Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

MediaTek M80: Modem 5G dengan Dukungan Jaringan mmWave dan 5G Sub-6 GHz

MediaTek hari ini, Selasa (2/2), mengumumkan kehadiran modem M80 5G terbarunya. Satu hal yang menarik dari modem tersebut adalah ketersediaan teknologi mmWave dan sub-6 GHz 5G di dalam satu chip, yang diklaim mampu memberikan kecepatan downlink dan uplink tinggi.

Fitur MediaTek M80 5G

MediaTek M80 5G

Dalam rilis persnya, MediaTek menjelaskan bahwa modem M80 5G mendukung arsitektur non-standalone (NSA) dan standalone (SA). Kecepatan maksimal untuk downlink mencapai 7.67 Gbps, sementara kecepatan uplink-nya bisa menyentuh 3.76 Gbps. Bukan cuma itu, MediaTek M80 5G mendukung dual-SIM 5G, dual 5G NSA danjaringan SA, dan dual Voice over New Radio (VoNR).

Ada pula teknologi UltraSave Network Environment Detection dan UltraSave OTA Content Awareness yang dapat menyesuaikan konfigurasi daya dan frekuensi pengoperasian berdasarkan lingkungan jaringan. M80 juga mengintegrasikan teknologi Dynamic Bandwidth Part (BWP) dari MediaTek yang dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan bandwidth guna mengakomodasi permintaan hasil data baik ringan atau berat.

Selain itu, dengan teknologi Connected Mode DRX (C-DRX) M80, modem secara teratur akan tetap diberi daya dalam keadaan siaga yang terhubung bahkan ketika tidak ada aktivitas data.

“Untuk memajukan pengalaman 5G pengguna, modem baru ini mendukung standar dan spesifikasi seluler global terbaru dan mengemas teknologi penghematan daya khas MediaTek bersama dengan kecepatan ultra-cepat,” kata JC Hsu, Corporate Vice President and General Manager MediaTek dari unit bisnis Wireless Communications.

Menurut MediaTek, Modem M80 5G tidak hanya ideal untuk smartphone, tetapi juga perangkat lainnya seperti PC, hotspot Mi-Fi, peralatan premis pelanggan (customer premise equipment / CPE) broadband, aplikasi IoT industri, dan yang lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut spesifikasi yang dimiliki oleh MediaTek M80 5G:

  • 3GPP Release 16 standard
  • Sub-6 GHz and mmWave dual connectivity and carrier aggregation
  • 5G NR (FR1) with more than two carrier aggregation
  • 5G mmWave (FR2) up to 8CC
  • 5G carrier aggregation with Mixed Duplex (TDD + FDD)
  • Dynamic spectrum sharing (DSS) ready

Ketersediaan MediaTek M80 5G

MediaTek menjelaskan bahwa M80 telah diuji terhadap standar industri dan diharapkan dapat diambil sampelnya oleh pelanggan pada akhir tahun 2021. Walaupun demikian, belum ada tanggal pasti dan perangkat mana yang akan lebih dulu mengadopsi teknologi tersebut.

Back to top button