[CES 2021] Samsung JetBot 90 AI+: Vacuum Cleaner Robotik dengan Sensor LiDAR dan Navigasi Berbasis AI

Kategori home appliance menjadi sajian utama Samsung di ajang CES 2021. Selain memperkenalkan kulkas BESPOKE terbaru, Samsung juga memamerkan JetBot 90 AI+, vacuum cleaner robotik canggih yang didukung sistem sensor LiDAR dan navigasi berbasis AI. Seperti apa kemampuannya?

Fitur Samsung JetBot 90 AI+

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Selasa (12/1), Samsung menjelaskan bahwa JetBot 90 AI+ merupakan vacuum cleaner yang pintar karena ditenagai oleh Intel AI. Selain untuk keperluan navigasi, peran AI di perangkat ini juga penting karena diklaim mampu membuat JetBot 90 AI+ punya kepedulian setingkat si pemilik rumah.

Samsung JetBot 90 AI+ mampu mengenali dan mendeteksi obyek kecil di lantai. Sensor LiDar sendiri serupa dengan yang digunakan pada mobile self-driving, sehingga dapat mendeteksi jarak, mengidentifikasi bentuk ruangan, dan melacak lokasi agar pergerakannya lebih presisi.

Menurut Samsung, algoritme pengenalan obyek pada JetBot 90 AI+ memungkinkannya untuk mengidentifikasi semua jenis obyek dan memetakan rute yang paling aman dan paling efisien. JetBot 90 AI+ kemudian menggunakan informasi ini untuk membersihkan sedekat mungkin dengan benda-benda yang telah ada di lantai, sambil menjaga jarak aman dari benda-benda rapuh atau mudah rusak.

svg%3E

svg%3E

Bahkan, ia bisa mengatur posisi naik turun secara otomatis untuk masuk ke bawah furnitur saat diperlukan. Dan ketika ada benda yang termasuk dalam klasifikasi berbahaya atau punya kemungkinan menyebabkan kontaminasi, JetBot 90 AI+ secara pintar akan menghindarinya.

Setelah selesai membersihkan, JetBot 90 AI+ secara otomatis kembali ke Clean Station, dan akan mengosongkan kotoran, debu, serta rambut yang telah ia kumpulkan ke dalam kantong yang hanya perlu diganti setiap dua hingga tiga bulan sekali.

Harga Samsung JetBot 90 AI+

Samsung JetBot 90 AI+ menjadi salah satu produk menarik yang dipamerkan Samsung di ajang CES 2021, pada 11-14 Januari. Sayangnya Samsung tidak mengungkapkan informasi seperti berapa harganya dan kapan vacuum cleaner canggih ini akan dijual ke pasaran.