Mengenal Samsung Galaxy SmartTag, Perangkat untuk Mencari Benda yang Hilang

Bersamaan dengan peluncuran Galaxy S21 Series 5G beberapa waktu yang lalu, Samsung juga turut memboyong Galaxy SmartTag ke Indonesia. Bagi yang belum tahu, ini adalah perangkat berukuran mungil yang berfungsi untuk memudahkan pengguna menemukan lokasi dari benda-benda yang hilang. Seperti apa kecanggihannya?

Fitur Galaxy SmartTag

Galaxy SmartTag merupakan aksesori yang tergabung dalam Galaxy Ecosystem. Perangkat ini bisa terintegrasi dengan aplikasi SmartThings yang nantinya dapat diunduh oleh semua pengguna smartphone Samsung Galaxy, baik dari seri Galaxy A, Galaxy M, Galaxy S, Galaxy Note, dan Galaxy Tab.

Seperti disebutkan di atas, fungsi utamanya adalah untuk mencari benda-benda yang hilang. Jadi ketika pengguna lupa meletakkan sesuatu, menemukan lokasinya akan jauh lebih mudah. Sebagai contoh, SmartTag bisa dikaitkan pada tas, kunci, dompet, koper, atau bahkan hewan peliharaan. Ketika hilang atau lupa di mana menaruhnya, pengguna bisa melacak keberadaannya lewat aplikasi SmartThings.

Saat SmartTag berada jauh dari smartphone selama 30 menit, perangkat dengan BLE (Bluetooth Low Energy) ini akan memberikan sinyal kepada SmartThings Find di perangkat-perangkat Galaxy di sekitarnya, yang kemudian mengirimkan sinyal tersebut ke perangkat Galaxy pengguna, Sebaliknya, SmartTag juga dapat digunakan untuk menemukan lokasi dari smartphone yang terhubung dengannya.

Yang lebih menarik, SmartTag punya fitur bernama Private ID untuk memastikan bahwa sepanjang SmartTag mengirimkan sinyal BLE, ia akan membentuk sebuah ID rahasia yang terus berubah agar membuat data-data pengguna tetap terjaga. Hasilnya, Galaxy SmartTag bisa ditemukan melalui perangkat Galaxy lainnya tanpa perlu takut data-data pribadi diketahui orang lain.

Baterai Galaxy SmartTag

Dalam acara temu pers secara online pada Rabu (10/2), Leo Hendarto Marathon selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, SEIN, menjelaskan bahwa SmartTag mengandalkan baterai untuk bisa bekerja. Baterainya sendiri tidak bersifat isi ulang, melainkan seperti baterai jam tangan yang harus diganti kurang lebih sekitar 1 tahun sekali. Leo memastikan baterai untuk SmartTag bisa dibeli di mana saja dan cara menggantinya pun mudah.

“Galaxy SmartTag hadir untuk menjadi solusi dalam mengorganisir dan melacak di mana barang berharga yang dimiliki tanpa harus mengorbankan waktu berharga Anda. Cukup mengaitkan Galaxy SmartTag pada barang penting Anda, maka lokasinya tinggal dilacak kapanpun lewat smartphone Galaxy yang dimiliki, via aplikasi SmartThings. Anda dapat menemukan barang penting yang hilang kapan saja dan di mana saja, serta tetap tenang beraktivitas tanpa harus merasa takut kehilangan barang yang anda sukai atau butuhkan,” jelas Leo.

Cara menggunakan SmartTag

Dari segi penggunaan, SmartTag termasuk perangkat yang sederhana. Hanya ada satu tombol pada perangkat ini. Yuk, simak langkah-langkah mudah untuk menggunakan SmartTag:

  1. Kaitkan SmartTag pada benda-benda yang rawan hilang, misalnya kunci, dompet, tas, dan sebagainya.
  2. Download aplikasi SmartThings di smartphone Samsung Galaxy Anda.
  3. Tekan tombol pada SmartTag agar terkoneksi dengan smartphone. Nantinya, secara otomatis Galaxy SmartTag aktif dan mengirim notifikasi “Tag in Devices Connection” pada aplikasi SmartThings.
  4. Saat hendak mencari benda yang hilang, pilih “Search Nearby” pada SmartThings Find maka secara langsung SmartTag terkoneksi untuk mengaktifkan “Find Mode”.
  5. Pada smartphone Galaxy Anda akan muncul grafik lingkaran berwarna hijau yang akan berubah lebih besar jika keberadaan SmartTag dengan Anda semakin dekat.
  6. Jika masih sulit menemukan benda tersebut, pilih “Ring” agar SmartTag mengeluarkan suara sehingga Anda lebih mudah mencarinya dengan mengikuti sumber suara tersebut.
  7. Sebaliknya, jika Anda lupa meletakkan smartphone, tekan tombol pada SmartTag sebanyak dua kali untuk menghidupkan notifikasi suara di smartphone ataupun tablet Galaxy Anda.

Harga Galaxy SmartTag

Bagi yang berminat, Samsung Galaxy SmartTag telah tersedia di Indonesia dengan harga Rp399.000. Varian warnanya hanya Hitam saja. Perlu digarisbawahi, untuk saat ini SmartTag hanya kompatibel dengan smartphone Samsung Galaxy saja. Samsung menyebutkan untuk sekarang belum ada rencana untuk memungkinkan perangkat tersebut bisa terhubung dengan ponsel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lain