Qualcomm Snapdragon X65 5G: Modem-RF System 5G 10 Gbps Pertama di Dunia

Qualcomm mengumumkan kehadiran modem 5G terbarunya yang diberi nama Snapdragon X65 5G. Satu hal yang amat menarik dari modem ini adalah statusnya sebagai modem-RF System 5G pertama di dunia yang mampu memberikan kecepatan download hingga 10 Gbps.

Fitur Qualcomm Snapdragon X65 5G

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Rabu (10/2), Qualcomm menjelaskan bahwa Snapdragon X65 merupakan solusi modem-to-antenna 5G generasi keempat mereka. Snapdragon X65 adalah Modem-RF System 5G 10 Gigabit dan 3GPP Release 16 pertama di dunia.

Qualcomm mengklaim Snapdragon X65 sebagai lompatan terbesar mereka pada solusi 5G sejak komersialisasi sistem modem-RF pertamanya. Yang paling menggiurkan, Snapdragon X65 dirancang untuk mendukung kecepatan tercepat 5G yang tersedia saat ini, dengan performa nirkabel layaknya fiber dan menggunakan spektrum yang tersedia untuk fleksibilitas jaringan, kapasitas, dan jangkauan yang maksimal.

“Kami meraih pencapaian signifikan dengan Snapdragon X65 5G Modem-RF System, memungkinkan kecepatan konektivitas hingga 10 Gigabit per detik dan mendukung spesifikasi 5G terbaru yang memiliki peran penting dalam berbagai kasus penggunaan 5G baru,” jelas Cristiano Amon, President dan CEO terpilih, Qualcomm Incorporated.

svg%3E

Selain mampu menyuguhkan kecepatan hingga 10 Gbps, Snapdragon X65 juga didukung fitur canggih seperti Qualcomm 5G PowerSave 2.0. Modem ini juga memiliki modul antena Qualcomm 545 mmWave generasi keempat, yang dirancang untuk memperluas cakupan mobile mmWave dan efisiensi daya.

Qualcomm Snapdragon X65 juga merupakan modem dengan teknologi pengaturan antena berbasis AI pertama di dunia. Menurut Qualcomm, penggunaan AI menghasilkan peningkatan akurasi dalam mendeteksi genggaman tangan sebanyak 30 persen dibanding generasi sebelumnya. Peningkatan ini mendukung kemampuan pengaturan antena yang membawa kecepatan data yang lebih cepat, cakupan yang lebih baik, dan umur baterai yang lebih panjang.

Juga luncurkan Snapdragon X62

Selain Snapdragon X65, Qualcomm juga turut memperkenalkan Snapdragon X62, modem-RF System 5G yang dioptimalkan untuk penggunaan umum pada pengaplikasian mobile broadband. Sama seperti X65, Snapdragon X62 berbasis proses 4nm yang efisien dalam hal konsumsi daya. Modem ini mampu memberikan kecepatan hingga 4.4 Gbps.

Soal ketersediaannya, baik Snapdragon X65 maupun Snapdragon X62 saat ini sedang dalam tahap penggunaan sampel oleh OEM dan ditargetkan untuk diluncurkan pada perangkat komersil di tahun 2021.

Verified by MonsterInsights