Quantcast
NewsFuture TechOtomotif

[CES 2021] Samsung Digital Cockpit 2021: Konsep Kokpit Canggih Untuk Mobil Pintar Otonom di Masa Depan

Ajang CES (Consumer Electronic Show) memang selau dimeriahkan dengan sederetan inovasi canggih. Di tahun ini, Samsung kembali mencuri perhatian lewat Samsung Digital Cockpit yang sangat futuristik. Berbeda dengan Samsung Digital Cockpit sebelumnya yang unjuk gigi di CES tahun 2018 lalu, Samsung Digital Cockpit 2021 kini telah disempurnakan dengan sederetan fitur yang lebih mutakhir.

samsung digital cockpit 2 e1610430696874

Apa itu Samsung Digital Cockpit 2021?

Samsung Digital Cockpit 2021 adalah konsep sistem kokpit canggih rancangan Samsung untuk mobil pintar. Ide Pengembangan Samsung Digital Cockpit 2021 ini untuk menjawab tren mobil pintar otonom di masa depan. Perlu diketahui hingga saat ini sudah semakin banyak pabrikan mobil yang mulai berinvestasi pada pengembangan mobil pintar otonom atau mobil tanpa pengemudi.

Samsung Digital Cockpit 2021 14

Dengan kemampuan mobil pintar yang bisa berjalan otomatis tanpa kemudi, Samsung melihat perlunya penataan ulang ruang kokpit pada mobil pintar otonom. Jadi, Anda sebagai penumpang bisa melakukan beragam aktivitas untuk mengisi waktu luang saa di dalam mobil.

Pendekatan ini memang cukup masuk akal. Apalagi, di dunia teknologi yang serba cepat seperti sekarang semua aktivitas sudah bisa dilakukan secara digital dan mobile lewat dukungan koneksi internet.

Spesifikasi Samsung Digital Cockpit 2021

Samsung Digital Cockpit 2021 ditenagai prosesor Samsung Exynos Auto V9 yang khusus dirancang untuk mobil pintar. Samsung juga turut melengkapinya dengan modul GPS, konektivitas WiFi dan dukungan teknologi 5G dari Qualcomm. Kemampuannya terhubung ke jaringan 5G ini disokong antena tambahan. Dengan begitu, pengguna bisa tetap menikmati akses internet yang tetap cepat dan stabil meski mobil berlari dengan kecepatan tinggi.

samsung digital cockpit 15

Sebagai mobil pintar Samsung Digital Cockpit 2021 turut dilengkapi kamera 360 derajat dan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan. Samsung juga merancang Digital Cockpit 2021 untuk bisa terhubung ke ekosistem perangkat Samsung lain seperti misalnya Samsung Health dan Samsung DEX untuk bekerja.

Fitur Samsung Digital Cockpit 2021

Samsung Digital Cockpit 2021 membawa fitur canggih yang serba digital. Sistem kendalinya mengandalkan panel layar sentuh. Jadi, sangat intuitif seperti di film fiksi ilmiah. Untuk tata suaranya Samsung melengkapinya dengan sistem audio dari pabrikan Harman.

Samsung Digital Cockpit 2021 8

Pada area kokpit utama Samsung memasang layar adaptif yang berukuran sangat besar. Panel layar utamanya ini mengusung teknologi QLED dengan dimensi 49 inci. Di sebut layar adaptif karena layar tersebut sangat fleksibel.

Panel layar utamanya ini mendukung beragam mode yakni Drive Mode, Media Mode dan Gaming Mode. Di mode Drive Mode, panel layarnya yang berukuran besar ini bisa mundur otomatis ke belakang area stir kemudi. Jadi, yang terlihat hanya sebagaian area dari panel layarnya saja. Di mode ini layarnya akan otomatis menampilkan panel kendali, informasi mobil dan sistem navigasi.

Samsung Digital Cockpit 2021 5

Sementara, saat di Media Mode panel layarnya akan otomatis muncul kedepan. Dengan tampilan layar yang lebih besar mode ini memang dioptimalkan untuk menikmati konten multimedia.

samsung digital cockpit 17

Jika ingin bermain game Samsung juga menyediakan mode Gaming. Di mode ini secara otomatis jok mobil akan menurunkan sepasang speaker pada area sandaran kepala untuk pengalaman audio yang lebih imersif saat gaming. Tidak hanya itu saja, Samsung juga menambahkan fitur Creator Studio yang memungkinkan Anda untuk menyunting foto dan video di mana saja.

Samsung Digital Cockpit 2021 7

Bergerser ke area stir, di bagian tengah stir juga bisa dtemukan lagi panel layar sentuh. Kali ini ukurannya lebih kecil yakni 8.8 inci. Di panel layar sentuh tersebut tersedia fitur utama untuk membunyikan klakson dan lampu sein.

samsung digital cockpit 16

Masih di area kokpit, pada bagian konsol tengah turut dipercantik layar sentuh dengan panel OLED. Memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan deep learning konsol tengahnya ini bisa menampilkan statistik mobil dan peringatan saat berkendara. Paling menarik, konsol tersebut bisa terhubung ke jam tangan pintar Samsung Galaxy Watch. Dengan begitu, segala informasi seputar kebugaraan Anda, emosional, detak jantung dan tingkat stress yang dikumpulkan Samsung Health bisa ditampilkan. Jika Anda terlihat lelah, secara otomatis kecerdasan buatan pada Samsung Digital Cockpit 2021 juga akan langsung merekomendasikan untuk beristirahat sejenak.

Samsung Digital Cockpit 2021 18

Kemudian, area spion tengah turut digant dengan layar. Layarnya ini bisa menampilkan beragam informasi, termasuk bisa membantu Anda untuk memonitor area di luar mobil mengandalkan kamera 360 yang terpasang di bodinya.

samsung digital cockpit 18

Bergeser ke area kursi penumpang di belakang, bagian tengah Samsung lagi-lagi memasang layar besar. Orientasi panel layar yang satu ini bisa berubah dari horisontal ke vertikal. Berkat layar tersebut Anda bisa menghubungkan smartphone dan Tablet Samsung yang mendukung fitur Samsung DEX. Jadi, layarnya bisa langsung digunakan untuk bekerja.

Samsung Digital Cockpit 2021 9 e1610430769931

Sementara, di bagian luar mobil tepatnya di area gril Samsung memasang layar dengan panel MicroLED. Layar diluar ini berfungsi untuk menampilkan peringatan pada penjalan kaki.

Ketersediaan Samsung Digital Cockpit 2021

Belum ada info lebih lanjut kapan Samsung Digital Cockpit 2021 akan diadaptasi ke mobil pintar otonom. Cukup wajar mengingat mobil pintar otonom saat ini masih terus dikembangkan oleh para pabrikan otomotif. Walau begitu, patut diakui Samsung Digital Cockpit 2021 ini memang sangat revolusioner. Meski saat ini masih berupa konsep, teknologi yang ada di Samsung Digital Cockpit 2021 bukan mustahil untuk direalisasikan di masa yang akan datang.

Artikel terkait

Back to top button