Rekam Jejak Pengembangan Teknologi 5G di Perangkat OPPO

Meski saat ini sudah banyak brand yang menghadirkan smartphone dengan dukungan 5G, OPPO bisa dibilang termasuk salah satu yang paling awal dalam mengembangkan teknologi tersebut untuk diimplementasikan pada perangkat mereka. Bahkan, OPPO sudah menyiapkan pengembangan 5G sejak tahun 2015!

Dalam artikel kali ini, kami ingin mengajak Anda para pembaca untuk melihat rekam jejak pengembangan 5G di OPPO, dari sejak awal pembentukan tim hingga menjadi seperti sekarang. Yuk, langsung saja simak!

Berawal di tahun 2015

 

 

OPPO memandang 5G sebagai teknologi canggih yang mampu membuat informasi lebih mudah diakses dan lebih personal. Selain itu, melalui 5G OPPO bisa menambahkan keseruan yang interaktif ke dalam aktivitas sehari-hari, dan membuat kehidupan di perkotaan lebih nyaman.

Menurut OPPO, dengan kecepatan yang dapat dijadikan acuan dan tanpa hambatan jaringan secara virtual, 5G adalah sebuah langkah besar ke depan untuk perangkat yang terhubung ke internet. Yang pasti, OPPO ingin selalu berada pada garis depan dalam pembuatan teknologi 5G yang terjangkau dan dapat dinikmati oleh pengguna di seluruh dunia.

Bukti keseriusan OPPO dalam mengembangkan 5G dimulai sejak membentuk tim awal untuk standarisasi 5G pada April 2015 lalu. Sekitar tiga tahun setelah pembentukan tim perdana, atau lebih tepatnya pada Mei 2018, OPPO menggelar demonstrasi teknologi video 5G pertama berdasarkan cahaya berstruktur 3D (3D Structured light).

Pada bulan Agustus 2018 OPPO memimpin dalam pengujian sinyal 5G dan tautan data berdasarkan ponsel yang tersedia secara komersial. Barulah di bulan Oktober 2018, OPPO menjalankan basis internet 5G pada uji komunikasi nirkabel. Inilah pertama kalinya perangkat OPPO terhubung ke jaringan internet 5G dan sukses melakukan pengujian kompatibilitas.

Grup video call di WeChat dengan jaringan 5G

Berlanjut di November 2018, OPPO berhasil melakukan pengujian grup video call menggunakan jaringan 5G di aplikasi WeChat. Tahun 2018 memang menjadi periode penting dalam pengembangan 5G di OPPO. Hingga akhirnya di bulan Desember pada tahun yang sama, OPPO mendemonstrasikan sampel Find X 5G pada Konferensi Mitra Global China Mobile.

Tahun 2019 tak kalah menarik. Di bulan Februari OPPO memboyong teknologi 5G di ajang MWC (Mobile World Congress) Barcelona, serta memperkenalkan ponsel komersial 5G pertama mereka di acara OPPO Innovation 2019. Pada bulan yang sama, OPPO juga berhasil melakukan siaran langsung seluler pertama di dunia pada jaringan 5G dengan smartphone OPPO.

Pada Mei 2019 atau sebulan setelah mengumumkan kolaborasinya dengan Swisscom, OPPO meluncurkan komersialisasi perangkat OPPO Reno 5G pertama untuk pasar Eropa. Di bulan Juli 2019, hotel wisata pertama dengan 5G hadir di Australia. Di bulan November, OPPO juga menciptakan laboratorium pengembangan 5G dengan menggandeng Ericsson sebagai mitra utamanya.

Lalu, bagaimana dengan pengembangan di Indonesia? Sekitar November 2019 lalu, OPPO melakukan uji jaringan 3.5 GHz bersama operator Tanah Air di Batam dengan perangkat Reno 5G. Tidak hanya soal pengembangan, OPPO juga memberikan edukasi kepada masyarakat soal kecanggihan dan manfaat teknologi 5G melalui ajang OPPO 5G Academy.

Ketersediaan smartphone dengan teknologi 5G

Mungkin banyak dari Anda yang beranggapan bahwa OPPO Reno5 5G merupakan perangkat OPPO pertama di Indonesia yang mendukung teknologi 5G. Padahal, OPPO sudah merilis perangkat 5G sejak tahun 2020 lalu melalui seri flagship andalan mereka, yakni OPPO Find X2 dan Find X2 Pro.

OPPO Reno5 5G

OPPO Reno5 5G dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 765G dengan Snapdragon X52 5G Modem-RF System. Sementara Find X2 Series mengandalkan chipset Snapdragon 865 dengan Snapdragon X55 5G Modem-RF System. Meski keduanya sudah ‘5G ready’, pengguna belum bisa menikmati teknologinya karena jaringan 5G sendiri belum tersedia secara komersial di Indonesia.

Untuk saat ini Reno5 5G menjadi perangkat 5G termurah dari OPPO yang bisa dibeli oleh masyarakat Indonesia. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan OPPO akan meluncurkan berbagai ponsel 5G dengan harga yang lebih terjangkau, agar teknologi 5G bisa dinikmati oleh lebih banyak kalangan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain