Review Lenovo Legion 7i

Menyasar gamer kelas sultan Lenovo menghadirkan Legion 7i. Tidak hanya menawarkan performa yang sangat bertenaga, laptop gaming premium ini turut membawa sederetan fitur inovatif untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih optimal. Penasaran bagaiaman performa Lenovo Legion 7i? Simak ulasannya berikut ini.

Desain Lenovo Legion 7i

Lenovo Legion 7i tetap hadir dengan mempertahankan desain minimalis yang telah menjadi ciri khas Lenovo Legion. Secara keseluruhan dimensinya relatif bongsor. Bobotnya sekitar 2.25Kg. Memang relatif berat, tapi bisa dimaklumi mengingat laptop ini membawa spesifikasi yang sangat bertenaga. Seperti seri Legion 5, sederetan port konektivitas bisa ditemukan tersusun rapih di belakang bodinya.

DSCF4370 2

Port bagian belakangnya terdiri dari HDMI, dua port USB-A 3.2 Gen 2, ethernet, dan power input. Sementara, di sisi kiri bodi terdapat jack audio 3.5mm, USB-C 3.2 Gen 1, dan port Thunderbolt 3. Bergeser ke sisi kanan terdapat satu port USB-A 3.2 Gen 1. Di laptop ini gamer juga tidak akan menemukan slot micro-SD.

Untuk menonjolkan aura gamingnya, Lenovo Legion 7i tampil keren dengan pencahayaan RGB U strip di bagian bawah depan panel bodinya dan di bagian lubang ventilasi bagian belakang. Logo “Y” di bagian cover bodinya juga bisa menyala.

DSCF4370 4

Layar Lenovo Legion 7i

Lenovo Legion 7i membawa panel layar IPS 15.6 inci yang resolusinya Full HD. Tingkat kecerahan layarnya bisa mencapai 500 nits. Jadi, layarnya tetap akan terlihat jelas sekalipun di pencahayaan yang sangat terang.

DSCF4370 1

Sebagai laptop gaming panel layarnya juga telah mendukung refresh rate 144Hz. Bahkan, layarnya juga kompatibel dengan teknologi Nvidia G-Sync. Selain itu, warnanya juga sangat akurat dengan mendukung standar warna 100% Adobe RGB, HDR400, dan Dolby Vision.

Untuk mengoptimalkan output visual di layarnya, Lenovo menyediakan fitur overdrive yang bisa diakses melalui Lenovo Vantage. Jika diaktifkan fitur ini akan mendongkrak waktu respon layar dari 4 milidetik menjadi 1 milidetik. Hasilnya, tampilan yang tersaji di layarnya bisa terhindar dari efek screen tearing saat sesi gaming berlangsung.

Secara keseluruhan kami sangat puas dengan panel layar Lenovo Legion 7i ini. Selain sangat nyaman digunakan untuk gaming, layarnya juga masih bisa diandalkan untuk penciptaan konten seperti menyunting foto atau video.

Keyboard Lenovo Legion 7i

Seperti Legion 5, Legion 7i membawa keyboard Lenovo TrueStrike. Ukuran tombol-tombolnya sangat pas dan sangat responsif dengan fitur 100% anti ghosting. Keyboardnya juga sudah dilengkapi fitur tahan tumpahan air. Soal kenyamanan keyboardnya ini sama dengan Legion 5 yang pernah kami review sebelumnya. Sangat nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game.

Legion 7i 4

Yang membedakan, keyboard Lenovo Legion 7i dilengkapi sistem pecahayaan RGB iCUE dari Corsair. Sementara, di bawah keyboard hadir trackpad mouse yang berukuran besar yang sangat responsif dengan sentuhan jari. Tombol klik kiri dan kanan trackpadnya juga sangat nyaman saat ditekan.

legion 7i 5

Audio Lenovo Legion 7i

Lenovo Legion 7i membawa speaker 2W x 2 dengan fitur Dolby Atmos for gaming. Fitur ini menyediakan beragam preset audio yang secara spesifik dibuat untuk beberapa genre game. Bahkan, tersedia juga preset untuk menikmati konten film atau musik. Performa audionya juga cukup memuaskan. Suara yang dihasilkan cukup bertenaga dan jernih, optimal untuk gaming atau menikmati konten multimedia.

Fitur Lenovo Legion 7i

Sebagai laptop gaming kelas atas Lenovo Legion 7i turut membawa sederetan fitur yang menggiurkan. Fitur andalan Lenovo Vantage dan Lenovo Q-Control tetap bisa ditemukan di laptop ini. Dengan menekan tombol FN+Q gamer bisa memilih pengaturan laptop secara otomatisl. Pemilihan tiap mode bisa dilihat dari warna Indikator LED di tombol power. Biru untuk mode Quiet, Putih untuk Auto dan Merah untuk mode performace. Semua pengaturan akan dilakukan secara otomatis, termasuk fitur overclock yang bisa diaktifkan di Lenovo Vantage untuk opsi Performance.

