[Gadget Guide] OPPO Reno5 dan Reno5 5G, Pilih Mana?

Duo smartphone terbaru OPPO telah resmi masuk Indonesia. Ya, apalagi kalau bukan Reno5 dan Reno5 5G. Terpaut harga sekitar 2 juta rupiah, kedua ponsel ini memiliki keunggulannya masing-masing di kelasnya. Walaupun demikian, ada pula beberapa kesamaan baik dari segi hardware maupun fitur.

Lalu, smartphone mana yang harus Anda pilih? OPPO Reno5 atau Reno5 5G? Dalam artikel kali ini kami ingin memandu Anda agar lebih mudah menentukan mana dari kedua perangkat tersebut yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, langsung saja simak:

1. Dukungan jaringan 5G

Satu hal yang paling membedakan antara OPPO Reno5 dan Reno5 5G tentunya adalah ketersediaan teknologi yang mendukung jaringan 5G di Reno5 5G. Untuk Reno5, dukungan jaringannya hanya sampai 4G LTE saja. Manfaat dari teknologi 5G sendiri antara lain downlink dan upload yang lebih cepat serta latency yang lebih rendah.

OPPO Reno5 5G

Yang wajib digarisbawahi, untuk saat ini layanan 5G belum tersedia di Indonesia dan belum ada kepastian pula kapan masyarakat mulai bisa menikmatinya. Dalam ajang OPPO 5G Academy, baik OPPO, Qualcomm, dan Smartfren selaku penyedia layanan mengaku sudah siap dengan teknologi 5G. Kita tunggu saja seperti apa rencana pemerintah ke depannya.

Meskipun belum bisa digunakan di Indonesia, Anda tetap bisa menikmati koneksi 5G menggunakan OPPO Reno5 5G ketika bepergian ke luar negeri. Itu artinya, jika Anda termasuk orang yang sering mengunjungi negara-negara yang sudah memiliki layanan 5G komersial, Reno5 5G merupakan pilihan yang lebih menarik.

Bagi yang jarang bepergian ke luar negeri, untuk saat ini OPPO Reno5 dengan dukungan jaringan 4G LTE sudah amat mencukupi. Namun bila Anda menginginkan perangkat yang ‘future proof’, Reno5 5G tetap patut dipertimbangkan. Jadi ketika nanti 5G resmi meluncur di Indonesia, smartphone Anda sudah siap.

2. Anda seorang gamer yang butuh performa tinggi?

OPPO Reno5 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G, sedangkan Reno5 5G hadir dengan Qualcomm Snapdragon 765G. Dari segi performa, jelas OPPO Reno5 5G lebih kencang. Cocok untuk Anda yang gemar memainkan game-game dengan kebutuhan grafis tinggi, misalnya Genshin Impact.

Snapdragon 720G pada OPPO Reno5 sendiri juga bukan chipset sembarangan. Walaupun kinerjanya masih di bawah Snapdragon 765G, Snapdragon 720G tetap mampu memberikan kemampuan gaming yang memadai untuk bermain Mobile Legends, Arena of Valor, Wild Rift, PUBG Mobile, dan sebagainya. Meski begitu, pada beberapa judul game chipset ini kurang ideal untuk bermain di setting grafis paling tinggi.

3. Fitur kamera Reno5 lebih komplit (untuk saat ini)

OPPO Reno5 menjadikan fitur kamera, khususnya videografi, sebagai penawaran utamanya. Anda bisa lebih kreatif saat menciptakan konten dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti AI Highlight Video, AI Mixed Portrait, Dual-View Video, AI Color Portrait Video, AI Monochrome Video, dan sebagainya. Simak video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut soal fitur videografi OPPO Reno5:

Perlu diketahui bahwa meski mengusung konfigurasi kamera yang sama, beberapa fitur tersebut belum tersedia di OPPO Reno5 5G, contohnya AI Mixed Portrait dan AI Color Portrait Video. Ada kemungkinan OPPO baru mengoptimalkan semua fitur keren ini untuk berjalan maksimal dengan Snapdragon 720G. Karena itu, butuh sedikit penyesuaian ketika fitur serupa akan diimplementasikan pada Reno5 5G yang memakai Snapdragon 765G. Bisa jadi dalam waktu dekat OPPO akan merilis update agar semua fitur videografi andalannya juga bisa dinikmati oleh pengguna Reno5 5G.

