Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5

OPPO Reno5 dijual di Indonesia dengan harga Rp4.999.000. Meski masih mengedepankan sektor kamera sebagai daya tarik utamanya, dibanding pendahulunya, Reno5 secara khusus menawarkan peningkatan pada kemampuan videografinya.

Yang lebih menarik, kamera OPPO Reno5 tidak hanya mampu merekam gambar dengan apik di berbagai kondisi, tetapi juga didukung sederet fitur yang akan semakin memudahkan Anda untuk menciptakan konten video yang lebih kreatif untuk nantinya dipamerkan ke berbagai platform seperti YouTube, Instagram, dan TikTok.

Tentunya keunggulan OPPO Reno5 bukan cuma pada sektor kameranya saja. Anda yang berminat meminang smartphone ini dalam waktu dekat juga wajib mengetahui beberapa kecanggihan lainnya, serta apa saja yang menjadi kekurangannya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak:

Kelebihan OPPO Reno5

1. Desain ramping dan menawan

 

OPPO Reno5 mengusung bodi yang tipis, ringan, dan pastinya nyaman digenggam. Ukuran dan berat OPPO Reno5 tetap dibuat seminimal mungkin. Ketebalannya telah dipadatkan menjadi hanya 7.7mm untuk warna Starry Black, dan 7.8mm untuk warna Fantasy Silver dengan bobot hanya 171 gram saja.

Untuk varian warna Fantasy Silver, bagian cover belakang dari Reno5 mampu memproyeksikan hingga ribuan warna jika dilihat dari sudut yang berbeda. Ketika terkena cahaya, masing-masing warna ini akan berkilau dengan cara yang khas. Ada pula warna Starry Black yang elegan.

2. Kualitas layar tergolong amat baik di kelasnya.

Smartphone ini menggunakan panel AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Refresh rate-nya 90Hz dengan 180Hz touch sampling rate. Selain tajam dan dapat menyajikan warna yang sedap dipandang, pergerakan saat scrolling pun terlihat halus. Selain itu, layar tersebut juga pastinya responsif.

3. Hasil foto bagus, ada peningkatan dari Reno4

OPPO Reno5 mengandalkan sensor utama 64 megapixel f/1.7, sensor 8 megapixel dengan lensa ultra-wide f/2.2, sensor 2 megapixel macro f/2.4, dan sensor 2 megapixel mono f/2.4. Untuk selfie, ada kamera 44 megapixel di depan.

Hasil fotonya tergolong amat baik di kondisi cahaya yang ideal maupun malam hari. Kalau dibandingkan dengan Reno4 jelas terlihat ada peningkatan. Saat cahaya melimpah OPPO Reno 5 mampu menyajikan foto yang tajam dengan saturasi warna cemerlang tapi terkendali. Reproduksi warna tidak terlalu matang atau berlebihan saturasinya.

portrait mode

night mode

normal zoom

Ketika minim cahaya, rentang dinamis (dynamic range) pada hasil foto dengan Night Mode terlihat lebih luas sehingga area gelap terangkat detilnya dengan saturasi warna yang terjaga cukup tinggi. Jika kurang menyukai hasil foto dengan Night Mode, Anda bisa menggunakan Expert Mode untuk memotret foto long exposure dengan setting ISO dan kecepatan rana yang diinginkan.

Yang lebih menarik, Kamera OPPO Reno5 dipersenjatai Image-Clear Engine (ICE) yang diklaim dapat mengoptimalkan kemampuan OPPO Reno5 dalam memperoleh tangkapan gambar cepat, bahkan pada obyek bergerak sekalipun. Untuk kamera selfie? Hasilnya juga bagus di kondisi cahaya yang terang maupun agak gelap.

4. Fitur video melimpah, beberapa tergolong unik dan tidak ada di ponsel lain

Seperti disebutkan di atas, kemampuan videografi memang menjadi andalan dari Reno5. Fiturnya melimpah, seperti AI Highlight Video, AI Mixed Portrait, dan Dual-View Video. Fitur-fitur yang sudah ada di generasi sebelumnya kembali dihadirkan di OPPO Reno5, contohnya AI Color Portrait dan AI Monochrome Video.

Kamera ponsel ini juga mampu merekam hingga resolusi 4K di 30fps. Ada mode Ultra Steady dan Ultra Steady Pro untuk hasil perekaman yang lebih stabil, meski resolusinya masih terbatas di 1080p. Di antara banyaknya fitur video pada Reno5, Dual-View Video menurut kami akan sangat berguna bagi para vlogger.

5. AI Highlight video cukup membantu untuk merekam video pada malam hari

Bagi yang ingin merekam video di malam hari dengan kondisi pencahayaan yang minim, salah satu fitur yang ada pada AI Highlight Video adalah Ultra Night Video. Dengan fitur ini, video menjadi jauh lebih terang dan jernih dengan noise yang cukup minimal. Berikut perbandingan antara mode normal dengan Ultra Night Video:

Normal video mode

AI Highlight Video (Night mode)

Tapi perlu dicatat, Ultra Night Video ini menggunakan kecepatan rana yang rendah sehingga rentan pada pergerakan. Jadi saat merekam dalam mode ini, pastikan gerakan Anda tidak terlalu cepat dan tangan tetap stabil. Sebagai catatan, resolusi maksimum dalam mode ini terbatas di Full HD.

6. Kinerja mulus

Performa OPPO Reno5 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang ditemani RAM 8 GB dan storage internal 128 GB. Jika masih kurang, ada slot microSD hingga kapasitas 256 GB. Kombinasi yang tentunya sudah cukup mumpuni untuk menunjang berbagai kegiatan termasuk gaming.

7. Charging cepat 50W Flash Charge

Baterai 4310 mAh yang pada Reno5 didukung teknologi 50W Flash Charge. Menurut OPPO, teknologi ini mampu mengisi daya 66,6 persen lebih cepat dibanding Reno4. Dengan 50W Flash Charge, OPPO Reno5 dapat memperoleh waktu selama 3 jam untuk memainkan video hanya dengan 5 menit pengisian daya, 31 menit pengisian akan menghasilkan 80% tingkat kepenuhan baterai dan akan penuh 100% dalam waktu 48 menit.

8. Sensor sidik jari responsif

OPPO Reno5 mengusung sistem keamanan biometrik berupa sensor sidik jari yang tersembunyi di balik layar. Selama pengujian, kami merasa sensor tersebut memiliki kinerja yang responsif dan mampu mengenali jari secara cepat.

9. ColorOS 11.1 berbasis Android 11

OPPO Reno5 mengadopsi sistem operasi ColorOS 11.1 terbaru yang berbasis Android 11. Ada banyak fitur bawaan yang amat menarik dan kami yakin cukup bermanfaat untuk penggunaan sehari-hari. Sebut saja Three-Finger Translate yang akan memudahkan saat menerjemahkan bahasa dalam bentuk teks maupun gambar.

Ada pula Flex Drop, fitur untuk menampilkan aplikasi dalam layar kecil yang interaktif. Untuk yang gemar main games, ada Gaming Shortcut Mode untuk mempercepat peluncuran aplikasi game di Game Space dengan sehingga lebih cepat masuk ke permainan.

Yang paling kami suka adalah Adjustable Gaming Touch, fitur pengoptimalan algoritma sentuh sehingga memungkinkan pemain mengubah parameter sentuh seperti daya respon, kehalusan, dan sensitivitas gyroscope. Fitur ini juga memberi pengguna konfirgurasi yang digunakan oleh pemain profesional.

10. Ada NFC

Ya, OPPO Reno5 sudah dibekali NFC.

Kekurangan OPPO Reno5

1. Bodi agak licin

Perlu diketahui bahwa varian yang kami uji adalah Starry Black. Cover belakangnya menurut kami agak licin. Ditambah dengan bodi yang ramping, terkadang kami harus ekstra hati-hati agar ponsel tidak tergelincir dari genggaman.

 

2. Hasil foto kamera ultra-wide masih bisa ditingkatkan untuk kondisi cahaya minim

Meski ada peningkatan dibanding pendahulunya, menurut kami hasil foto dari kamera ultra-wide di OPPO Reno5 masih kurang oke di kondisi cahaya minim. Mungkin ketajaman dan saturasi warnanya masih bisa ditingkatkan lagi melalui update software.

3. Hasil foto 64 MP dan Extra HD hanya sebatas resolusi saja

Kamera OPPO Reno5 menyediakan mode 64 MP dan Extra HD yang sayangnya hanya sebatas resolusi saja. Hasilnya tidak akan terlihat perbedaannya jika hanya dilihat di layar ponsel saja. Tapi jika dicetak di media berukuran besar, detil tambahannya baru akan terlihat

4. AI Highlight Video tidak bisa digunakan bersamaan dengan Ultra Steady

Ingin merekam sambil bergerak di malam hari? Sayangnya OPPO Reno5 belum memungkinkan Anda untuk menggabungkan AI Highlight Video dengan Ultra Steady. Fitur Ultra Night Video pada mode AI Highlight Video menggunakan kecepatan rana yang rendah sehingga rentan pada pergerakan. Jadi saat merekam dalam mode ini, pastikan gerakan Anda tidak terlalu cepat dan tangan tetap stabil.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno5. Bagi yang berminat, Anda bisa mendapatkan OPPO Reno5 dengan cara tukar tambah smartphone lama melalui aplikasi bernama OTradeIn. Klik tautan berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain