memadai.

Space Monitor: Desain Unik yang Hemat Tempat

Samsung Space Monitor tersedia dalam ukuran 27 inci dan 32 inci, dengan perbedaan resolusi QHD dan 4K. Tidak hanya punya kualitas tampilan baik, desainnya yang unik menjadi salah satu kelebihan. Fleksibiltas yang ditawarkan oleh modul jepitannya juga patut diacungi jempol.

Konsep desainnya yang unik ini memang tidak untuk semua orang. Tapi setidaknya Samsung berhasil memberikan pilihan menarik bagi pengguna yang ingin menata meja kerjanya agar tampak lebih rapi dan minimalis.

Harganya yang 6,7 juta rupiah masih termasuk rata-rata untuk sebuah monitor 32 inci dengan resolusi 4K.

Jadi siapa yang cocok menggunakan monitor ini?

  • Bagi video editor dan photo editor dengan dana terbatas yang butuh monitor 4K berukuran besar, Space Monitor akan dapat memenuhi kebutuhan.
  • Bagi gamer kasual yang punya PC dengan spesifikasi cukup tinggi dan butuh monitor besar harga terjangkau, serta tidak memainkan game aksi cepat, Space Monitor bisa jadi pilihan.
  • Bagi pengguna yang suka menonton film streaming seperti Netflix atau Disney+, fitur Eye Saver Mode akan berguna sekali saat ingin menonton lama-lama.
  • Bagi semua pengguna PC yang mendambakan meja lebih rapi dan tidak didominasi stand monitor, desain jepit unik Space Monitor ini jelas akan menjadi nilai tambah utama.
  • Bagi Anda yang ingin menggunakan satu monitor untuk dua perangkat, fitur PbP dan PiP membuat Space Monitor dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Kelebihan Samsung Space Monitor

  • Layar 4K yang tajam dengan cakupan warna sRGB 100%
  • Desain jepitan monitor yang kuat dan fleksibel
  • Pengaturan menu mudah dimengerti
  • Fitur PIP/PBP yang unik
  • Fitur Eye Saver Mode berguna bagi pengguna yang berlama-lama di depan komputer
  • Harga relatif terjangkau untuk monitor 4K 32 inci

Kekurangan Samsung Space Monitor

  • Kelengkapan port cukup terbatas
  • Tidak ada speaker
  • Belum ada fitur HDR
Review Samsung Space Monitor
Samsung Space Monitor tersedia dalam ukuran 27 inci dan 32 inci, dengan perbedaan resolusi QHD dan 4K. Tidak hanya punya kualitas tampilan baik, desainnya yang unik menjadi salah satu kelebihan. Fleksibiltas yang ditawarkan oleh modul jepitannya juga patut diacungi jempol.Konsep desainnya yang unik ini memang tidak untuk semua orang. Tapi setidaknya Samsung berhasil memberikan pilihan menarik bagi pengguna yang ingin menata meja kerjanya agar tampak lebih rapi dan minimalis.Harganya yang 6,7 juta rupiah masih termasuk rata-rata untuk sebuah monitor 32 inci dengan resolusi 4K.
Desain
9
Fitur
6.5
Kualitas Gambar
7.5
Harga
8.5
7.9
Unik !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Kualitas Gambar
Harga
Final Score

Artikel lain