OmniVision OV50A: Sensor 50 Megapixel dengan PDAF 100 Persen

Perusahaan sensor kamera, OmniVision, mengumumkan kehadiran sensor terbaru mereka yang diklaim memiliki cakupan PDAF (Phase Detection AutoFocus) hingga 100 persen. Disebut OmniVision OV50A, sensor ini menjanjikan kemampuan autofocus yang lebih cepat dan simulasi bokeh yang lebih akurat.

Fitur OmniVision OV50A

OmniVision OV50A merupakan sensor gambar 50 megapixel dengan ukuran pixel 1.0-micron dan ukuran sensor 1/1.5-inci. Kemampuan cakupan PDAF hingga 100 persen didukung oleh teknologi Quad Phase-Detection (QPD), sehingga memungkinkan 2×2 phase detection autofocus. Konsep yang mirip dengan teknologi OCL milik Sony dan secara teori akan lebih baik dari solusi Dual Pixel milik Samsung.

Seperti disebutkan di atas, dengan PDAF 100 persen OmniVision OV50A mampu memberikan performa autofocus yang lebih cepat bahkan di kondisi low-light. Selain itu, sensor ini juga mampu mengukur jarak dengan lebih akurat, sehingga efek bokeh yang dihasilkan juga tampak lebih baik.

Sensor ini ditujukan untuk digunakan pada kamera utama atau kamera ultrawide. Meski begitu, OmniVision OV50A juga masih mampu menciptakan foto 2x digital crop zoom di resolusi 12.5 megapixel, serta mendukung pixel-binning dengan output gambar 12.5 megapixel atau video 4K.

Performa HDR-nya juga diklaim lebih bagus. Di mode QPD, OmniVision OV50A bisa menghasilkan video hingga resolusi 8K di 30fps atau 4K di 60fps. Selain itu, nantinya pengguna juga bisa merekam video slow-motion 1080p di 240fps atau 720p di 480fps.

Ketersediaan OmniVision OV50A

OmniVision menjelaskan bahwa sample dari sensor terbaru mereka baru akan dikirim pada kuartal kedua 2021 mendatang. Belum ada informasi soal smartphone mana yang bakal menjadi perangkat pertama dengan sensor kamera OmniVision OV50A. Yang pasti, OmniVision OV50A lebih ditujukan untuk perangkat flagship.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain