Inilah Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 7i

Laptop gaming yang bertenaga memang impian setiap gamer. Jadi, tidak perlu heran jika para pabrikan terus berlomba-lomba menghadirkan laptop gaming dengan spesifikasi kelas atas. Di lini Legion dari Lenovo, Legion 7i, wajib dilirik bagi para gamer yang mengedepankan performa untuk menjalankan game AAA. Nah, sebelum untuk memutuskan membelinya berikut kelebih dan kekurangan dari Lenovo Legion 7i.

Kelebihan Lenovo Legion 7i

1. Performa sangat bertenaga
Legion 7i hadir dengan dua spesifikasi. Bedanya di kartu grafis. Untuk model yang menggunakan prosesor Intel Core i7-10875H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 Super Max-Q 8GB GDDR6 ini performanya memang sangat kencang. RAM dan ruang penyimpanannya juga besar dengan RAM 32GB dan 1TB SSD M.2 2280 PCIe NVMe. Spesifikasinya ini menjadikan Legion 7i tidak hanya cocok untuk gaming kelas atas tapi juga bisa untuk menyunting foto, video hingga rendering 3D.

2. Kapasitas SSD sangat besar dengan slot tambahan untuk ekspansi
Ruang penyimpanan SSD yang dibawanya memang kapasitasnya sudah sangat lapang. Lebih dari itu, Lenovo masih menyediakan satu slot SATA 2.5 inci yang bisa dipasangi HDD atau SSD untuk menambah kapasitas ruang penyimpanannya.

3. Kualitas layar sangat memuaskan

Sebagai laptop gaming, panel layarnya telah mendukung refresh rate 144Hz. Bahkan, layarnya juga kompatibel dengan teknologi Nvidia G-Sync. Selain itu, warnanya juga sangat akurat dengan mendukung standar warna 100% Adobe RGB, HDR400, dan Dolby Vision. Jadi, ideal untuk kebutuhan konten kreasi.

Untuk mengoptimalkan output visual di layarnya, Lenovo menyediakan fitur overdrive yang bisa diakses melalui Lenovo Vantage. Jika diaktifkan fitur ini akan mendongkrak waktu respon layar dari 4 milidetik menjadi 1 milidetik. Hasilnya, tampilan yang tersaji di layarnya bisa terhindar dari efek screen tearing saat sesi gaming berlangsung.

3. Manajemen thermal amat baik dengan kinerja yang relatif senyap

Manajemen thermalnya yang sangat baik. Berkat teknologi pendingin Legion ColdFront 2.0 dan empat lubang port pembuangan panas di bodinya, saat gaming kami hanya merasakan sensasi hangat yang sangat amat sedikit di atas permukaan keyboardnya. Sistem pendinginnya ini juga mampu menjaga kinerja tetap stabil meski digunakan bermain game dalam jangka waktu yang lama.

4. Keyboard sangat nyaman digunakan

Legion 7i membawa keyboard Lenovo TrueStrike. Ukuran tombol-tombolnya sangat pas dan sangat responsif dengan fitur 100% anti ghosting. Keyboardnya juga sudah dilengkapi fitur tahan tumpahan air. Soal kenyamanan keyboardnya ini sama dengan Legion 5 yang pernah kami review sebelumnya. Sangat nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game.

5. Fitur komplit
Untuk sebuah laptop gaming, Legion 7i membawa fitur yang tergolong komplit di kelasnya. Selain sistem pendiingin mutakhir dan layar akurat dengan refresh rate tinggi, di laptop ini masih bisa dtemukan sederetan fitur lain. Seperti misalnya, Webcam yang dilengkapi fitur Trueblock Privacy Shutter, Always on USB-Charge, Lenovo Q-Control untuk mempermudah mengatur performa laptop dengan opsi overclock otomatis, overdrive untuk mengoptimalkan waktu respon layar, Rapid charge untuk isi ulang cepat, hybrid mode untuk menghemat baterai, hingga sektor audio dengan dukungan Dolby Atmos for gaming.

Kekurangan Lenovo Legion 7i

1. Tidak dilengkapi slot kartu memoriSD

Dengan fitur dan performa yang ditawarkan Legion 7i memang nyaris sempurna. Walau begitu, laptop ini belum dilengkapi dengan slot pembaca kartu memoriSD. Jadi, akan cukup merepotkan untuk pengguna yang masih membutuhkan fitur ini seperti misalnya konten kreator.

2. Baterai rata-rata
Membawa spesifikasi yang sangat bertenaga kami memang tidak memasang standar tinggi untuk daya tahan baterainya. Dari pengujian untuk skenario non gaming dengan mengaktfikan pengaturan performa di mode FN+Q Quiet, mengaktifkan hibrid mode, windows power management di opsi battery saver, menurunkan gelap terang layar 30%, menonaktifkan fitur backlit keyboard dan Always On USB charge, terhubung ke WiFi dan digunakan untuk mengetik serta browsing baterainya bisa bertahan nyaris 6 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain