Review Gaming OPPO Reno5

7.8

OPPO Reno5 memang mengedepankan sektor kamera, khususnya kemampuan videografi, sebagai nilai jual utamanya. Meski begitu, smartphone seharga 4 jutaan rupiah ini ternyata juga asyik saat diajak bermain games. Bukan hanya karena hardware-nya yang cukup mumpuni untuk menjalankan judul-judul populer, tapi juga karena OPPO membenamkan beragam fitur untuk memberikan pengalaman yang lebih baik ketika bermain.

Dalam artikel kali ini kami secara khusus ingin membahas seperti apa performa dari OPPO Reno5 dalam urusan gaming. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya:

Spesifikasi OPPO Reno5

Sebelum membahas lebih jauh, tentunya kami ingin menjelaskan terlebih dahulu apa saja hardware yang dibenamkan oleh OPPO untuk menunjang performa dari Reno5. Chipset yang digunakan masih sama dengan Reno4, yakni Qualcomm Snapdragon 720G 8nm. Walaupun begitu, chipset ini terbilang masih handal untuk menjalankan game dengan lancar.

Snapdragon 720G pada OPPO Reno5 ditemani RAM 8 GB LPDDR4x berkecepatan 1866 MHz dan storage 128 GB. Jika ruang penyimpanannya dirasa masih kurang, pengguna bisa menambahkan microSD hingga kapasitas 256 GB. Sementara di sektor daya OPPO mengandalkan baterai sebesar 4.310 mAh lengkap dengan teknologi 50W Flash Charge.

Untuk urusan visual, OPPO Reno5 mengandalkan layar sebesar 6,4 inci dengan panel AMOLED Full HD+ yang memiliki refresh rate 90Hz dan tingkat sentuh 180Hz. Layar 410 PPI ini mampu menampilkan gambar dengan tajam dan menawarkan tingkat kecerahan yang amat baik (hingga 600 nits di bawah sinar matahari). Bezelnya pun tipis, sehingga dapat menyajikan rasio screen-to-body 91,70 persen.

 

Fitur gaming OPPO Reno5

Beralih ke fitur gaming yang disediakan melalui software, OPPO Reno5 memiliki beberapa hal menarik berikut ini:

Game Space

Anda yang sudah familiar dengan smartphone OPPO pastinya tidak asing dengan fitur yang satu ini. Game Space pada dasarnya adalah aplikasi yang akan membawa Anda masuk ke mode gaming. Game Space akan mengelompokkan semua game yang ada di smartphone Anda ke dalam satu wadah, sehingga lebih mudah untuk diakses.

Yang tidak kalah penting, aplikasi ini juga menyediakan semua pengaturan yang dapat meningkatkan pengalaman gaming Anda. Ada tiga mode performa yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, antara lain Low Power Mode, Balanced Mode, dan Competition Mode untuk performa yang maksimal. Lewat Game Space Anda pun bisa memblokir notifikasi, menolak panggilan telepon, dan masih banyak lagi.

Hyper Boost 4.0

Teknologi ini hadir bersama dengan sistem operasi ColorOS 11.1. Fungsi utamanya adalah mengoptimalkan performa OPPO Reno5 baik dari segi hardware maupun software. Dengan Hyper Boost 4.0, Reno5 secara otomatis akan mengatur performa hardware yang paling optimal agar frame rate lebih stabil, dengan tetap menjaga efisiensi daya dan suhu agar tidak panas. Hyper Boost akan aktif ketika Anda menjalankan game dari aplikasi Game Space.

Gaming Shortcut Mode

Untuk pengguna yang gemar bermain games, Gaming Shortcut Mode pada OPPO Reno5 akan mempercepat peluncuran aplikasi game di Game Space dengan memangkas waktu memuat aplikasi, antarmuka, hingga menghilangkan kemunculan logo studio/developer di awal membuka game sehingga lebih cepat masuk ke permainan.

Adjustable Gaming Touch

Ini adalah fitur pengoptimalan algoritma sentuh, sehingga memungkinkan pemain mengubah parameter sentuh seperti daya respon, kehalusan, dan sensitivitas gyroscope. Fitur ini juga memberi pengguna konfirgurasi yang digunakan oleh pemain profesional.

Performa gaming OPPO Reno5

Kami mencoba memainkan beberapa game populer untuk menguji seperti apa pengalaman gaming yang ditawarkan oleh OPPO Reno5. Yuk, kita bahas satu per satu:

1. LoL: Wild Rift

Game dapat berjalan dengan frame rate yang terlihat stabil, ketika dimainkan di pengaturan grafis High dan mode 60fps aktif. Selama permainan sangat jarang sekali kami menemukan frame rate drop. Selain itu, kontrol sentuh pun terasa responsif.

2. Mobile Legends

Untuk Mobile Legends kami juga menggunakan setting High dengan HD Mode aktif dan HFR (High Frame Rate) Mode juga aktif. Sama seperti Wild Rift, sensasi yang ditawarkan cukup menyenangkan dan belum kami temui masalah yang mengganggu kenyamanan selama bermain.

3. PUBG Mobile

Kami mencoba PUBG Mobile di setting grafis HD dan Frame Rate High. Hasilnya, game ini bisa berjalan cukup lancar dan minim terjadi frame rate drop bahkan di kondisi peperangan yang ramai sekalipun.

4. COD Mobile

Untuk game Call of Duty Mobile kami memilih setting grafis High dan Frame Rate High, dengan Depth of Field, Ragdoll, Anti-Aliasing, dan Bloom yang tidak diaktifkan. Secara keseluruhan game dapat berjalan mulus dan lagi-lagi kami menyukai tingkat respon layar terhadap sentuhan yang cukup baik. Kemampuan yang menurut kami penting untuk game dengan gaya permainan cepat seperti COD Mobile.

5. Genshin Impact

Game yang menuntut kinerja tinggi dan akan memaksa smartphone untuk bekerja keras. Dengan setting grafis Low, OPPO Reno5 tampak agak kesulitan untuk memberikan frame rate yang stabil. Wajar karena Genshin Impact menurut kami adalah salah satu game dengan kebutuhan performa paling berat di Android saat ini. Menarik untuk mencoba game tersebut di OPPO Reno5 5G yang didukung chipset lebih kencang, Snapdragon 765G.

Kesimpulan

OPPO memang tidak pernah menyebut Reno5 sebagai ponsel untuk para gamer. Meski begitu, langkah OPPO untuk mengoptimalkan kinerja hardware dengan membenamkan sederet teknologi canggih yang dapat memberikan pengalaman gaming lebih optimal patut mendapat apresiasi tinggi.

Meski masih berbekal Snapdragon 720G, chipset yang sama dengan Reno4, OPPO Reno5 menurut kami mampu memberikan performa gaming yang menyenangkan di kelasnya. Hampir semua game bisa dijalankan dengan mulus walaupun tidak selalu di pengaturan grafis paling tinggi. Keberadaan teknologi 50W Flash Charge pun amat bermanfaat ketika harus mengisi daya dan ingin segera kembali ke permainan.

OPPO Reno5 dijual dengan harga Rp4.999.000. Kalau masih penasaran dengan semua fitur yang diusung oleh OPPO Reno5, langsung saja klik tautan berikut ini.

Performa Gaming OPPO Reno5
Langkah OPPO untuk mengoptimalkan kinerja hardware dengan membenamkan sederet teknologi canggih yang dapat memberikan pengalaman gaming lebih optimal patut mendapat apresiasi tinggi.
7.8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Performa
Suhu
Fitur Gaming
Baterai
Harga
Final Score

Artikel lain