4. Butuh slot microSD?

Kedua smartphone terbaru OPPO ini sama-sama dibekali storage sebesar 128 GB. Bedanya, pada Reno5 Anda bisa memperluas ruang penyimpanan dengan memasang microSD lewat slot yang tersedia. Sayangnya OPPO Reno5 5G tidak memiliki slot microSD. Jadi kalau Anda adalah seseorang yang gemar menyimpan banyak file besar di ponsel seperti foto dan video, Reno5 bisa menjadi pilihan.

Sementara jika Anda adalah orang yang rajin mengelola penggunaan storage smartphone dan memiliki cadangan penyimpanan lainnya misalnya di cloud (Google Drive, Dropbox, dsb) atau PC, tidak akan ada kendala meski Reno5 5G tidak dapat dipasang kartu memori.

5. Kemampuan charging sama-sama kencang

OPPO Reno5 dipersenjatai teknologi 50W Flash Charge, sedangkan Reno5 5G 65W SuperVooc 2.0. Di atas kertas pastinya OPPO Reno5 5G lebih unggul. Tapi jangan anggap remeh kecepatan pengisian daya 50W Flash Charge di Reno5. Untuk dapat terisi 100 persen hanya butuh waktu kurang lebih 48 menit!

Reno5 5G SuperVOOC 2.0

6. Berapa budget Anda?

Pertimbangan terakhir tentunya soal budget. Jika Anda tidak keberatan dengan banderol Rp6.999.000, langsung saja pilih OPPO Reno5 5G. Namun apabila dana Anda lebih terbatas, meminang OPPO Reno5 yang dijual dengan harga Rp4.999.000 pun tetap menggiurkan.

7. OPPO Reno5 dan Reno5 5G: cocok untuk siapa?

Intinya semua kembali pada kebutuhan Anda masing-masing. Meski budget mencukupi, tapi kalau Anda adalah seorang gamer casual, suka membuat konten terutama video, belum butuh 5G, dan lebih mementingkan keberadaan slot microSD, memilih OPPO Reno5 yang harganya lebih terjangkau adalah keputusan yang bijak.

Sebaliknya, kalau Anda termasuk gamer hardcore yang butuh performa ekstra, gemar menikmati game di pengaturan grafis paling tinggi, dan menginginkan smartphone dengan dukungan teknologi terkini (5G), OPPO Reno5 5G jawabannya. Semoga artikel kali ini bisa memandu Anda dalam menentukan pilihan.

SpesifikasiOPPO Reno5OPPO Reno5 5G
LayarAMOLED 6,4 inci Full HD+ 90HzAMOLED 6,4 inci Full HD+ 90Hz
SoCQualcomm Snapdragon 720GQualcomm Snapdragon 765G
RAM8 GB8 GB
Memori internal128 GB (ada slot microSD)128 GB (tidak ada slot microSD)
Kamera Belakang64 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP makro + 2 MP mono64 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP makro + 2 MP mono
Kamera Selfie44 MP32 MP
Baterai4.310 mAh4.310 mAh
Charging50W Flash Charge65W SuperVooc 2.0
Sistem OperasiColorOS 11.1 (Android 11)ColorOS 11.1 (Android 11)
Konektivitas4G LTE, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, USB Type-C, NFC, 3.5mm headphone jack5G, 4G LTE, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, USB Type-C, NFC, 3.5mm headphone jack
Sistem KeamananIn-Display fingerprint sensor, Facial RecognitionIn-Display fingerprint sensor, Facial Recognition
WarnaStarry Black, Fantasy SilverStarry Black, Galactic Silver

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain