Mengenal Full Dimension Fusion Portrait Video System, Teknologi Canggih pada Kamera OPPO Reno5

Seperti disebutkan sebelumnya, OPPO Reno5 menjadikan sektor kamera, khususnya kemampuan videografi, sebagai salah satu nilai jual utamanya. Salah satu alasan OPPO sangat mengedepankan fitur video adalah karena kemunculan teknologi 5G. Apa hubungannya?

Dalam rilis persnya, OPPO menjelaskan bahwa peningkatan kecepatan yang dibawa oleh 5G telah meningkatkan tren video pendek di seluruh dunia. Tren ini akan terus berlanjut dengan adanya teknologi 5G yang membuat video lebih mudah untuk ditonton, diunduh dan dibagikan melalui berbagai platform. Untuk menghadapi tuntutan itulah OPPO berkomitmen selalu memberikan pengalaman foto dan video yang lebih baik melalui seri Reno.

Mengembangkan teknologi pencitraan pada ponsel pintar bukanlah hal baru bagi OPPO. Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun, OPPO percaya bahwa cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen ini melalui integrasi sempurna antara perangkat keras dan perangkat lunak untuk pencitraan. Integrasi seperti itulah yang ditawarkan oleh teknologi OPPO Full Dimension Fusion Portrait Video System.

Penasaran? Yuk, kita kenali lebih jauh!

Apa itu OPPO Full Dimension Fusion Portrait Video System?

Menurut OPPO, Full Dimension Fusion Portrait Video System terdiri dari dua mesin, yakni Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret. Mesin yang disebut pertama memastikan pengguna dapat menangkap gambar yang jelas dalam skenario apa pun, baik itu siang, malam, dalam cahaya latar yang kuat, saat bergerak atau saat berdiri diam.

Sementara itu, Mesin Persepsi Potret bertanggung jawab untuk menetapkan kriteria yang ketat untuk fitur-fitur dalam video potret. Kriteria ini memastikan subjek potret dan latar belakang didefinisikan secara jelas dan alami, sekaligus memberikan dasar dari berbagai efek video potret pada seri OPPO Reno5 dapat diterapkan secara optimal.

Mesin Peningkatan Kualitas untuk hasil video yang jernih

Mesin Peningkatan Kualitas merupakan rangkaian algoritma untuk memastikan tangkapan gambar yang bagus di kondis apapun. Mesin ini merupakan dasar dari berbagai fungsi pencitraan inti pada seri OPPO Reno5, salah satunya adalah AI Highlight Video yang menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR.

AI Highlight Video bekerja dengan mengintegrasikan tiga algoritma pengoptimalan otomatis, antara lain Adaptive Brightness Adjustment menerapkan Eksposur Otomatis (AE) untuk mengontrol waktu pencahayaan dan menjamin kecerahan gambar sambil menjaga video tetap mulus dari satu bingkai ke bingkai lainnya.

Ada pula Adaptive Dynamic Range yang menerapkan penyesuaian rentang dinamis ke setiap bingkai dalam video dengan teknologi Dynamic Range Conversion dan Fimic Tone Mapping untuk mengembalikan warna yang hilang, kecerahan, dan kegelapan ke tingkat alaminya. Teknologi ini menggunakan Multi-frame HDR Fusion untuk memberikan rentang dinamis yang lebih besar pada keseluruhan video.

Terakhir adalah Adaptive Noise Reduction yang mengedepankan inter-frame fusion untuk mengurangi noise temporal dan intra-frame fusion untuk mengurangi noise spasial, yang secara efektif dapat menghilangkan noise pada gambar tanpa menghilangkan detail. Hasilnya, AI Highlight Video diklaim mampu menyajikan video malam hari yang 74,4 persen tampak lebih cerah dan 33,7 persen lebih jelas dibandingkan ketika fitur dinonaktifkan.

Yang lebih menarik, OPPO Reno5 hanya butuh waktu 20 milidetik untuk menyelesaikan kalkulasi dan penyesuaian yang begitu rumit ketika pengguna mengaktifkan AI Highlight Video. Bahkan, konsumsi dayanya pun 40 persen lebih rendah. Ultra Steady Video 3.0 pun merupakan teknologi stabilisasi gambar generasi terbaru yang mengandalkan Mesin Peningkatan Kualitas.

Mesin Persepsi Potret untuk kreativitas yang lebih luas

Mesin Persepi Portret merupakan rahasia dibalik kecanggihan fitur-fitur khas OPPO seperti AI Color Portrait (tidak tersedia pada seri OPPO Reno5 5G), AI Monochrome Video, AI Mixed Portrait (hanya tersedia pada OPPO Reno5 4G) dan banyak lagi.

Mesin Persepi Portret memiliki fitur inti bernama Scene Design Manager. Fitur ini menggunakan kemampuan definisi adegan potret bersama dengan basis data besar buatan OPPO yang berisi lebih dari 10 juta data, untuk menganalisis adegan potret secara langsung dan kebutuhan untuk melakukan penyesuasian pencitraan. Dengan kemampuan tersebut, perangkat dapat menyesuaikan skenario dan menilai video yang direkam pengguna berdasarkan analisa kemudian melakukan penyesuaian pada adegan sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna.

Setelah itu, model AI dan jaringan neural mulai bekerja untuk mengenali subjek potret dalam gambar, memisahkannya dari latar belakang gambar. Dengan optimalisasi ini, seluruh proses pengenalan potret dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu milidetik.

Selain pengenalan wajah, Mesin Persepsi Potret juga dapat mendeteksi dan melacak tubuh manusia yang bergerak di dalam video, sehingga memungkinkannya untuk mengekstrak subjek potret ini dengan presisi bahkan dengan latar belakang yang paling kompleks sekalipun.

Melalui teknik ini, efek seperti AI Color Portrait dan AI Mixed Video dapat diterapkan dengan transisi yang natural dan mulus antara subjek dan latar belakang. Selain itu, mesin dapat mendeteksi setiap subjek dalam gambar untuk mencapai pengenalan dan pengoptimalan yang sempurna secara bersamaan.

Itulah penjelasan dari OPPO soal Full Dimension Fusion Portrait Video System yang menjadi keunggulan pada kamera OPPO Reno5. Sekadar mengingatkan kembali, OPPO Reno5 akan diperkenalkan di Indonesia pada 12 Januari 2021 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain