Review Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Reader Rating2 Votes
6
9.1
Cek Harga

Lebih awal dari biasanya, Samsung memperkenalkan Galaxy S21 Series di bulan Januari 2021. Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, seri S biasanya diperkenalkan Samsung di bulan Maret. Jadwal yang lebih maju ini membuat Samsung Galaxy S21 Series sebagai smartphone flagship pertama di tahun 2021.

Sekilas, spesifikasi kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G tidak berbeda jauh dengan kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Tapi saat dicoba memotret dan merekam video, ternyata peningkatan kualitas cukup terasa.

Kinerja lebih gegas

Hal pertama yang dirasakan adalah peningkatan kinerja, baik saat memotret maupun merekam video. Menavigasi menu aplikasi kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G terasa begitu lancar dan nyaris tidak ada hambatan. Layarnya juga terlihat lebih terang, terutama di luar ruangan di bawah pancaran sinar matahari terik. Kami masih dapat melihat layarnya dengan jelas dan nyaman.

Tatanan menu juga intuitif dan mudah dimengerti, dengan opsi-opsi dasar yang mudah diakses dari sisi atas layar seperti pengaturan aspect ratio, mengaktifkan Super Steady, memilih filter warna dan sebagainya.

Kualitas foto Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Tidak ada kejutan di sini. Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra mampu menangkap foto dengan amat baik di kondisi cahaya ideal, dalam berbagai setting zoom.

Memang ada sedikit penurunan exposure, detil dan ketajaman gambar saat menggunakan kamera ultra wide dan zoom. Tapi kekurangan ini hanya tampak jika hasil foto diperbesar hingga 100% di layar komputer yang besar. Pengaturan zoom juga dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa memilih setting zoom yang sudah ditentukan mulai dari 0,6x, 1x, 3x, hingga 10x zoom atau mengatur zoom sendiri dengan cara mencubit layar.

Berikut perbandingan hasil foto Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dalam beragam setting zoom.

ultra wide

1x zoom

3x zoom

10x zoom

space zoom 100x

Kualitas foto terbaik memang ada di kamera utama (1x zoom), tapi kamera Ultra Wide dan Telephoto Galaxy S21 Ultra 5G sudah lebih baik dari seri terdahulu. Bahkan zoom digital 30x juga terlihat baik di dalam kondisi cahayai deal. Jika tangan Anda cukup stabil saat memotret, hasilnya akan tajam, seperti terlihat dari contoh foto berikut.

Ultra Wide
ultra wide

3x zoom
3x zoom

30x zoom
10x zoom

Juga ada mode 108 megapixel yang sebenarnya tidak akan terlihat lebih unggul dalam hal detil dan ketajaman jika hanya dilihat di layar. Manfaat hasil foto 108 megapixel ini baru terasa jika Anda ingin mencetak hasil foto dalam ukuran yang sangat besar. Berikut contoh hasil foto 108 megapixel Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

108 megapixel

Untuk kondisi minim cahaya, Samsung Galaxy S21 Ultra juga punya performa yang cemerlang. Hasil foto dalam setting 1x zoom dan 3x zoom terlihat amat baik, terutama jika menggunakan Night Mode. Hasil foto malam hari dengan kamera ultra wide terlihat memilih exposure yang lebih gelap dari kamera utama, dengan penurunan saturasi warna dan ketajaman. Tapi masih lebih baik dibandingkan hasil foto Note 20 Ultra keluaran tahun lalu. Berikut contoh hasil foto malam hari Samsung Galaxy S21 Ultra 5G tanpa penyuntingan.

ultra wide night mode

1x zoom night mode

3x zoom night mode

10x zoom night mode

Satu fitur fotografi baru yang amat berguna adalah Focus Enhancer. Dengan Focus Enhancer aktif, kamera akan meningkatkan area depth of field sehingga obyek yang dipotret akan terlihat tajam secara keseluruhan. Berikut perbandingan hasil foto dengan Focus Enhancer aktif dan non aktif.

Focus Enhancer aktif

Focus enhancer on

Focus Enhancer tidak aktif

Focus enhancer off

 

Jadi hasil fotonya akan tajam di seluruh obyek, bukan hanya tajam sebagian kecil seperti yang dialami saat memotret dari jarak dekat dengan Galaxy Note 20. Hasil foto dengan Focus Enhancer aktif memang lebih kental efek penajaman tapi setidaknya obyek juga terlihat lebih jelas. Jika ingin efek bokeh terlihat terasa, Anda tinggal mematikan Focus Enhancer ini.

Kualitas video Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Videografi menjadi salah satu fitur yang dibanggakan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Memang smartphone ini dapat merekam video hinggga resolusi 8K, tapi selain ukuran file menjadi sangat besar, video 8K akan berat saat disunting maupun diputar. Realistisnya, pengguna dianjurkan merekam dalam resolusi 4K dan Full HD, yang sudah mendukung hingga 60fps. Berikut contoh hasil video dalam berbagai resolusi.

Video 8K

8K video

Video 4K

4K video

Kualitas tangkapan video di kondisi cahaya berlimpah juga amat baik, dengan rentang dinamis yang luas, saturasi warna yang cukup matang tapi tidak berlebihan serta ketajaman yang baik. Anda dapat memainkan zoom hingga 20x zoom saat merekam video, tanpa harus menghentikan proses perekaman.

Tidak hanya kualitas gambar, kualitas rekaman suara dari mikrofon internalnya juga jelas dan jernih. Menariknya, Anda bisa menggunakan Galaxy Buds Pro sebagai mikrofon eksternal melalui koneksi Bluetooth untuk kualitas rekaman suara lebih baik lagi.

Bagi yang ingin merekam sambil berjalan atau bergerak cepat, tersedia fitur Super Steady yang cukup stabil. Gerakan kaki saat berjalan juga dapat distabilkan walaupun masih terlihat sedikit jika Anda berjalan agak cepat. Tapi guncangan akibat menggeser kamera ke samping dapat dinetralisir dengan amat baik. Jika mengaktifkan Super Steady, resolusi video maksimum akan turun menjadi Full HD 60fps. Seperti terlihat, kualitas videonya masih amat baik untuk beragam keperluan, termasuk untuk channel YouTube yang serius.

Super Steady

Fitur keren lain yang dimiliki Samsung Galaxy S21 Ultra 5G adalah Director’s View. Dengan fitur ini, Anda bisa merekam video dari kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan. Ada beberapa setting tampilan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Anda juga bisa berganti setting zoom saat merekam dalam mode ini, dengan pilihan di sisi kanan.

Director’s View ini akan berguna bagi Anda yang ingin merekam momen seru saat mukbang bareng teman atau jalan-jalan di tempat menarik, atau hanya sekedar merekam video bareng saat sedang nongkrong dengan pacar. Berikut contoh hasil video dengan mode Director’s View.

vlogger mode - director's view

Bagi yang serius ingin membuat film pendek atau vlog keren, akan terbantu dengan fitur Pro Video. Sama seperti Pro Mode untuk fotografi, Pro Video ini memberikan pengaturan setting manual saat merekam video. Pengaturan yang diberikan amat lengkap, mulai dari autofocus, setting ISO, setting shutter speed, setting White balance, hingga mikrofon. Yang unik tentunya adalah pengaturan mikrofon. Anda bisa mengatur mikrofon untuk menangkap suara dari arah depan atau belakang atau semua arah.

Berikut contoh perekaman video dalam mode Pro Video. Perhatikan perubahan white balance yang kami ubah saat sedang merekam video.

Pro video

Fitur menarik lainnya adalah Portrait Video yang dapat diaktifkan di kamera belakang maupun belakang. Prinsipnya sama seperti mode Portrait. Kamera akan dapat mendeteksi wajah subyek dan memisahkannya dari latar. Kemudian Anda bisa memilih beragam efek, mulai dari efek bokeh, efek color point yang membuat latar hitam putih atau efek glitch yang memberikan vibe retro tahun 80an di hasil video.

Smartphone terbaik Samsung saat ini


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G membawa banyak peningkatan yang kentara jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Kualitas foto dan video yang lebih baik, ditunjang fitur-fitur videografi yang canggih dan unik, menjadikan smartphone ini amat menyenangkan bagi penggemar foto video. Dipadukan dengan kualitas tangkapan suara yang baik, Samsung Galaxy S21 Ultra akan bisa diandalkan sebagai perangkat harian pencipta konten serius.

Jadi siapa saja yang akan cocok menggunakan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G?

Bagi Anda yang ingin lebih kreatif merekam foto dan video saat menciptakan konten video untuk tiktok atau youtube, atau yang ingin punya smartphone dengan hasil foto video terbaik, serta tidak keberatan dengan bandrol harganya, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G layak menjadi pilihan.

Kelebihan kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

  • Hasil foto kamera utama amat baik di segala kondisi cahaya
  • Hasil foto kamera ultra wide amat baik di kondisi cahaya berlimpah
  • Hasil foto kamera telephoto amat baik hingga 30x zoom di kondisi cahaya berlimpah
  • Hasil foto dari kamera depan termasuk baik
  • Noise minim saat memotret dengan Night Mode
  • Director’s View unik dan kreatif
  • Tangkapan audio dari mikrofon internal amat baik
  • Mendukung Galaxy Buds Pro sebagai mikrofon eksternal via Bluetooth
  • Super Steady efektif meredam guncangan tangan untuk hasil video yang mulus
  • Efek Portrait Video beragam
  • Super Slow-mo yang praktis
  • Kinerja gegas untuk beragam fitur berat seperti Single Take
  • Bisa mengatur jenis foto dan video untuk fitur Single Take 
  • Mode Pro Video yang mudah digunakan
  • Dukungan S-Pen untuk kemudahan penyuntingan video dan foto

Kekurangan kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

  • Bodi ponsel cukup hangat jika merekam video resolusi tinggi lebih dari 10 menit
  • Hasil foto dari kamera ultra wide di kondisi cahaya temaram kurang oke
  • Hasil foto Space Zoom atau zoom digital 100x kurang jelas dan tidak tajam
  • Beberapa foto di mode Single Take kurang fokus
  • Modul kamera belakang menonjol sehingga wajib memakai case
  • Dalam beberapa kondisi, Night Mode hanya memberi sedikit perbedaan dibandingkan mode Auto
  • Beberapa efek Portrait video masih kurang rapi
  • Hasil video 8K masih terlalu berat untuk disunting dan diputar
  • Belum mendukung 4K saat menggunakan Super Steady
  • Selain ukuran gambar, tidak ada perbedaan kualitas foto saat memotret dalam mode 108 megapixel
Bagi Anda yang ingin lebih kreatif merekam foto dan video saat menciptakan konten video untuk tiktok atau youtube, atau yang ingin punya smartphone dengan hasil foto video terbaik, serta tidak keberatan dengan bandrol harganya, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G layak menjadi pilihan.
Fitur
9
Performa
9
Hasil Foto
9
Hasil Video
9.5
Reader Rating2 Votes
6
9.1
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fitur
Performa
Hasil Foto
Hasil Video
Final Score

Artikel lain