Lenovo Vantage 1

Lenovo Vantage di Legion 7i juga memungkinkan gamer untuk memantau CPU, RAM, GPU hingga melakukan sederetan pengaturan laptop ini dengan lebih cepat dan mudah. Di Lenovo Vantage gamer juga bisa menemukan fitur overdrive yang telah kami sebutkan sebelumnya, fitur hybrid mode yang jika aktif akan memungkinkan laptop secara otomatis berpindah ke gpu terintegrasi dan menonaktifkan gpu diskrit Nvidia agar penggunaan daya bisa lebih efisien, conservation mode untuk membatasi pengisian baterai hingga persentase tertentu dan fitur rapid charge untuk mempercepat isi ulang baterai.

Performa Lenovo Legion 7i

Lenovo Legion 7i yang kami review adalah versi yang menggunakan prosesor Intel Core i7-10875H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 Super Max-Q 8GB GDDR6. Besaran RAM yang digunakannya 32GB dengan ruang penyimpanan 1TB SSD M.2 2280 PCIe NVMe.

Besaran RAM 32GB tersebut sudah maksimal jadi tidak bisa lagi ditambahkan. Sementara, untuk ruang penyimpanan masih tersedia satu slot untuk memasang HDD SATA 2.5″. Jadi, ruang penyimpanan SSD 1TB yang dibawanya tersebut jika sudah tidak cukup masih bisa diekspansi. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut.

Dengan spesifikasinya yang sangat bertenaga tersebut semua tugas komputasi bisa dijalankan dengan sangat mulus tanpa lag sedikitpun. Spesifikasinya ini juga sudah mumpuni untuk penyuntingan foto atau video hingga kebutuhan rendering 3D.

Performa gamingnya jelas sangat memuaskan. GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 Super Max-Q 8GB GDDR6 berhasil menyajikan performa gaming jempolan di setting tertingi. Di mode gaming FN+Q Performance yang kami gunakan game seperti Valorant dan Apex Legend bisa dijalankan dengan rata-rata FPS di atas 100. Untuk game-game kelas AAA seperti Metro Exodus, Red Dead Redemption 2 dan Shadow of Tomb Raider pun semua bisa dimainkan dengan sangat lancar tanpa masalah.

Manajemen thermalnya yang sangat baik. Berkat teknologi pendingin Legion ColdFront 2.0 dan empat lubang port pembuangan panas di bodinya, saat gaming kami hanya merasakan sensasi hangat yang sangat amat sedikit di atas permukaan keyboardnya. Sistem pendinginnya ini juga mampu menjaga kinerja tetap stabil meski digunakan bermain game dalam jangka waktu yang lama.

Baterai Lenovo Legion 7i

Membawa spesifikasi yang sangat bertenaga kami memang tidak memasang standar tinggi untuk daya tahan baterainya. Dari pengujian untuk skenario non gaming dengan mengaktfikan pengaturan performa di mode FN+Q Quiet, mengaktifkan hibrid mode, windows power management di opsi battery saver, menurunkan gelap terang layar 30%, menonaktifkan fitur backlit keyboard dan Always On USB charge, terhubung ke WiFi dan digunakan untuk mengetik serta browsing baterainya bisa bertahan nyaris 6 jam. Baterai Lenovo Legion 7i turut mendapat dukungan fitur Rapid Charge Pro. Saat aktif pengisian baterainya bisa lebih cepat, sekitar 30 menit baterainya bisa terisi hingga 50%.

Kesimpulan

Persaingan laptop gaming di kelas premium saat ini memang sangat panas. Memadukan performa Intel Core i7-10875H, RTX 2070 MAX-Q 8GB dan SSD hingga 1TB Legion 7i patut diacungi jempol dengan performanya yang sangat kencang, stabil dan menjadi varian Legion yang paling bertenaga. Konfigurasi yang sempurna dan komplit untuk sebuah laptop gaming idaman. Apalagi manajemen thermalnya juga amat baik.

Dengan harga jualnya yang ada di kisaran 35,99 Juta Rupiah (Intel Core i7-10875H, RAM 32GB, RTX2070 8GB MAX-Q dan SSD 1TB), laptop gaming ini memang bukan untuk kaum “mending rakit PC”. Lenovo Legion 7i wajib dilirik untuk para gamer sultan yang tidak ingin repot upgrade atau rakit PC. Pasalnya, spesifikasi standarnya sudah sangat memuaskan dan optimal untuk gaming AAA dan mendukung penciptaan konten.

Kelebihan Lenovo Legion 7i:
+ Performa sangat bertenaga
+ Manajemen thermal amat baik
+ Kinerja relatif senyap
+ Kapasitas SSD sangat besar dengan slot tambahan untuk ekspansi
+ Keyboard sangat nyaman digunakan
+ Fitur komplit
+ Webcam dilengkapi fitur Trueblock Privacy Shutter
+ Layar sangat memuaskan

Kekurangan Lenovo Legion 7i:
– Tidak dilengkapi slot kartu memoriSD
– Baterai rata-rata

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score