[Gadget Guide] Xiaomi Redmi 9T dan Poco M3, Pilih Mana?

Xiaomi baru saja meresmikan kehadiran Redmi 9T di Indonesia. Seperti smartphone Xiaomi pada umumnya, Redmi 9T kembali menawarkan spesifikasi yang cukup menggiurkan di kelas harganya, sehingga mampu tampil lebih menonjol dibanding beberap pesaingnya.

Meski begitu, ada satu hal yang mungkin berpotensi membuat Anda para calon konsumen bimbang. Ya, apalagi kalau bukan kemiripan spesifikasi dengan Poco M3. Kalau lembar spesifikasi keduanya disejajarkan, Anda akan menemukan setidaknya 90 persen persamaan antara Redmi 9T dan Poco M3.

Nah, untuk membantu Anda menentukan pilihan mana di antara Redmi 9T dan Poco M3 yang akan dijadikan target belanja, dalam artikel ini kami ingin memberikan sedikit panduan untuk memudahkan Anda membuat keputusan. Yuk, langsung saja simak!

Suka desain yang lebih berani atau elegan?

Pertanyaan pertama yang harus Anda jawab ketika bingung memilih antara Redmi 9T atau Poco M3 adalah Anda lebih suka karakter desain yang seperti apa? Kalau Anda menyukai desain yang lebih menonjol dan terkesan berani, Poco M3 jawabannya. Namun bila Anda ingin tampil lebih elegan, pilihlah Redmi 9T.

Poco M3 memiliki housing kamera belakang di pojok kiri atas yang dipertegas dengan frame berwarna hitam besar dan dihiasi logo Poco. Soal pilihan warna, Poco M3 tersedia dalam opsi Poco Yellow, Cool Blue, dan Power Black.

Xiaomi sendiri menyebutkan bahwa desain Redmi 9T memang dibuat ‘all rounder’ yang artinya bisa ditujukan ke lebih banyak kalangan. Pilihan warnanya antara lain Carbon Grey, Twilight Blue, dan Ocean Green.

Butuh kamera ultra-wide?

Selain desain, perbedaan utama lainnya antara Redmi 9T dengan Poco M3 adalah ketersediaan kamera ultra-wide. Sekadar informasi, kedua ponsel ini memiliki kamera utama 48 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP. Pada Redmi 9T, Xiaomi menambahkan satu kamera ekstra dengan lensa sudut lebar 120 derajat 8 megapixel.

Jadi kalau Anda termasuk orang yang gemar mengabadikan momen dengan tangkapan gambar yang luas, Anda wajib memilih Redmi 9T. Skenario penggunaannya pun beragam. Misalnya ketika Anda ingin melakukan foto grup, Anda dapat menangkap semua orang dalam satu frame memakai kamera ultra-wide. Foto pemandangan pun akan menyajikan perspektif yang berbeda ketika Anda memotretnya dengan lensa ultra-wide dibanding kamera utama.

Harga beda Rp100.000

Dengan perbedaan spesifikasi yang tidak terlalu signifikan, harga jual Redmi 9T dan Poco M3 pun tidak berbeda jauh. Lebih tepatnya, hanya selisih Rp100.000 saja. Poco M3 dijual dengan harga mulai dari Rp1.799.000, sementara Redmi 9T mulai dari Rp1.899.000. Masing-masing untuk varian 4/64 GB.

Itulah mengapa memilih satu di antara Redmi 9T dan Poco M3 menurut kami bukan hal yang sulit. Tinggal tentukan mana desain atau warna yang paling cocok dengan selera Anda, dan apakah Anda butuh kamera ultra-wide atau tidak. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

SpesifikasiXiaomi Redmi 9TPoco M3
LayarIPS 6,53 inci Full HD+ (Gorilla Glass 3)IPS 6,53 inci Full HD+ (Gorilla Glass 3)
SoCQualcomm Snapdragon 662Qualcomm Snapdragon 662
RAM4 GB atau 6 GB4 GB atau 6 GB
Memori internal64 GB atau 128 GB (ada slot microSD)64 GB atau 128 GB (ada slot microSD)
Kamera Belakang48 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP depth + 2 MP macro48 MP + 2 MP depth + 2 MP macro
Kamera Selfie8 MP8 MP
Baterai6.000 mAh6.000 mAh
ChargingFast charging 18WFast charging 18W
Sistem OperasiAndroid 10 (MIUI 12)Android 10 (MIUI 12)
Konektivitas4G LTE, Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, USB Type-C, 3.5mm headphone jack4G LTE, Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, USB Type-C, 3.5mm headphone jack
Sistem KeamananSide fingerprint sensorSide fingerprint sensor
WarnaCarbon Grey, Twilight Blue, dan Ocean Green.Poco Yellow, Cool Blue, dan Power Black

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain