Quantcast
NewsFoto & VideoKamera Mirrorless

Leica Umumkan Fitur Perspective Control untuk Menghilangkan Distorsi

Efek distorsi umum terjadi pada pengambilan foto menggunakan lensa wide angle. Nah, agar fotografer tidak perlu lagi direpotkan menyunting foto untuk menghilangkan distorsi pada foto, Leica meluncurkan fitur yang bernama Leica Perspective Control (LPC).

Leica M10 1

Fitur Leica Perspective Control (LPC)

Menurut Leica, fitur Leica Perspective Control (LPC) lebih canggih dari fitur koreksi distorsi yang ada di aplikasi penyuntingan foto. Pasalnya, fitur ini langsung memanfaatkan sensor orientasi yang ada di kamera.

Leica Perspective Control LPC 2

Sensor akan mendeteksi orientasi kamera dengan tanah, apakah kamera lurus, miring ke atas atau miring ke bawah. Kemudian, dengan teknologi pencitraan komputasi otomatis garis miring akibat distorsi tersebut akan langsung dikoreksi otomatis menjadi garis lurus.

Leica Perspective Control LPC 3

Menariknya, sebelum memotret dan saat melakukan komposisi di mode Live View, fotografer juga dimungkinkan untuk melihat bingkai tambahan pada layar. Bingkai ini akan menunjukkan bagaimana nanti foto yang dihasilkan akan di-crop saat fitur ini diaplikasikan.

Jika memotret dalam format RAW, kamera juga akan tetap menyimpan data RAW hasil foto tanpa koreksi dan semua metadata foto. Dengan begitu, koreksi bisa otomatis dilakukan saat file foto dibuka di aplikasi Lightroom atau Photoshop.

Untuk saat ini Leica Perspective Control (LPC) bisa dinikmati oleh para pengguna kamera Leica M10-P, M10-R dan M10 Monochrom lewat pembaruan firmware. Fitur ini bisa ditemukan di bagian menu Capture Assistants.

Back to top button