Quantcast
Gadget GuideMobile GadgetSmartphone

[Gadget Guide] Samsung Galaxy A02s dan Galaxy A12, Pilih Mana?

Samsung Indonesia mengakhiri tahun 2020 dengan meluncurkan Galaxy A12 sebagai opsi terbaru bagi para konsumen yang mencari smartphone dengan harga terjangkau. Tidak berselang lama, di awal tahun 2021 Samsung kembali menghadirkan satu produk lagi untuk segmen entry-level, yaitu Galaxy A02s.

Dengan harga yang ramah kantong dan komposisi hardware yang cukup menarik di kelasnya, tidak heran jika kedua perangkat tersebut langsung mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Terbukti, Galaxy A12 sempat habis terjual di awal penjualannya. Apalagi Samsung menawarkan sederet bonus bagi konsumen yang melakukan pembelian di momen flash sale.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari ponsel terjangkau dengan baterai besar untuk kebutuhan sekolah online anak atau penunjang pekerjaan, Galaxy A02s dan Galaxy A12 bisa menjadi pilihan. Yang jadi pertanyaan, mana dari kedua smartphone ini yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Yuk, simak panduan singkatnya!

Keduanya dibekali baterai 5.000 mAh

Samsung Galaxy A02s 1

Jika baterai besar menjadi pertimbangan pertama Anda dalam membeli ponsel terjangkau, tidak perlu bingung memilih karena baik Galaxy A12 maupun Galaxy A02s sama-sama dibekali baterai 5.000 mAh. Untuk ukuran smartphone terjangkau dengan kisaran harga 1-2 jutaan rupiah, 5.000 mAh jelas amat menggiurkan.

Dengan kapasitas seperti itu ditambah hardware yang tidak rakus daya, tentunya keduanya mampu memberikan daya tahan ekstra saat digunakan untuk sekolah online, meeting bersama rekan kerja lewat aplikasi Zoom, atau bahkan hiburan seperti menonton film. Sementara untuk urusan pengisian daya, Samsung menyediakan teknologi fast charging 15W pada Galaxy A12 dan Galaxy A02s.

Butuh kamera yang lebih oke?

Kamera memang selalu menjadi daya tarik utama di setiap smartphone. Tapi apakah Anda butuh yang kualitasnya lebih oke atau sekadar yang standar saja namun sudah memadai untuk keperluan konferensi video? Kalau mungkin tujuannya untuk anak-anak sekolah online, kamera Galaxy A02s sudah mencukupi.

Bagi yang belum tahu, Samsung Galaxy A02s menawarkan Triple Camera 13MP+2MP+2MP, serta sensor 5 megapixel di depan. Kamera selfie Galaxy A02s ini juga memiliki beberapa fitur bawaan, misalnya Live AR Sticker, Stamp, dan filter lainnya untuk membuat konten Instagram Story dan Tiktok yang lebih seru.

Samsung Galaxy A12 Black
Samsung Galaxy A12

Namun kalau Anda menginginkan ponsel dengan kemampuan kamera lebih baik, Galaxy A12 hadir dengan kamera utama 48 megapixel, kamera ultra-wide 5 megapixel, kamera live focus 2 megapixel, dan kamera macro 2 megapixel. Untuk yang gemar selfie, ada kamera 8 megapixel di depan.

Jauh lebih canggih? Sudah pasti. Tapi ingat, perbedaan harganya juga lumayan. Galaxy A02s mulai dari 1,7 jutaan, sementara Galaxy A12 mulai dari 2,4 jutaan rupiah. Jadi kalau kamera yang lebih baik bukan menjadi prioritas, kami sarankan Anda memilih Galaxy A02s saja.

Perlukah memori yang lebih besar?

Konsumen di Indonesia banyak yang tergiur dengan penawaran RAM dan storage besar ketika memilih ponsel baru. Padahal, semua kembali kepada kebutuhannya. Untuk keperluan belajar online anak, 3/32 GB pada Galaxy A02s sudah memadai. Jika ingin lebih ‘aman’, ada varian 4/64 GB yang harganya juga masih terjangkau, yakni 1,9 jutaan rupiah.

Galaxy A12

Sementara varian 4/128 GB pada Galaxy A12 dibanderol dengan harga 2,4 jutaan rupiah. Ya, bedanya memang lumayan tapi storage lebih besar. Nah, bila Anda adalah seorang karyawan atau pelaku bisnis yang sering melakukan multitasking, Anda bisa melirik varian 6/128 GB yang dijual seharga Rp2.699.000.

Lalu, bagaimana dengan performanya? Bisa dibilang, keduanya tidak terpaut jauh meski chipset yang ditanamkan berbeda. Galaxy A02s dengan Snapdragon 450, dan Galaxy A12 dengan Helio P35. Sama-sama cukup oke untuk menjalankan aplikasi sehari-hari, dan masih bisa untuk memainkan game-game populer seperti Mobile Legends, LoL Wild Rift, bahkan PUBG Mobile.

Galaxy A02s tidak memiliki sensor sidik jari

Samsung Galaxy A02s Blue

Mungkin bagi Anda yang sudah bekerja dan sering menjadikan ponsel sebagai perangkat penunjang produktivitas, sensor sidik jari merupakan fitur yang penting untuk lebih menjamin privasi. Perlu diketahui bahwa Galaxy A02s tidak dibekali fitur tersebut meski tetap ada face unlock yang mungkin bagi sebagian orang, terasa kurang praktis jika dibandingkan fingerprint sensor. Untuk Galaxy A12? Sensor sidik jari tersedia!

Itulah panduan singkat untuk memilih antara Samsung Galaxy A02s dan Galaxy A12. Intinya dengan budget yang lebih rendah, Galaxy A02s masih menjadi opsi yang sangat layak Anda pertimbangkan khususnya untuk keperluan seperti belajar online. Namun jika harga 2,5 juta rupiah masih masuk dalam perhitungan budget Anda, kami sarankan untuk langsung memilih Galaxy A12 saja.

Back to top button